KESEHATAN
9 Mei 2020

Ini Dampak Gangguan Kesehatan Mental Jika Tidak Diatasi, Jangan Anggap Enteng!

Atasi sebelum Moms menjadi depresi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memiliki kesehatan mental yang baik adalah salah satu faktor yang memberikan kebahagiaan pada seseorang.

Namun, dalam menjalani kehidupan, Moms akan mengalami rintangan dan masalah yang perlu diatasi. Sehingga perlu bertindak secara rasional untuk menentukan keputusan.

Jika masalah ini tidak diatasi, bukan tidak mungkin seseorang akan mengalami gangguan kesehatan mental. Lalu, apa dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi dengan baik? Baca lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: 6 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Dampak Gangguan Kesehatan Mental Jika Tidak Diatasi

gangguan kesehatan mental-1

Mengutip studi dari National Institutes of Health (NIH), hingga saat ini para ilmuwan belum mengetahui penyebab penyakit mental.

Tetapi, ada faktor-faktor yang membuat individu berisiko alami penyakit mental, yaitu faktor lingkungan, genetik, dan sosial. Penyakit mental bisa disebabkan oleh kombinasi dari ragam faktor ini.

Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog, menjelaskan bahwa ada jangka pendek dan panjang sebagai dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi.

"Dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi yang pertama akan memengaruhi kondisi psikologisnya. Misal, emosi yang tidak stabil, mungkin akan pengaruhi fisiknya yaitu merasa lelah, jenuh, pusing," jelasnya pada acara "First Anniversary Orami Community" pada Sabtu (26/10/2019) di JSC Hive, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ia melanjutkan, dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi lain misalnya gangguan pencernaan, karena itu semua dari stres. Bisa juga sebabkan relasi dengan teman, anak, dan pasangan jadi bermasalah.

Untuk jangka panjang, dampak gangguan kesehatan mental yang tidak diatasi, Rena menjelaskan seseorang bisa mengalami depresi.

"Efek jangka panjang bisa menjadi depresi, karena tekanan atau stres berkepanjangan adalah salah satu faktor yang memengaruhi munculnya depresi pada seseorang," terang Rena.

Baca Juga: Selain Jadi Hobi, Ini 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Dampak Gangguan Kesehatan Mental dalam Hubungan Keluarga

gangguan kesehatan mental-2

Tidak hanya secara individu, dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi juga bisa melanda hubungan keluarga.

"Keharmonisan keluarga akan mengalami masalah. Paling sering mungkin terkait hubungan seksual yang terganggu, karena seks menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingkat keharmonisan keluarga," jelas Rena.

Gangguan kesehatan mental akan memengaruhi seorang istri yang merasa lelah secara fisik dan mental, sehingga akan sulit melakukan seks atau menikmati hubungan intim dengan suami.

Dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi pada anak, jika Moms tidak bisa mengendalikan emosi, Rena menerangkan maka Moms akan sering marah pada anak.

"Anak mungkin sebenarnya tidak melakukan kesalahan yang besar, tapi kita tidak bisa mengontrol emosi, sehingga bisa memukul, berkata kasar ke anak," terang Rena.

Baca Juga: Jangan Andalkan Internet, Ini Bahaya Mendiagnosis Kesehatan Mental Sendiri

Kondisi ini akan tersimpan dalam memori anak hingga dewasa, dan akan memengaruhi perkembangan anak, dan juga perilaku ke anaknya nanti di masa depan.

"Maka, penting bagi ibu untuk mengelola emosi, dan juga kelola stres dengan baik," tutup Rena.

Itu dia Moms, dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi dengan baik. Jika Moms mengalami gejalanya, jangan ragu untuk minta bantuan. Jangan dianggap enteng ya.

Artikel Terkait