Mengenal Demiseksual, Ketertarikan Seksual Berdasarkan Kedekatan Emosi

Hanya bisa tertarik jika sudah ada kedekatan emosi yang dalam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Apa itu demiseksual? Demiseksual adalah orientasi seksual di mana seseorang hanya merasa tertarik secara seksual hanya kepada orang yang mereka anggap memiliki hubungan emosi secara kuat.

Bagi yang belum tahu, demiseksual berada di bawah payung aseksual, dan biasanya orang dengan demiseksual tak akan tertarik secara seksual kecuali dengan orang terdekat atau seseorang yang mereka kenal dengan baik.

Holly Richmond, Ph. D., seks terapis bersertifikasi yang juga seorang konselor pernikahan dan keluarga menjelaskan bahwa biasanya orang heteroseksual akan tertarik secara fisik dengan orang yang mereka temui hanya dalam hitungan menit, bahkan detik. Tapi demiseksual tak akan memiliki ketertarikan apapun secara fisik.

Demiseksual akan lebih fokus kepada perasaan romantis, cinta, dan persahabatan yang mereka rasakan. Ketertarikan secara seksual akan datang mengikuti seiring dengan kedekatan emosi yang dijalin. Apa saja tanda-tanda seseorang termasuk ke dalam demiseksual?

Baca Juga: Waspada! Ini 6 Penyakit Menular Seksual yang Harus Diketahui dan Dihindari!

Demiseksual Tak Terlalu Menikmati Sentuhan Fisik Terhadap Orang yang Baru Dikenal

Mengenal Demiseksual Ketertarikan Seksual Berdasarkan Kedekatan Emosi 1.jpg

Berciuman, berdansa, bahkan berpelukan pun tak akan membuat orang demiseksual tertarik. Keintiman fisik, bahkan terhadap orang yang sudah dikenal pun bisa menjadi hal yang tak nyaman dan membuat mereka cemas.

Demiseksual biasanya akan memilih untuk berbicara dan bertukar pikiran terlebih dahulu untuk mengenal karakter lawan bicara mereka.

Tak seperti kebanyakan orang, biasanya demiseksual tak terlalu menikmati aktivitas seks terlebih jika dilakukan dengan orang yang belum terlalu dekat secara emosional.

Baca Juga: Mengalami Pelecehan Seksual di Kantor? Atasi dengan 4 Cara Ini

Demiseksual Mencari Seseorang yang Bisa Konsisten Berhubungan Jangka Panjang

Mengenal Demiseksual Ketertarikan Seksual Berdasarkan Kedekatan Emosi 2.jpg

Demiseksual tak jauh berbeda dengan aseksual. Bukan berarti demiseksual tak mampu tertarik atau menjalin hubungan romantis, hanya saja mereka tak mudah terangsang atau tertarik dengan sentuhan fisik.

Biasanya seorang demiseksual akan dengan cepat menarik diri dari pergaulan jika merasa tertekan untuk melakukan hal romantis atau seksual dengan orang lain.

Juga, kebutuhan untuk terkoneksi erat secara emosional kadang bisa membuat demiseksual menderita gangguan kecemasan karena mereka tak bisa dengan mudah menjalin kedekatan emosi dengan orang asing.

Baca Juga: Benarkah Riwayat Infeksi Menular Seksual Bikin Susah Hamil?

Apakah Demiseksual Masih Bisa Menjalin Hubungan Romantis Seperti Orang Lainnya?

Mengenal Demiseksual, Ketertarikan Seksual Berdasarkan Kedekatan Emosi

Menurut The Asexual Visbility and Education Network, secara umum, demiseksual tak tertarik secara seksual kepada seseorang dari gender tertentu.

Bagaimanapun, ketika mereka sudah terikat secara emosional terhadap seseorang, mereka baru merasakan ketertarikan seksual terhadap orang tersebut.

Meskipun demiseksual membutuhkan waktu lebih lama untuk menjalin hubungan emosional dengan seseorang, namun jika sudah merasa cocok maka akan lebih bertahan lama. Hubungan emosi yang terjalin akan lebih kuat karena seks bukanlah hal yang menjadi prioritas utama.

Proses mengenal satu sama lain bisa menjadi kegiatan yang menarik dan bisa berlangsung lama sehingga tak akan merasa bosan.

Apakah Moms mengenal seorang demiseksual atau malah Moms termasuk dalam kategori tersebut?

(SN)

Artikel Terkait