BALITA DAN ANAK
30 Agustus 2019

Di Usia Berapa Balita Harus Mulai Memakai Celana Dalam?

Ternyata celana dalam itu penting untuk menjaga kesehatan balita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Diantara sekian banyak keputusan yang harus dibuat oleh orang tua, ternyata menentukan waktu yang tepat untuk balita memakai celana dalam adalah salah satunya.

Ada yang langsung membiasakan balita memakai celana dalam setelah masa toilet training, tapi ada pula yang membiarkan buah hatinya langsung memakai setelan baju tanpa lapisan celana dalam.

Kalau Moms juga masih belum yakin dengan waktu tepat untuk mulai membiasakan balita memakai celana dalam, informasi berikut mungkin bisa memberikan pencerahan. Disimak ya, Moms!

Baca Juga : Menumbuhkan Kemandirian pada Anak

Usia Tepat Membiasakan Balita Memakai Celana Dalam

Di Usia Berapa Balita Harus Mulai Memakai Celana Dalam 1.jpg

Bestandless.com.au

Meski ada banyak pendapat yang berbeda, sebagian besar pakar perkembangan anak setuju kalau balita sebaiknya mulai memakai celana dalam di usia 2 atau 3 tahun setelah lulus toilet training.

Namun Jullie Fellom, pencetus gerakan Diaper Free Toddlers, berpendapat kalau lebih cepat balita memakai celana dalam akan lebih baik karena akan mengurangi jumlah sampah popok yang mencemari lingkungan. Ada benarnya juga ya, Moms?

Alasan Balita Harus Dibiasakan Memakai Celana Dalam

Di Usia Berapa Balita Harus Mulai Memakai Celana Dalam 2.jpg

Parenting.firstcry.com

Karena tradisi atau kebiasaan, memang ada orang tua yang membiarkan balita langsung memakai setelan baju tanpa dilapisi celana dalam karena dirasa belum perlu dan akan lebih praktis saat Si Kecil harus buang air.

Namun seperti dikutip dari situs banggood.com sebenarnya ada beberapa alasan penting untuk mulai membiasakan balita memakai celana dalam, seperti:

  • Baju dalam dan celana dalam penting untuk menghangatkan tubuh balita sehingga tidak gampang sakit.
  • Mencegah bakteri masuk ke dalam kemaluan, terutama kalau Si Kecil sering main di luar ruangan.
  • Melindungi kulit area kemaluan balita yang masih sangat lembut dari gesekan pakaian, terutama saat memakai celana jeans atau berbahan keras lain.
  • Membiasakan balita memakai baju dengan sopan dan benar.
  • Mendukung dimulainya pendidikan seks anak usia dini.

Baca Juga : 4 Langkah Ajari Anak Agar Mampu BAB Mandiri

Kriteria Celana Dalam Terbaik Untuk Balita

Di Usia Berapa Balita Harus Mulai Memakai Celana Dalam 3.jpg

Jumia.co.ke

Sebagai lapisan yang bersentuhan langsung dengan kulit, kenyamanan tentu harus jadi prioritas utama saat memilih celana dalam untuk balita ya, Moms.

Celana dalam balita sebaiknya terbuat dari bahan yang lembut, elastis, tidak mudah lembab, juga nyaman dipakai, seperti katun atau katun organik.

Pastikan ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk tubuh Si Kecil, supaya tidak gampang “terselip” di lipatan bokong ataupun membuat area selangkangan ruam karena karetnya terlalu kencang.

Sedangkan Stephanie Loomis Pappas, profesor dan pakar parenting dari Northeastern University, berpendapat kalau celana dalam terbaik untuk balita adalah model boxer brief yang menutupi seluruh bokong dan karet elastisnya lebar.

Jadi, kapan Moms mau mulai membiasakan balita memakai celana dalam?

(WA/CAR)

Artikel Terkait