PARENTING ISLAMI
14 Oktober 2020

5 Doa untuk Bayi Baru Lahir, Yuk Amalkan!

Mendoakan bayi baru lahir adalah keharusan agar Si ecil dilindungi dari segala marabahaya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Kelahiran seorang bayi anugerah sekaligus amanah dari Allah SWT kepada setiap orang tua. Ini akan menjadi momen mengharukan bukan hanya bagi orang tua, juga untuk para keluarga lainnya.

Oleh sebab itu, setiap orang tua wajib merawat dan membesarkan bayi dengan penuh kasih sayang. Salah satunya dengan melantunkan doa untuk bayi baru lahir.

Kelahiran sang buah hati tentunya wajib disyukuri. Salah satu wujud syukur tersebut adalah dengan memberikan untaian doa untu bayi baru lahir.

Mengapa perlu mendoakan anak yang baru lahir? Hal ini dikarenakan anak adalah amalan yang tidak akan terputus nantinya, dan doa orang tua pada anaknya adalah doa yang mustajab.

Dari Abu Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah SAW: “Jika anak Adam meninggal maka amalnya terputus, kecuali dari tiga perkara: Sedekah jariah, Ilmu yang bermanfaat, dan Anak sholeh yang berdoa kepadanya,”. (HR Muslim)

Hal ini juga diperkuat dengan hadist dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda: “Tiga doa mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizalimi,”. (HR. Abu Daud)

Doa untuk Bayi Baru Lahir

Ada beberapa doa untuk bayi baru lahir yang mengandung keinginan dan harapan yang indah bagi Si Kecil. Berikut beberapa doa untuk bayi baru lahir yang bisa Moms dan Dads pajatkan. Yuk simak!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Newborn Photoshoot Perlu Dilakukan, Bisa Bikin Ibu Bahagia!

1. Doa Menghadapi Kelahiran Bayi

5 Doa untuk Bayi Baru Lahir -1

Foto: Orami Photo Stock

Saat bayi baru lahir, bacalah doa untuk bayi baru lahir ini sebagai wujud rasa syukur.

“Tiada Tuhan yang patut disembah melainkan Allah, Dzat Yang Maha Agung Lagi Maha Panyantun, tiada Tuhan melainkan Allah yang patut disembah melainkan hanya Allah Tuhannya arasy yang agung, tiada Tuhan melainkan Allah yang patut disembah, melainkan Allah Tuhannya langit dan bumi dan Tuhannya arasy yang mulia,”. (HR. Bukhari).

2. Doa Memohon Keberkahan untuk Bayi

Kelahiran bayi tidak lain adalah adanya keberkahan baru di dalam rumah. Oleh karena itu, lantunan doa untuk bayi baru lahir juga harus dilakukan.

Dari Abu Musa diriwayatkan: “Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi SAW. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku,”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Berat Badan Bayi Newborn yang Ideal Hingga 12 Bulan, Moms Perlu Tahu!

3. Doa Memohon Perlindungan untuk Bayi Baru Lahir

5 Doa untuk Bayi Baru Lahir -3

Foto: Orami Photo Stock

Ketika istri Imran melahirkan Maryam, dia dilindungi dari gangguan setan yang menyesatkan. Demikian pula ketika Nabi Isa dilahirkan. Doa ini juga dijelaskan dalam Surat Al Imran.

“Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk,”. (QS. Al-Imran: 36)

Selain itu, terdapat doa untuk bayi baru lahir dan setelah diadzankan, yang diriwayatkan dalam hadist Imam Muslim, yakni: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala setan, binatang (buas/melata/berbisa), dan semua pandangan yang jahat,”. (HR Imam Muslim)

4. Memohon Anak yang Beriman

Menanamkan keimanan sejak dini tentu akan menjadi sesuatu yang baik agar kelak hal ini akan membentuk kebiasaan yang baik ke depannya melalui doa untuk bayi baru lahir ini.

Doa ini terdapat dalam Alquran QS Ali Imran: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,”. (QS Ali Imran: 35)

5. Rangkaian Dzikir dan Doa

5 Doa untuk Bayi Baru Lahir -5

Foto: Orami Photo Stock

Dikutip NU Online terdapat rangkaian dzikir dan doa untuk bayi baru lahir yang telah dirangkum oleh Sayyid Muhammad bin 'Ali al-Tarimi dalam al-Wasail al-Syafi'ah fi al-Adzkar al-Nafi'ah wa al-Aurad al-Jami'ah (Beirut: Dar al-Ihya al-‘Ilm, 2000), hal. 269, sebagai berikut:

  • Membaca adzan pada telinga bayi sebelah kanan,
  • Membaca iqamah pada telinga bayi sebelah kiri,
  • Membaca doa berikut pada telinga bayi sebelah kanan: “Ya Allah, jadikanlah dia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah dia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik,”,
  • Membaca surat Al-Ikhlâsh pada telinga bayi sebelah kanan,
  • Membaca surat Al-Qadr pada telinga bayi sebelah kanan,
  • Membaca ayat QS Ali Imran ayat 36 pada telinga bayi sebelah kanan, yakni: “Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk,”,
  • Membaca doa berikut pada telinga bayi sebelah kanan: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat,”.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Tentang Newborn yang Jarang Moms Tahu

Itulah beberpaa doa untuk bayi baru lahir. Mendoakan anak sama dengan mendidik anak agar bisa menjadi orang yang memiliki masa depan yang cerah di dunia maupun akhirat. Banyak keutamaan ketika kita berhasil mendidik anak sesuai syariat Islam.

Hal ini juga tercantum dalam salah satu hadist nabi SAW: “Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan, lalu dia berbuat baik kepada mereka, niscaya mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka,”. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, memberikan doa bahkan sejak bayi baru lahir adalah salah satu dari pendidikan yang diberikan untuk anak yang akan berguna dikemudian hari.

Artikel Terkait