KESEHATAN
2 Oktober 2019

Dikenal Sebagai Buah Biksu, Ketahui 5 Manfaat Lo Han Kuo untuk Kesehatan

Buah lo han kuo aman dikonsumsi oleh penderita diabetes
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Buah biksu, atau lo han guo/lo han kuo, merupakan buah berbentuk melon hijau kecil yang berasal dari Tiongkok Sselatan. Buah lo han kuo telah terkenal dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM) selama beberapa dekade.

Ekstrak buah lo han kuo punya rasa manis 150-250 kali lebih manis daripada gula pasir, tetapi punya nol kalori dan karbohidrat, serta tidak meningkatkan kadar glukosa darah.

Food and Drug Administration telah menganggap buah lo han kuo "secara umum diakui aman (GRAS)" untuk dikonsumsi semua orang, termasuk ibu hamil dan anak-anak.

Meski begitu, masih belum ada studi ilmiah tentang efek konsumsi jangka panjang.

Mengutip dari Healthline dan Mercola, ketahui beberapa manfaat lo han kuo untuk kesehatan yang membuat Moms semakin ingin mengonsumsinya.

Baca Juga: 7 Manfaat Mangga untuk Kesehatan

1. Aman untuk Penderita Diabetes

Orang dengan Diabetes Tipe 2 Lebih Rentan Terkena Kanker Hati - hubungan antara diabetes dan kanker hati.jpg

Manfaat lo han kuo yang pertama adalah aman untuk penderita diabetes. Rasa manis dari buah lo han kuo berasal dari senyawa alami yang disebut mogrosides.

Umumnya, senyawa ini aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena tidak meningkatkan gula darah.

Meski begitu, makanan dan minuman yang dimaniskan dengan buah lo han kuo dapat memiliki tambahan gula dan bahan-bahan lain yang meningkatkan jumlah karbohidrat dan kalori atau memengaruhi sensitivitas insulin.

Jadi, tetap perhatikan kandungan gula dan kalori sebelum mengonsumsi produk dengan pemanis dari buah lo han kuo ya, Moms.

2. Membantu Penurunan Berat Badan

menurunkan berat badan.jpg

Manfaat lo han kuo yang selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Buah lo han kuo tidak memiliki kalori, karbohidrat, atau lemak, jadi ini mungkin pilihan buah yang bagus jika sedang menurunkan berat badan.

Moms dapat memangkas banyak kalori dan karbohidrat, cukup mengganti gula pasir dengan pemanis buah lo han kuo sepanjang hari.

Sekali lagi, pastikan tidak mengonsumsi produk buah lo han kuo yang termasuk gula tambahan.

Baca Juga: Supaya Berat Badan Cepat Turun, Hindari Konsumsi 8 Buah Ini

3. Punya Sifat Anti-inflamasi

Sakit Tenggorokan

Manfaat lo han kuo yang selanjutnya adalah punya sifat anti-inflamasi. Menurut sebuah studi 2011, buah biksu telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad untuk membuat minuman yang meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi dahak.

Buah lo han kuo punya kandungan anti-inflamasi, dan dapat membantu mencegah kanker dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Mengatasi Alergi

Mengenal Asma Alergi Penyebab dan Pengobatannya 01

Manfaat lo han kuo yang selanjutnya adalah mengatasi alergi. Ekstrak buah lo han kuo terbukti mencegah aktivitas sel yang memicu alergi, dan menurunkan histamin.

Sehingga, buah ini mampu membantu dan mengatasi alergi. Manfaat kesehatannya juga termasuk dengan penurunan reaksi asma.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Alergi Debu Pada Anak

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

kekebalan tubuh kuat

Manfaat lo han kuo yang selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa jumlah kandungan vitamin C dapat ditemukan pada buah lo han kuo, yang dapat membantu tingkatkan imunitas tubuh.

Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih dan kolagen, yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel, jaringan otot, dan pembuluh darah.

Selain itu, manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah ini juga berkaitan dengan pencegahan infeksi virus seperti virus Epstein Barr. Wah, banyak sekali ya Moms manfaat lo han kuo untuk kesehatan. Tertarik untuk mencoba?

Artikel Terkait