KESEHATAN
4 Februari 2020

Dampak Minum Teh Terlalu Banyak, Ternyata Tidak Selalu Menyehatkan!

Penting menjaga asupan teh per harinya
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Rutin minum teh dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan untuk organ tubuh. Apalagi, teh mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit kronis.

"Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis, yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin. Zat ini menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan," jelas Anthony Kouri, MD, ahli bedah ortopedi di Toledo, Ohio, mengutip Reader's Digest.

Namun, konsumsi teh berlebihan juga dapat memberikan beberapa risiko kesehatan. Karena itu, penting mengetahui takaran minum teh yang tepat.

Efek Akibat Minum Teh Terlalu Banyak

Berikut beberapa efek samping akibat minum teh terlalu banyak.

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

1. Tidak Menyerap Cukup Zat Besi

Jenis anemia 3.jpg

Katiken dalam teh dapat mengubah kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

Ini berarti, jika seseorang makan makanan yang kaya akan zat besi, zat ini tidak terserap baik oleh tubuh, sehingga Moms tidak akan mendapatkan manfaatnya dan bisa menjadi anemia.

"Meskipun kebanyakan orang sehat tidak akan terpengaruh hal ini, tetapi mereka yang mengalami anemia harus mengurangi konsumsi teh hijau dalam jumlah besar," jelas Dr. Kouri.

Kelompok yang sebaiknya mengurangi konsumsi teh hijau ini termasuk anak-anak, wanita hamil, dan orang dengan riwayat penyakit ginjal.

2. Berisiko Lebih Tinggi Mengalami Pendarahan

memar

Minum teh terlalu banyak setiap hari bisa membuat seseorang berisiko mengalami pendarahan akibat luka kecil atau benjolan.

"Hal ini membuat Anda lebih rentan mengalami memar. Saya meminta pasien saya untuk berhenti minum teh 2-3 minggu sebelum operasi," ungkap jelas Michelle Lee, MD, ahli bedah plastik bersertifikat di Beverly Hills, California.

Baca Juga: Catat, Ini Perdarahan yang Normal Terjadi di Awal Kehamilan

3. Obat Tidak Bekerja dengan Efektif

Penyakit Lupus - Mengonsumsi Obat Anti Inflamasi Nonsteroid.jpg

Meskipun ada banyak manfaat teh, tetapi sebaiknya bicarakan dengan dokter dan apoteker sebelum minum teh terlalu banyak setiap hari, terutama bila sedang mengonsumsi obat.

"Katekin dapat mengganggu kinerja beberapa obat jantung dan tekanan darah. Penting membicarakan hal ini dengan dokter Anda," saran Dr. Kouri.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

4. Tubuh Mengalami Dehidrasi

minum-air.jpg

Meskipun merupakan cairan, minum teh terlalu banyak bisa membuat tubuh dehidrasi. Ini karena kandungan kafein yang ada pada teh, menurut Journal of Analytical Toxicology, Oxford Academic.

"Mengonsumsi banyak kafein dapat mengurangi kemampuan penyerapan sel tubuh, yang dapat membuat Anda dehidrasi," jelas Dr. Simran Saini, Ahli Nutrisi di Rumah Sakit Fortis di New Delhi, mengutip Food NDTV.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dia tidak akan merekomendasikan minum lebih dari tiga cangkir sehari.

5. Perut Menjadi Kembung

5 Nyeri Panggul atau Perut Bawah.jpg

Bila Moms merasa kembung akhir-akhir ini? Mungkin karena minum teh terlalu banyak. Kafein pada teh dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang.

Dr. Anju Sood, ahli gizi di Bangalore, menjelaskan, "Kelebihan konsumsi teh dapat menyebabkan dehidrasi yang memerlukan air dalam jumlah yang tidak diinginkan."

"Karenanya, Anda mungkin merasa kembung," lanjut Dr. Anju.

Nah, itu dia beberapa dampak buruk akibat minum teh terlalu banyak . Selalu perhatikan jumlah asupan teh per harinya ya, Moms.

Artikel Terkait