PARENTING
12 November 2019

Darius Sinathrya Bebaskan Anak Tumbuh Menjadi Apapun yang Mereka Inginkan

Darius ingin anak-anaknya tumbuh menjadi orang dewasa dengan prinsip yang baik
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dari banyaknya seleb Dads, Darius Sinathrya adalah salah satu yang banyak diidolakan oleh banyak orang, termasuk Moms bukan? Darius dan Donna Agnesia memiliki tiga orang anak, yakni Lionel (12), Diego (10), dan Sabrina (8).

Darius mengaku bahwa menjadi ayah adalah profesi terbaik yang ia jalani. “Kehadiran anak-anak bukan hanya melengkapi, tapi juga membuat aku menjadi orang yang lebih baik dan berarti,” ujarnya kepada Orami Parenting pada Jumat (20/9).

Pentingnya Sosok Ayah di Hidup Anak

65148174_427975451391153_6096682829789671388_n.jpg

Foto: instagram.com/darius_sinathrya

Darius menyadari bahwa kehadirannya sebagai ayah sangat penting dalam hidup buah hatinya. Meski sibuk, ia selalu menyempatkan diri untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya secara personal.

“Anak itu butuh one on one time bersama ayahnya. Mereka perlu beraktivitas sama ayahnya sendiri-sendiri. Itu yang dilakukan sejak anak-anak lahir, tapi sekarang kita perbanyak waktunya karena aktivitas mereka lebih banyak,” katanya.

Darius mengatakan bahwa ia dan Donna sama-sama aktif dan tidak bisa diam, sehingga mereka tidak bisa 24 jam bersama anak. Namun, ia memastikan bahwa anak-anak memahami bahwa orang tua mereka sedang bekerja.

64882509_2349327448614563_2147314114276401275_n.jpg

Foto: instagram.com/darius_sinathrya

Tidak ketinggalan, Darius dan Donna pun menjadwalkan waktu liburan bersama sekeluarga setiap tahunnya.

“Dari dulu aku dan Donna berkomitmen, waktu libur tengah tahun dan akhir tahun itu benar-benar untuk keluarga. Jadi saat itu kita enggak ambil kerjaan,” cerita pria kelahiran 21 Mei 1985 ini.

Baca Juga: Intip Keseruan Liburan Keluarga Darius Sinathrya dan Donna Agnesia ke NTT!

Menciptakan Hubungan yang Erat dengan Anak

Darius Sinathrya, Membebaskan Anak Tumbuh Menjadi Apapun yang Mereka Inginkan

Foto: instagram.com/darius_sinathrya

Hidup dengan budaya ketimuran, ada kalanya kita merasa malu atau kikuk saat mau menunjukkan kasih sayang pada anak, misalnya, memeluk atau mencium. Tapi tidak dengan Darius.

“Balik lagi ke komitmen orang tua. Saat mereka masih kecil kan kita cium mereka, kenapa pas mereka tumbuh besar kita jadi kikuk? Itu yang kita nggak mau putus,” ungkap Darius.

“Misalnya, Leo yang sudah mulai remaja. Dia enggak mau (dipeluk) di depan teman-temannya. Tapi di rumah tetap kita peluk. Weekend anak-anak tidur di kamar kita, kita kasih pujian, diskusi sama mereka, tetap komunikasi,” lanjutnya.

“Anak-anak juga ekspresif, mereka bilang dan demanding kalau butuh perhatian dari orang tuanya,” ujar Darius sambil tertawa.

Darius Sinathrya, Membebaskan Anak Tumbuh Menjadi Apapun yang Mereka Inginkan

Foto: instagram.com/darius_sinathrya

Darius juga mengaku bahwa ia dan Donna beruntung karena memiliki cara pandang dan cara mendidik yang sama. “Tapi tetap butuh penyesuaian, sama seperti keluarga-keluarga lain," ucapnya.

Tidak hanya itu, ia juga memiliki perjanjian dengan anak-anak untuk tidak menggunakan handphone saat sedang di perjalanan liburan dan di meja makan.

“Di mobil enggak boleh pakai handphone, jadi main tebak-tebakan atau nyanyi bareng. Karena gadget berpengaruh dalam membatasi hubungan dan ekspresi kita menunjukkan kasih sayang ke anak-anak atau sebaliknya,” ungkap Darius.

Baca Juga: Tetap Keren, 5 Anak Band yang Sekarang Sudah Jadi Ayah

Membebaskan Masa Depan Anak

Darius Sinathrya, Membebaskan Anak Tumbuh Menjadi Apapun yang Mereka Inginkan

Foto: instagram.com/darius_sinathrya

Ketika ditanya tentang masa depan anak saat mereka dewasa nanti, Darius menyatakan bahwa ia hanya ingin anaknya punya prinsip yang baik dan peduli pada lingkungan sekitar. Ia tidak menuntut sebuah profesi spesifik untuk buah hatinya.

“Apapun profesi yang mereka inginkan itu terserah, sebagai orang tua kita hanya memperkenalkan berbagai profesi yang ada. Pendidikan formal (sekolah) itu penting, tapi di luar sana banyak pilihan lain. Kita support melalui les dan lainnya. Apapun yang mereka suka, kita dukung,” tegasnya.

“Pada akhirnya, mereka yang akan menjalani itu. Kita ingin mereka menjalani apa yang mereka suka tapi dengan komitmen dan tanggung jawab,” lanjutnya.

Darius Sinathrya, Membebaskan Anak Tumbuh Menjadi Apapun yang Mereka Inginkan

Foto: instagram.com/darius_sinathrya

Sebagai ayah, Darius menanamkan beberapa nilai penting bagi dua anak lelakinya, yakni jujur, berani, hormat, dan disiplin.

“Mereka harus punya pegangan itu sebagai laki-laki. Hormat sama siapapun, sama diri sendiri dan orang lain. Harus berani dalam hal apapun terutama kalau kita benar, juga jujur sebagai prinsip utama untuk membangun integritas. Mereka harus disiplin karena laki-laki punya tanggung jawab besar terhadap keluarga dan diri sendiri,” katanya tegas.

Baca Juga: Para Ayah, Mari Mulai Terlibat dalam Proses Menyusui dan Stop Salah Kaprah ASI Sebagai KB Alami

Orang Tua sebagai Sahabat Anak

Darius Sinathrya, Membebaskan Anak Tumbuh Menjadi Apapun yang Mereka Inginkan

Foto: instagram.com/darius_sinathrya

Darius juga mengingatkan bahwa peran orang tua dalam hidup anak tidak hanya sekadar sebagai orang tua, tapi juga menjadi sahabat. Dengan pergaulan zaman sekarang, ia ingin memastikan anak-anaknya tetap aman.

Menurutnya, tugas terbesar menjadi orang tua adalah bagaimana membangun komunikasi dua arah dengan anak.

“Supaya hubungan kita bukan cuma anak dan orang tua, tapi bisa jadi sahabat tempat mereka curhat. Jadi kalau ada apa-apa mereka curhatnya sama kita, bukan sama orang lain,” tutupnya.

Nah, jadi peran ayah dalam keluarga, terutama untuk anak-anak sangat penting ya Moms. Setuju tidak?

Artikel Terkait