KESEHATAN
10 September 2019

Diet Golongan Darah, Apa Benar Ampuh? Ini Penjelasannya

Setiap golongan darah memiliki pedoman sendiri tentang makanan yang harus dimakan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Jika Moms mencoba menurunkan berat badan sampai 10 kg, atau hanya mencari cara untuk menjadi lebih sehat, banyak diet yang bisa dipilih.

Salah satu diet didasarkan pada golongan darah Moms. Diet ini menentukan menu apa yang bisa dimakan untuk menyukseskan tujuan Moms untuk menurunkan berat badan.

Diet golongan darah mengacu dari buku terbitan tahun 1996, Eat Right for Your Type dan ditulis oleh Peter J. D’Adamo. Gagasan di balik buku ini adalah tubuh merespon makanan sesuai dengan jenis golongan darah Anda.

Setiap golongan darah memiliki pedoman sendiri tentang makanan yang harus dimakan. Jadi, diet ini memberikan rambu-rambu tertentu kepada pemilik satu jenis golongan darah jika ingin menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga:Kisah Diet yang Sukses dan Jadi Viral

Darimana Asal-usulnya?

Tertarik Mencoba Diet Mediterania Intip 4 Tipsnya -1.jpg

Ide ini tidak 100 persen orisinal. Pada 1960-an, ayah D'Adamo dan sesama naturopath, James D'Adamo, telah merilis hipotesa bahwa golongan darah terkait dengan cara diet bekerja.

Karena, golongan darah adalah gen dan mereka cukup sederhana untuk dimengerti.

"Ketika saya masih di sekolah, saya agak skeptis terhadap gagasan itu karena saya telah diajari bahwa golongan darah hanyalah hal-hal yang mengacaukan transfusi," kata D'Adamo kepada Reader's Digest.

Tetapi sebagai tema tesis senior di Universitas Bastyr, dia memutuskan untuk menguji teori ayahnya.

Dengan menggunakan karakteristik yang diidentifikasi ayahnya di antara golongan darah, D'Adamo membuat rencana makan dan menerbitkan Eat Right for Your Type, yang telah terjual lebih dari tujuh juta kopi.

Baca Juga:Tips Diet Mudah Tanpa Menyiksa, Anda Harus Coba!

Apakah Ini Benar-benar Bekerja?

Tertarik Mencoba Diet Mediterania Intip 4 Tipsnya -2.jpg

Singkatnya, ini rumit. Beberapa orang melihat hasilnya, seperti Aylin Poulton, yang tidak kian sembuh setelah mencoba perawatan untuk psoriasis parahnya selama lebih dari sepuluh tahun.

Ketika Poulton memutuskan untuk mencoba diet golongan darah tipe A untuk mempertahankan berat badannya, dia juga memperhatikan bahwa banyak makanan yang dilarang diet tipe A juga makanan yang dilarang untuk penderita psoriasis.

"Padahal, saya tidak berpikir kalau diet ini bisa menyembuhkan psoriasis saya,'" kata Poulton. "Dan untuk pertama kalinya sejak 2003 atau 2004, walaupun saya memiliki beberapa bercak psoriasis kecil pada saya, tubuh saya benar-benar bersih dan sehat."

Dokter naturopat, Tara Nayak, yang bekerja sebagai residen klinis D'Adamo dan sekarang memiliki praktik pribadi di Philadelphia, merekomendasikan diet golongan darah kepada pasiennya.

Namun, pendekatan yang digunakannya bukan sebagai obat untuk semua penyakit, melainkan sebagai dasar bagi mereka yang ingin hidup lebih sehat.

Itulah penjelasan mengenai diet golongan darah. Apakah Moms tertarik?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait