JALAN-JALAN
30 Desember 2019

5 Destinasi Wisata Seru di Ambarawa, Wajib Dikunjungi!

Jangan lupa masukan wishlist ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tempat wisata tidak melulu harus tempat wisata yang banyak didatangi oleh orang-orang atau tempat wisata yang mainstream. Tidak ada salahnya mencoba suasana baru dengan berwisata ke destinasi wisata lainnya, seperti Ambarawa misalnya.

Sekilas indormasi, Ambarawa merupakan sebuah kecamatan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Semarang. Pada zaman dahulu di era masa kerajaan mataram, Ambarawa bernama Limbarawa, juga pernah menjadi ibu kota Kabupaten Semarang.

Destinasi Wisata di Ambarawa

Meski jarang terdengar, Ambarawa memiliki cukup beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tanpa berlama-lama, yuk langsung kita cek destinasi wisata di Ambarawa di bawah ini!

Baca Juga: Kunjungi 7 Negara Ramah Wisatawan Muslim Ini, Banyak Makanan Halal

1. Dusun Semilir

wisata di ambarawa

Foto: Tribunjateng.com/INES FERDIANA PUSPITAR

Destinasi wisata seru di Ambarawa yang pertama adalah Dusun Semilir. Dusun Semilir tepatnya berada di jalan utama Semarang–Ambarawa sehingga jika Moms dan keluarga ingin berkunjung ke destinasi ini, kemudahan akses untuk berkunjung di tempat ini bisa didapatkan.

Sesuai dengan namanya, di Dusun Semilir, wisatawan bisa menikmati suasana alam pedesaan yang masih asri dengan fasilitas yang lengkap tentunya. Bisa menikmati pemandangan pegunungan yang ada di sekeliling tempat wisata ini juga.

Bukan hanya itu saja destinasi wisata di Ambarawa satu ini juga memiliki arsitektur sangat menawan perpaduan konsep modern dan art.

Bangunan utama mengusung konsep stupa candi Borobudur dengan jumlah 7 buah stupa yang berdekatan. Di lantai 1 menjadi pusat oleh-oleh yang berisi jajanan dan kerajinan tangan, sedangkan di lantai 2 menjadi restoran dengan konsep fine dining.

Untuk masuk ke tempat wisata ini dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Cukup murah sebagai tiket masuk sebuah tempat wisata.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah.

2. Eling Bening

wisata di ambarawa

Foto: hellosemarang.com

Destinasi wisata di Ambarawa selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Eling Bening. Tempat wisata ini sebenarnya merupakan resort mewah yang mengusung konsep wisata keluarga.

Meski begitu, Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pemandangan utama Rawa Pening. Keindahan pemandangan alam ini disempurnakan dengan latar Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo, yang berdiri dengan gagah dan terlihat jelas.

Baca Juga: Mengenalkan Anak Pada Alam, Ini Dia 5 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Indonesia

Tidak hanya kuliner saja yang bisa dilakukan di sini, namun ada juga berbagai macam kegiatan seperti outbond, trekking, hunting foto hingga mandi di kolam renang. Dengan fasilitas lainnya yang tersedia, Eling Bening bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk liburan bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa Bawen, Mustika, Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

3. Kereta Api Wisata

wisata di ambarawa

Foto: pesona.travel

Destinasi wisata seru di Ambarawa lainnya adalah kereta api wisata. Dari namanya mungkin sudah bisa dibayangkan bahwa ini merupakan wisata tur kereta api tua di Ambarawa.

Di destinasi wisata Ambarawa satu ini, pengunjung akan bisa menikmati tur wisata kereta api tua, mulai uap hingga diesel yang tersedia di Museum Kereta Api (KA) Ambarawa, Jawa Tengah.

Uniknya lagi, museum ini merupakan museum perkeretaapian pertama di Indonesia yang terletak di Jalan Stasiun Nomor 1 Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Kereta api wisata rute Ambarawa-Tuntang (PP) dengan lokomotif uap diesel vintage dikenakan biaya Rp50.000, yang berlaku untuk usia 3 tahun ke atas.

Lokasi: Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

4. Love Hill of Rawa Pening

wisata di ambarawa

Foto: weziee.com

Dikenal juga dengan nama Bukit Cinta Rawa Pening. Destinasi wisata di Ambarawa yang memiliki akses mudah ini cocok untuk kita yang ingin melepaskan penat sejenak dari keramaian dengan menikmati pemandangan alam yang indah, mulai dari pegunungan, bukit, hingga hamparan Rawa Pening yang luas.

Bukit ini ditumbuhi hutan pinus yang terawat, sehingga akan terasa sejuk dan teduh. Pengunjung bisa duduk bersantai menikmati Rawa Pening yang memiliki air yang jernih. Bisa juga menyewa perahu yang berlayar di atas Rawa, tempat memancing, juga taman bermain untuk anak-anak.

Baca Juga: Sebelum Jalan-jalan, Berikut Kebutuhan Bayi yang Diperlukan untuk Bepergian

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, dikenakan tiket seharga Rp6.000 di hari Senin-Jumat dan Rp7.500 di akhir pekan.

Lokasi: Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah.

5. Saloka Park

wisata di ambarawa

Foto: travelspromo.com

Destinasi wisata seru di Ambarawa yang selanjutnya adalah Saloka Park. Ambarawa juga memiliki theme park yang wajib dikunjung bernama Saloka Park. Bahkan, Saloka Park disebut-sebut merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah.

Di taman bermain ini, ada lima zona wahana yang menjadi andalan di Saloka Theme Park dan wajib sekali untuk dicoba, yakni pesisir, balalantar, kamayayi, ararya, dan segara prada.

Namun layaknya theme park lain, kita harus merogoh kantong sedikit dalam untuk membayar tiket masuk dalam Saloka Park, yakni Rp 120.000 per orang untuk hari kerja. Sedangkan harga tiket Saloka Theme Park di hari libur dijual Rp 150.000 per orang.

Setelah puas bermain, kita bisa membeli oleh-oleh yang dijajakan di sini. Ada berbagai jenis merchandise untuk dijual, seperti gantungan kunci hp hingga payung. Harganya pun dipatok mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 90.000.

Lokasi: Jalan Fatmawati Nomor 154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Itulah beberapa destinasi wisata seru di Ambarawa. Membaca informasi ini, apakah Moms dan keluarga langsung memasukan Ambarawa ke dalam destinasi wisata selanjutnya? Jika iya jangan lupa mengunjungi tempat-tempat ini ya.

Artikel Terkait