KESEHATAN
20 Juli 2020

Diet Vegetarian Bisa Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih, Benarkah?

Bisakah apa yang kita makan atau hindari membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih?
placeholder

Foto: freepik.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Infeksi saluran kemih (ISK) biasanya disebabkan oleh bakteri dari tinja yang memasuki saluran kemih. Bakteri utama yang menyebabkan ISK adalah Escherichia coli.

Diketahui bahwa minum lebih banyak air dapat membantu menurunkan kemungkinan infeksi saluran kemih (ISK) dengan membuang bakteri yang ada di saluran kemih.

Tapi bagaimana dengan makanan yang kita konsumsi? Bisakah apa yang kita makan atau hindari membantu mengurangi risiko ISK?

Baca Juga: Benarkah Anak Perempuan Lebih Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi Saluran Kemih

Diet Vegetarian dan ISK - infeksi saluran kemih - istockphoto.jpg

Foto: iStockphoto.com

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh mikroba seperti bakteri yang mengatasi pertahanan tubuh di saluran kemih. Mereka dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan tabung yang mengalir di antara mereka.

Mereka adalah salah satu jenis infeksi yang paling umum dan menyebabkan sekitar 8,1 juta kunjungan ke dokter setiap tahun seperti yang dilansir dari medicalnewstoday.com.

Infeksi saluran kemih bahkan lebih sering menyerang wanita dibandingkan laki-laki karena perempuan memiliki saluran kemih yang lebih panjang.

Minum banyak cairan dan sering buang air kecil selalu dianjurkan untuk orang yang menderita ISK karena hal ini membantu menghilangkan bakteri.

Namun, sebuah penelitian menyebutkan jika makan makanan vegetarian bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Diet Vegetarian Bisa Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Diet Vegetarian dan ISK - hubungan keduanya - freepik.jpg

Foto: freepik.com

Menurut penelitian baru yang diterbitkan di Scientific Reports, makan makanan yang kita makan bisa mencegah infeksi saluran kemih. Namun, yang harus digarisbawahi adalah makanan vegetarian.

Penelitian menemukan bahwa risiko terkena ISK lebih rendah terjadi pada vegetarian dibandingkan dengan pemakan daging.

Dr. Chin-Lon Lin dari Departemen Kardiologi di Rumah Sakit Dalin Tzu Chi di Kabupaten Chiayi, Taiwan adalah penulis pertama studi ini.

Studi ini berlangsung di Taiwan, di mana para penyelidik merekrut peserta dari antara sukarelawan Tzu Chi, sebuah organisasi umat Buddha yang berpartisipasi dalam berbagai upaya amal dan bantuan bencana.

Sekitar sepertiga dari anggota adalah vegetarian, dan semua sukarelawan harus setuju untuk bersumpah tidak minum alkohol dan tidak merokok untuk bergabung dengan grup.

Hasilnya, setelah mengamati 9724 orang di Taiwan selama 10 tahun, studi menemukan bahwa vegetarian 16 persen lebih rendah terkena ISK daripada rekan mereka yang mengonsumsi daging.

Produk daging, seperti daging unggas dan daging babi bisa terkontaminasi bakteri E. Coli. Sehingga, dengan mengandalkan diet vegetarian disinyalir dapat membantu mencegah bakteri tersebut ke dalam tubuh yang bisa sebabkan infeksi saluran kemih.

Walau begitu, masih harus ada bahasan lanjut mengenai penelitian ini.

Baca Juga: Anak Jadi Vegetarian, Apakah Nutrisinya Akan Terpenuhi?

Manfaat Diet Vegetarian bagi Tubuh

Diet Vegetarian dan ISK - manfaat - freepik.jpg

Foto: freepik.com

Banyak penelitian setuju bahwa diet vegetarian dapat menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa pola makan vegan atau vegetarian dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan berbagai jenis kanker.

Walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai diet vegetarian yang bisa mencegah ISK, diet yang satu ini juga bisa menyehatkan jantung, yakni sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa risiko penyakit kardiovaskular lebih rendah terjadi pada orang yang mengikuti diet vegetarian.

Tak hanya itu, orang yang aktif diet vegetarian juga memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah, kurang mungkin menderita diabetes tipe 2, dan bahkan bisa menurunkan berat badan.

Baca Juga: Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Balita, Simak Caranya di Sini

Artikel Terkait