KEHAMILAN
24 September 2019

Dads, Ini Lho Cara Membuat Donat yang Mudah untuk Moms yang Ngidam

Tidak ada yang mengalahkan cita rasa donat buatan sendiri lho
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, taburan gula yang manis, dan aroma kayu manis yang kuat membuat donat buatan sendiri jadi sangat istimewa. Meskipun bukan makanan penutup yang sehat, donat selai atau donat sederhana adalah suguhan luar biasa.

Tidak heran, banyak Moms yang sedang hamil tiba-tiba ngidam ingin makan donat. Jika sudah begitu, Dads harus siap sedia mencari donat hingga ketemu. Tapi, bagaimana jika Moms ngidam tengah malam saat tidak ada satu toko donat pun yang buka?

Jika hal itu terjadi, sepertinya sudah saatnya Dads turun langsung ke dapur untuk membuat donat spesial untuk Moms. Dads pun tidak perlu keahlian memasak yang tinggi untuk membuat donat yang sempurna di rumah, terutama di saat Moms merasakan ngidam.

Yuk simak cara membuat donat di bawah ini yang bisa Dads jadikan referensi.

Baca Juga: 7 Manfaat Beras Merah untuk Bayi

Bahan-bahan:

  • 70 g mentega
  • 500 g tepung biasa
  • 1 sdt baking powder
  • 70 g gula
  • 1 butir telur
  • 260 ml susu
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Baca Juga: 6 Makanan untuk ASI Booster Ibu Menyusui

Cara membuat donat:

  1. Saring tepung dan baking powder ke dalam mangkuk dan olesi mentega. Campur gula.
  2. Kocok telur dan susu bersama. Buat campuran tepung, lalu tuangkan campuran telur. Campur bersama untuk membentuk adonan lunak.
  3. Ratakan adonan di atas permukaan yang ditaburi tepung hingga setebal 1 cm dan potong sesuai pilihan.
  4. Goreng dalam minyak panas (sekitar 180 derajat Celsius) selama 30 detik, balikkan dan masak lagi selama 30 detik hingga berwarna cokelat keemasan.
  5. Tiriskan di atas kertas dapur sampai dingin. Beri taburan gula halus dan bubuk kayu manis atau hiasi dengan lapisan gula sesuai keinginan.

Baca Juga: Benarkah Menyusui Bayi Hilangkan Berat Badan?

Itulah cara membuat donat yang mudah dan bisa ditiru oleh Dada. Dads, karena menggoreng donat begitu singkat. Maka pastikan minyak berada pada suhh yang memungkinkan memasak tanpa membakar serta mengubah warna emas yang sempurna.

Suhu yang dibutuhkan sekitar 180 derajat Celsius. Terakhir, ingatlah bahwa suhu berfluktuasi setelah donat pertama masuk, jadi pastikan terus mengawasi suhu minyak ya Dads dan sesuaikan dengan itu. Selamat mencoba!

(WAR/ERN)

Artikel Terkait