TREN
18 Juli 2019

Daging Kambing Mulai Jadi Tren di Inggris

Ada yang sudah pernah coba Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daging kambing memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Tapi, di Inggris serta Amerika Utara dan Eropa Utara, daging kambing belum sepopuler keju dan susu kambing.

Sebelumnya di negara-negara Barat, daging kambing hanya dijual untuk pasar terbatas seperti untuk para imigran dari Asia dan Afrika. Ternyata, jumlah kambing yang disembelih di Amerika Serikat terus meningkat. Sekarang, daging kambing dapat ditemukan di restoran-restoran kelas atas di New York dan San Francisco.

Menjadi Sebuah Tren di Inggris

daging kambing

Foto: churchsbutchers.co.uk

Bagaimana dengan di Inggris? Menurut majalah BBC Good Food, daging kambing akan masuk ke pasar mainstream dan menjadi tren kuliner top tahun ini. Pasar-pasar swalayan di Inggris sudah mulai menguji coba resep sosis, bola daging, dan makanan siap saji berbahan daging kambing.

Di Negeri Ratu Elizabeth, ada kampanye Goatober yang disuarakan setiap Oktober. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan kesadaran tentang limbah yang dihasilkan industri susu kambing. Selain itu, para aktivis juga mengajak pemasok, pemilik restoran, dan semua orang untuk menjual dan memasak daging kambing.

Setiap tahun, hampir 100 ribu kambing muda jantan dimusnahkan karena tidak bisa menghasilkan susu dan keju. Permintaan terhadap daging mereka juga menurun. Di sisi lain, penjualan keju dan susu kambing meningkat pada lima tahun terakhir, menurut data panel Kantar World.

Baca Juga: Benarkah Daging Kambing Bisa Jadi Obat Darah Rendah?

Daging Kambing Muda Mirip Daging Domba

daging kambing

Foto: standard.co.uk

Daging kambing muda cenderung lebih empuk dan lebih lembut rasanya, mirip dengan daging domba. Berbeda dengan daging kambing tua yang rasanya lebih kuat dan teksturnya lebih alot. Daging kambing gurih dan tak semanis daging sapi, tapi agak lebih manis dibanding daging domba.

Daging kambing termasuk daging merah, tapi lebih rendah lemak, kolesterol, dan protein dibanding daging domba dan sapi. Kandungan energinya juga lebih rendah dibanding daging sapi dan ayam sehingga butuh dimasak lama dengan api kecil untuk membuatnya empuk dan lembap.

Baca Juga: Pakai 6 Cara Ini Agar Daging Kambing Tidak Bau

Di Indonesia, daging kambing biasanya dibakar menjadi satai kambing dan kambing guling atau dimasak dengan kuah menjadi sop dan tongseng. Kalau di Okinawa, Jepang, daging kambing mentah diiris-iris tipis dan disajikan sebagai yagisashi.

Beberapa negara lain juga banyak memanfaatkan daging kambing sebagai konsumsi manusia, contohnya adakah Afrika, Timur Tengah, Afrika Utara, India, Nepal, Pakistan, Meksiko, Karibia (Haiti), Meksiko, dan Italia.

Wah, jadi penasaran dengan olahan daging kambing khas Inggris ya Moms!

Artikel Terkait