PROGRAM HAMIL
9 Desember 2019

Ini Daftar Makanan Penyubur Kandungan yang Wajib Moms Ketahui!

Ternyata makanan juga bisa mempercepat kehamilan lho, Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kehadiran buah hati biasanya menjadi hal yang paling dinanti oleh pasangan yang baru menikah. Tidak jarang program hamil pun segera dimulai, berharap agar cepat mengalami kehamilan.

Namun, meski sudah melakukan program hamil, nyatanya masih kurang jika tidak Moms imbangi dengan memperbaiki asupan makanan untuk program hamil sehat yang bisa membantu mempercepat kehamilan

Berdasarkan sebuah penelitian tentang diet dan kesuburan dari Harvard Medical School, selain usia dan genetika, makanan tertentu dapat membantu mempercepat kehamilan.

Apa Saja Makanan untuk Program Hamil?

Kira-kira makanan untuk program hamil yang seperti apa, ya? Berikut ini daftarnya, Mom!

Sayur-sayuran dan Buah-buahan

Daftar Makanan Penyubur Kandungan, Moms Wajib Tahu!

Diet terbaik untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Sebuah studi dari Harvard School of Public menyebutkan, hampir 19.000 wanita mengalami gangguan ovulasi atau tidak kunjung hamil. Hal itu terjadi karena Moms banyak mengonsumsi lemak, karbohidrat, dan protein hewani dibanding wanita lain yang mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak.

Menurut ahli gizi Alisa Vitti, buah terbaik untuk memberi tubuh pasokan yang kaya manfaat untul sel telur adalah semangka. Sedangkan asparagus dan kale menjadi sayuran terbaik yang bisa Moms pilih untuk tingkatkan kesuburan kandungan.

Baca Juga : Berniat Menjalani Program Hamil? Ikuti Dulu Panduan 30 Hari Pra Kehamilan Ini

Lemak

Daftar Makanan Penyubur Kandungan, Moms Wajib Tahu!

Foto : food revolution

Walau tetelan termasuk jenis lemak, bukan berarti Moms mengonsumsi tetelan sebanyak-banyaknya, ya. Sebab, makanan seperti tetelan yang sifatnya hewani itu dapat meningkatkan resistensi insulin. Artinya, menyebabkan kadar insulin meningkat dan semakin banyak gangguan pada metabolism yang ikut berpengaruh pada sistem ovulasi.

Lemak yang dimaksud adalah lemak baik yang dibutuuhkan oleh tubuh yang tidak harus datang dari makanan hewani. Moms bisa memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, avokat, atau minyak zaitun sebagai makanan untuk program hamil.

Baca Juga : Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

Karbohidrat Kompleks

Daftar Makanan Penyubur Kandungan, Moms Wajib Tahu!

Foto : mashed

Bedanya karbohidrat kompleks dan biasa berada pada proses pencernaannya. Karbohidrat kompleks cenderung lebih lama untuk diproses sehingga membuat tubuh mencerna karbohidrat lebih perlahan, yang membantu menghindari karbohidrat diubah menjadi gula darah. Kadar gula darah yang tinggi bisa menjadi penghambat ovulasi, Moms.

Jenis karbohidrat kompleks yang bisa Moms konsumsi adalah kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti gandum, almond, dan quinoa. Moms juga bisa mengganti beras putih dengan beras cokelat atau beras merah.

Baca Juga : Hal-hal Yang Harus Diperhatikan saat Program Hamil

Protein

Daftar Makanan Penyubur Kandungan, Moms Wajib Tahu!

Foto : the spruce

Moms, pastikan penuhi kebutuhan protein, ya! Namun, perlu dicatat sebaiknya kurangi protein yang berasal dari daging merah (daging sapi). Moms bisa menggantinya dengan protein yang berasal dari daging ayam, daging kalkun, atau daging merah tanpa lemak.

Nah itu dia Moms, makanan untuk program hamil yang bisa Moms konsumsi di rumah.

NA/KM

Artikel Terkait