KESEHATAN
28 Juni 2018

Di Usia Berapa Minggu Kantung Janin Akan Terlihat?

Di Usia Berapa Minggu Kantung Janin Akan Terlihat?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tanya:

Saya hamil 6 minggu, tapi kantung janin belum terlihat. Usia berapa kantung janin sudah terlihat ya dok? (Nurul Sholeh)

Jawab:

Terkait terlihatnya kantung kehamilan pada saat pemeriksaan sonography (USG) pada dasarnya pada usia kehamilan lebih dari 4 minggu, dapat dijumpai adanya kantung kehamilan di rahim.

Tapi penilaian usia kehamilan tersebut juga dapat dipengaruhi faktor lain, antara lain riwayat menstruasi, seringkali riwayat menstruasi yang tidak teratur atau tidak pasti pada umumnya menyebabkan kesalahan perhitungan usia kehamilan.

Untuk penilaian kehamilan pada trimester awal, dapat dilakukan dengan transabdominal (dengan menahan berkemih sebelum pemeriksaan USG) atau transvaginal (dengan mengosongkan terlebih dahulu kantong kemih sebelum pemeriksaan USG).

Selain itu kemampuan alat USG yang digunakan juga menentukan apakah kehamilan sudah dapat terlihat atau belum pada kehamilan muda.

Untuk itu sebaiknya Moms kontrol kembali 2 minggu setelahnya untuk pemeriksaan penilaian kembali ya. Semoga pada pemeriksaan berikutnya, kantong kehamilan sudah terbentuk.

Karena tetap ada kemungkinan sekitar <1% terjadinya kehamilan, namun di luar kandungan, untuk itu diperlukan pemantauan dan pemeriksaan lanjutan.

Dijawab oleh dr. Benny Johan Marpaung, Sp.OG

Sumber: Forum Orami - Ask The Expert

Artikel Terkait