DI ATAS 5 TAHUN
22 Juni 2020

Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Dampak Perceraian Pada Pendidikan Anak

Tekanan psikologis dan emosional dari perceraian rupanya berpengaruh pada pendidikan anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di samping pengaruhnya pada kondisi psikologis dan emosional, dampak perceraian pada pendidikan anak perlu menjadi perhatian dan pertimbangan serius orang tua.

Dalam studi dari Journal of Marriage and the Family, peneliti Daniel Potter dari University of Virginia menemukan kalau anak usia sekolah dasar yang melalui masa perceraian atau perpisahan orang tua akan langsung menunjukkan penurunan performa akademis.

4 Dampak Perceraian pada Pendidikan Anak

Yuk Moms, simak penjelasan berikut untuk tahu temuan para pakar tentang dampak perceraian pada performa akademis dan kelancaran pendidikan anak.

1. Pencapaian Akademis Lebih Rendah

Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Dampak Perceraian Pada Pendidikan Anak 1.jpg

Foto: Creatingchange.net.au

Menurut liputan hasil studi dari Iowa State University, usia anak saat menghadapi masa perceraian orang tua ternyata memberikan pengaruh berbeda pada pencapaian akademisnya lho, Moms.

Diketahui bahwa anak yang masih berusia di bawah 18 tahun saat orang tua bercerai memiliki kemungkinan meraih gelar sarjana 35% lebih rendah, bila dibandingkan dengan anak yang sudah berusia di atas 18 tahun saat melalui masa perceraian.

Selain karena berkurangnya waktu berkualitas dan bimbingan dari salah satu orang tua, perubahan kondisi finansial keluarga setelah perceraian juga menjadi faktor lain yang sering menjadi hambatan anak dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

2. Nilai Rata-Rata Lebih Rendah

Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Dampak Perceraian Pada Pendidikan Anak 2.jpg

Foto: Gizdev.com

Dampak perceraian pada pendidikan anak juga akan terlihat dari nilai atau performa akademis anak di sekolah yang cenderung menurun.

Menariknya, sebagaimana dijelaskan dalam literatur dari Bridgewater University, penurunan performa akademis bahkan sudah bisa terlihat sejak hubungan orang tua mulai memburuk sebelum perceraian.

Pertengkaran dan ketegangan antara orang tua di rumah rupanya mempengaruhi konsentrasi belajar anak, sehingga tidak bisa belajar dan mengerjakan tugas sekolah dengan baik.

Baca Juga: 7 Stimulasi Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Akademis Anak

3. Tingkat Pemahaman Lebih Rendah

Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Dampak Perceraian Pada Pendidikan Anak 3.jpg

Foto: Verywellhealth.com

Perceraian dalam keluarga adalah salah satu perubahan hidup besar yang memberikan beban psikologis dan mental cukup berat pada anak, sehingga kesulitan mencerna dan menyerap informasi yang diterimanya dari proses belajar di sekolah.

Seperti dikutip dari situs divorcemag.com, pada usia 13 tahun rata-rata anak dari orang tua yang bercerai menunjukkan kemampuan membaca serta pemahaman mata pelajaran matematika, sejarah, dan ilmu alam yang tertinggal dari teman sebayanya.

Baca Juga: Melatih Anak Belajar Manajemen Waktu Sejak Dini

4. Masalah Perilaku di Sekolah

Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Dampak Perceraian Pada Pendidikan Anak 4.jpg

Foto: Thoughtco.com

Berbagai studi ilmiah menemukan kalau anak dari orang tua yang bercerai cenderung lebih rentan mengalami masalah psikologis, gangguan kesehatan mental, kesulitan konsentrasi, masalah perilaku, juga kesulitan mengendalikan emosi.

Selain disebabkan tekanan emosional akibat melalui perceraian, tapi juga stress akibat perubahan yang mengikutinya, seperti pindah rumah atau sekolah, perubahan pola asuh orang tua, dan kesulitan beradaptasi dengan situasi baru. Terutama pada tahun pertama setelah perceraian.

Akibatnya bukan hanya terasa dalam performa akademis dan proses belajar, dampak perceraian pada anak ini juga tidak jarang memicu berbagai masalah perilaku di sekolah.

Baca Juga: Kenali 3 Tanda Anak Mengalami Kesulitan Belajar di Sekolah

Dampak perceraian pada anak memang tidak bisa dihindari, tapi ada berbagai langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak menyesuaikan diri dengan perubahan dan menjaga kualitas pendidikannya.

Mulai dari menjaga hubungan baik dengan mantan pasangan, menerapkan disiplin secara konsisten, tidak menempatkan anak di posisi untuk memilih salah satu orang tua, mengajarkan cara menghadapi kesulitan secara sehat, dan tidak lupa terus memberikan motivasi dan bimbingan dalam pendidikan.

Bagaimana menurut Moms, adakah dampak lain dari perceraian pada kemajuan belajar anak?

Artikel Terkait