KESEHATAN
14 Agustus 2019

Dipercaya Mampu Menyembuhkan Gangguan Fisik dan Emosional dengan Minim Risiko, Ketahui Apa Itu Terapi Sujok

Terapi Sujok konon bisa meredakan stres, serta memberikan kesembuhan mental dan emosional
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Publik sedang dihebohkan dengan metode pengobatan alternatif yang dikenal dengan sebutan terapi Sujok. Melalui media sosial Facebook, tersebar testimoni para praktisi terapi Sujok tentang metode pengobatan yang mereka gunakan.

Ramai Dibicarakan di Media Sosial

sujok.jpg

Seorang pengguna Facebook membagikan pengalamannya melakukan terapi Sujok kepada sang anak. Dia bercerita bahwa anaknya sedang mengalami demam. Ketimbang menggunakan obat kimia, dia memilih untuk mengambil spidol biru dan mewarnai semua jempol anaknya.

"Gak sampek 15 menit lgsg reda... Masyaa Allah.. #Sujok #TerapiSujok #TerapiWarna," tulisnya.

Tapi, apakah benar terapi Sujok efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit? Yuk simak ulasannya di bawah ini Moms.

Proses penyembuhan alternatif menjadi pilihan bagi banyak orang, karena memiliki beberapa keunggulan ketimbang harus berkonsultasi ke medis.

Metode penyembuhan alternatif dinilai lebih murah, karena dilakukan tanpa berkonsultasi dengan pihak dokter. Selain itu, penggunaan bahan alami dalam pengobatan juga dinilai lebih aman ketimbang obat-obatan kimia.

Salah satunya adalah metode penyembuhan Sujok, yang sederhana dan memberikan hasil yang efektif. Dalam terapi Sujok, telapak tangan dan kaki mewakili semua organ dalam tubuh.

Terapi ini dikembangkan oleh Profesor Park Jae Woo. Konon, terapi Sujok ini aman dilakukan serta tidak menghasilkan efek samping.

"Karena tangan dan kaki adalah lokasi sistem titik aktif yang sesuai dengan semua organ dan bagian tubuh, stimulasi titik-titik ini menghasilkan efek penyembuhan. Metode ini bersifat universal," jelas Dr. Anju Gupta, Terapis Sujok dan dosen resmi terapi di Asosiasi Sujok Internasional, Akademi Moskow, mengutip Times of India.

"Dengan bantuan Sujok, berbagai macam penyakit dapat diobati. Tidak perlu dilakukan tindakan pencegahan selama perawatan. Karena terapi ini alami dan hanya menggunakan kekuatan alami di dalam dan sekitar tubuh, Sujok juga menjadi salah satu terapi paling aman yang pernah dikenal," lanjutnya.

Baca Juga: Terapi Pijat Untuk Meningkatkan Kesuburan

Sujok Dapat Menenangkan Pikiran, Penyembuhan Mental dan Emosinal

kuat mental-2.jpg

Perkembangan zaman membuat masyarakat, khususnya di daerah metropolitan kerap mengalami stres. Dalam mengelola stres itu sendiri, tidak jarang orang bergantung pada pil dan obat-obatan dengan efek samping.

Dengan menggunakan metode penyembuhan alternatif, hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Sujok dapat membantu diagnosis gangguan mental, emosional, dan fisik, cukup dengan cara yang mudah. Metode Sujok dilakukan dengan menekan titik-titik tertentu dan memberikan tekanan ke arah yang benar.

Misalnya, Sujok membantu menyembuhkan masalah fisik tertentu seperti tekanan darah tinggi, sakit kepala, bronkitis, asma, asam lambung, maag, sembelit, migrain, vertigo, sindrom iritasi usus, komplikasi akibat kemoterapi, menopause, perdarahan berlebihan dan masih banyak lagi.

Sujok juga dapat menyembuhkan depresi, kemarahan, rasa takut dan khawatir, serta menjadi metode terapi untuk jiwa dan tubuh secara alami tanpa perlu bergantung dengan penggunaan obat dan pil.

Baca Juga: Terapi Sentuhan untuk Mengatasi Depresi

Cara Melakukan Terapi Sujok

terapi sujok-1.jpg

Mengutip Live Positive, terapi Sujok pada dasarnya menggunakan akupresur. Dengan menggunakan akupresur, dapat merangsang titik-titik inti yang bisa mengobati berbagai masalah kesehatan.

Beberapa titik-titik penting untuk menggunakan terapi Sujok yaitu:

Ibu jari, ini mewakili kepala dan leher. Bagian atas ibu jari mewakili kepala, dan bagian bawah ibu jari mewakili leher.

Jari telunjuk dan kelingking, mewakili lengan kiri dan kanan. Tiga ruas bagian bawah jari-jari ini, mewakili lengan atas, lengan bawah, dan telapak tangan, secara berturut-turut dari bawah.

Jari tengah dan jari manis, masing-masing mewakili kaki kanan dan kiri. Tiga ruas bagian bawah jari-jari ini, mewakili paha, betis, dan kaki, secara berturut-turut dari bawah.

Bagian telapak tangan yang besar (di bawah ibu jari), mewakili diafragma, jantung dan paru-paru.

Telapak tangan (secara keseluruhan), mewakili batang tubuh, sedangkan sisi belakang telapak tangan mewakili punggung. Bagian telapak kaki juga mewakili semua bagian tubuh juga.

Untuk memulai proses terapi Sujok, berikan tekanan lembut dengan menekan titik di tangan dan kaki, yang sesuai dengan bagian tubuh yang dimaksud.

Dengan cara ini, Sujok bekerja berdasarkan prinsip mencapai keseimbangan dan keharmonisan energi dalam tubuh dan pikiran manusia.

Baca Juga: Amankah Melakukan Akupuntur Saat Hamil?

Perbedaan Terapi Sujok dan Akupuntur Tradisional

akupuntur-1.jpg

Dalam akupuntur tradisional, ratusan titik inti/meridian tubuh dirangsang dengan jarum. Karena titik-titik meridian ini berada di semua bagian tubuh, akupuntur dilakukan pada hampir setiap bagian tubuh.

Namun dalam terapi Sujok, metode penyembuhan prinsip yang digunakan adalah akupresur. Akupresur dan akupunktur adalah 2 metode penyembuhan alternatif yang berbeda.

Melakukan akupresur pada bagian tangan atau kaki dapat menyembuhkan penyakit pada bagian tubuh yang berbeda.

Tetapi, pada kasus-kasus tertentu, tergantung jenis penyakit yang dimiliki, Sujok juga melibatkan teknik akupuntur.

Itulah beberapa hal tentang terapi Sujok. Namun, ada baiknya Moms tidak melakukan terapi Sujok sendiri. Sebaiknya, Moms melakukan konsultasi dengan dokter jika mengalami masalah kesehatan.

Artikel Terkait