NEWBORN
28 Agustus 2019

Di New York Sekarang Ada Ruang Ganti Popok untuk Ayah, Lho!

Kebijakan baru pembangunan di New York mengharuskan adanya ruang ganti popok di kamar mandi pria dan wanita
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Merawat dan mengurus anak merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh ibu dan ayah. Hal ini salah satunya perlu keterlibatan dari Dads untuk mengganti popok Si Kecil.

Namun, masih banyak fasilitas ruang ganti yang belum cukup memadai bagi para ayah untuk dapat mengasuh, atau mengganti popok anak mereka.

Tetapi, di negara bagian di New York, ada satu lokasi yang menyediakan ruang ganti popok bagi ayah, lho!

Sehingga, para Dads tidak perlu khawatir harus mengganti popok anak mereka di wastafel atau di dudukan toilet.

Baca Juga: Cara Mengganti Popok Bayi Cepat dan Anti Ribet

Kebijakan Pembangunan Baru di New York

changing table new york.jpg

Foto: instagram.com/boriqua8486

Adanya kebijakan pembangunan di New York yang mengharuskan semua toilet umum pada bangunan baru atau gedung yang telah direnovasi, untuk memiliki ruang ganti popok yang tersedia bagi pria dan wanita.

"Harus ada setidaknya satu ruang ganti yang dapat diakses oleh kedua jenis kelamin per lantai yang dapat diakses publik. Pemilik atau pengelola gedung harus memasang tanda-tanda yang jelas yang mengarahkan masyarakat ke lokasi meja ganti terdekat yang tersedia," catat kantor Gubernur New York Andrew Cuomo, mengutip Motherly.

Memiliki ruang ganti di toilet pria mungkin tampak seperti hal kecil, tetapi fasilitas sederhana ini sangat penting bagi seorang ayah yang sebelumnya memutuskan apakah ia harus mengganti popoknya di kamar mandi pria yang kotor.

Baca Juga: Perlukah Mengganti Popok Bayi Saat Si Kecil Tidur?

Keterlibatan Ayah yang Penting untuk Mengasuh Anak

ayah ganti popok anak.jpg

Pada era di mana sudah banyak ayah yang terlibat dalam proses pengasuhan anak, keberadaan ruang ganti popok untuk ayah menjadi hal besar yang patut dilakukan oleh daerah-daerah lain.

Ayah masa kini lebih banyak mengasuh anak daripada generasi ayah mana pun, tetapi masih belum banyak fasilitas umum yang memfasilitasi para ayah untuk membantu merawat anak mereka, karena pola pikir masyarakat umum yang kurang melihat lelaki sebagai orang tua.

Baca Juga: Mengubah Pola Asuh Anak Zaman Dulu

Karenanya, ruang ganti popok yang diadakan di dekat toilet pria di New York tentu menjadi langkah penting yang dapat membantu keterlibatan ayah dalam mengasuh Si Kecil.

Artikel Terkait