KESEHATAN
27 November 2019

Ketahui 5 Penyebab Gatal pada Selangkangan yang Mengganggu Aktivitas

Gatal bisa disebabkan karena jamur yang tumbuh di selangkangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Rasa gatal pada selangkangan menjadi sesuatu yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini mungkin menjadi hal yang memalukan untuk dikonsultasikan ke dokter.

"Gatal-gatal pertama dirasakan di pangkal paha, meskipun dapat menyebar ke paha bagian dalam, alat kelamin (termasuk penis, skrotum, labia, dan lubang vagina), dan anus. Ini menyebabkan ruam merah/merah muda di sisi lipatan pangkal paha," jelas Gary W. Cole, MD, FAAD, dokter dermatologi, mengutip Medicine Net.

Berikut ini beberapa penyebab gatal pada selangkangan yang perlu Moms ketahui.

Baca Juga: Sering Gatal di Selangkangan? Jangan-jangan Kita Terkena Penyakit Ini!

Penyebab Gatal pada Selangkangan

Berikut ini penyebab gatal pada selangkangan yang dapat terjadi pada pria dan wanita, dikutip dari American Academy of Dermatology.

1. Gatal-gatal Karena Jamur

selangkangan-1.jpg

Dikutip dari Postgraduate Medical Journal, ini adalah kondisi kulit yang umum dan dapat diobati yang disebabkan oleh jamur.

Gatal pada selangkangan terjadi karena jamur tumbuh subur di kulit yang hangat dan lembap yang ditutupi dengan pakaian yang pas.

Tanda umumnya adalah ruam merah, bersisik, dan sangat gatal, yang dapat terjadi pada: alat kelamin, paha bagian dalam, pantat, lipatan pantat

2. Infeksi Vagina

gatal vagina tiles

Diperkirakan 75% dari semua wanita akan mengalami infeksi jamur yang membuat gatal pada selangkangan selama hidup mereka.

Hal ini biasanya disebabkan karena wanita yang kerap mengenakan pakaian sintetis ketat.

Tanda-tanda infeksi ragi, juga dikenal sebagai kandidiasis, termasuk keputihan yang tebal, terbakar, dan gatal-gatal.

Baca Juga: Vagina Kering, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

3. Alergi atau Iritasi

selangkangan-2.jpg

Ini adalah kondisi umum yang bisa menyerang wanita, pria, dan anak-anak. Alergi atau iritasi pada selangkangan dapat diobati.

Pada wanita, alergi ini bisa disebabkan karena dilakukan douche vagina, penggunaan sabun organ intim, dan alergi karena panty liner beraroma.

4. Psoriasis

selangkangan-3.jpg

Jika memiliki kondisi psoriasis, penting untuk mengetahui bahwa psoriasis dapat berkembang di area genital, dan bisa muncul pada beberapa lokasi berikut:

  • Penis
  • Skrotum/buah zakar
  • Vulva
  • Dubur
  • Lipatan bokong
  • Paha atas

Kebanyakan orang dengan psoriasis pada alat kelamin mereka memiliki psoriasis di tempat lain. Lokasi terjadinya psoriasis akan terasa sakit dan gatal. Terkadang, gatalnya sangat hebat.

Baca Juga: Kenali Kanker Kulit, Termasuk Tanda dan Gejalanya

5. Kanker Kulit

selangkangan-4.jpg

Penyebab lain terjadi gatal di daerah selangkangan adalah jika seseorang memiliki kanker kulit di area genital.

Kanker kulit dapat terjadi pada vulva, penis, skrotum/buah zakar, area antara skrotum (atau vagina) dan anus, dan dubur.

Salah satu gejala kanker kulit adalah gatal yang tidak kunjung sembuh. Gejala lain juga termasuk nyeri, ada benjolan, perdarahan, atau keputihan.

Itulah aneka penyebab gatal pada selangkangan paling umum. Hindari, Moms!

(AP/DIN)

Artikel Terkait