2-3 TAHUN
11 Maret 2020

5 Dongeng Sebelum Tidur Paling Populer di Dunia

Yuk, ceritakan dongeng ke Si Kecil sebelum tidur!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Pernahkan Moms dan Dads mengalami kesulitan saat mengeloni Si Kecil tidur malam? Hari sudah semakin larut tapi Si Kecil belum mengantuk dan malah ada saja polahnya.

Jika hal tersebut terjadi, Moms dan Dads dapat melakukan berbagai cara agar Si Kecil bisa tidur malam tepat waktu. Membacakan dongeng sebelum tidur bisa jadi salah satu solusi untuk membuatnya cepat tidur.

Rasa nyaman Moms dan Dads dalam menceritakan kisah pengantar tidur bisa berefek pada mata Si Kecil yang semakin lelah dan dapat segera tidur dengan nyenyak.

Suara yang disukai Si Kecil adalah suara orangtuanya, bisa jadi hal tersebut yang membuatnya bisa segera terlelap.

Baca Juga: 7 Penyebab Anak Susah Tidur di Malam Hari

Menurut psikolog anak Sally Goddard Blythe, Direktur Institute for Neuro-Physiological Psychology dan penulis The Genius of Natural Childhood: Secrets of Thriving Children, bahkan di zaman sekarang, dongeng masih memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada anak-anak tentang kehidupan.

"Dalam dongeng, selalu jelas bahwa kisah itu bukan dari dunia nyata. Namun masalah dan perasaan yang dihadapi sering kali sangat terkait dengan kehidupan yang dijalani sehari-hari,” kata Goddard Blythe.

Dongeng Sebelum Tidur Paling Populer

Yuk, ceritakan dongeng sebelum tidur untuk Si Kecil! Ada banyak dongeng sebelum tidur yang populer di dunia, dan berikut di antaranya!

1. Jack dan Pohon Kacang

dongeng sebelum tidur populer - jack dan pohon kacang.jpg

Jack dan Pohon Kacang merupakan dongeng asal Inggris yang sudah dibuat ke dalam banyak versi, seperti animasi, film, buku cerita, dan lainnya. Ceritanya tentang anak muda bernama Jack yang tinggal bersama ibunya.

Kehidupan mereka memprihatikan sampai pada suatu hari Jack mendapat biji pohon kacang ajaib! Tak lama saat biji itu tertanam di tanah, munculah pohon kacang yang tinggi hingga ke langit!

Karena penasaran, Jack memanjatnya hingga ujung sampai akhirnya ia melihat sebuah istana yang dihuni oleh raksasa.

Dari istana itulah ia pun mendapat harta. Berkat pohon kacang ajaib, hidupnya bersama ibunya membaik.

Jack dan Pohon Kacang bisa menjadi cerita dongeng sebelum tidur yang tepat bagi Si Kecil yang suka berpetualang!

2. Kelinci dan Kura-kura

dongeng sebelum tidur populer - kura-kura dan kelinci.jpg

Kisah Kelinci dan Kura-kura dapat mengajarkan Si Kecil agar tidak menjadi anak yang sombong.

Dalam cerita ini, kelinci adu lari dengan kura-kura. Karena merasa dirinya cepat dan tidak mungkin kalah, kelinci pun jadi jumawa.

Saat perlombaan lari, kelinci melakukannya dengan santai, bahkan sampai tertidur! Karena kecerobohannya, kura-kura berhasil membalapnya dan memenangkan lomba.

3. Cinderella

dongeng sebelum tidur populer - cinderella.jpg

Kisah dongeng sebelum tidur ini termasuk cerita klasik. Dongeng Cinderella sangat populer, terutama di kalangan anak perempuan.

Cinderella dikisahkan hidup bersama ibu tiri dan dua saudara tirinya. Ia diperlakukan sangat buruk oleh keluarganya tersebut.

Hingga suatu hari di istana akan diadakan pesta dansa dan Cinderella tidak diizinkan untuk datang, bahkan ditahan di rumah.

Tapi berkat ibu peri baik hati, Cinderella berhasil keluar rumah dan mendatangi pesta tersebut.

Di pesta ia bertemu pangeran yang menyukainya. Namun karena harus segera bergegas kembali sebelum tengah malam, Cinderella berlari pulang dan sepatu kacanya terlepas. Pangeran mencarinya melalui sepatu kaca.

Baca Juga: 5 Mainan Edukatif untuk Perkembangan Bayi di Bawah 1 Tahun

4. Tiga Babi Kecil

dongeng sebelum tidur populer - tiga babi kecil.jpg

Tiga babi kecil membangun rumah dengan keinginan masing-masing. Babi pertama membuat rumah dari jerami, babi kedua dari kayu, sedangkan babi ketiga dari batu bata.

Ketiga babi tersebut menjadi incaran serigala jahat yang berhasil menghancurkan rumah babi pertama dan kedua.

Untungnya kedua babi berhasil selamat dari serigala karena sempat berlindung di rumah bata babi ketiga. Rumah tersebut kokoh dan serigala tidak dapat menghancurkannya.

Dongeng sebelum tidur ini akan semakin seru dibacakan bila Moms atau Dads bisa membuat suara pada setiap karakternya.

5. Itik Buruk Rupa

dongeng sebelum tidur populer - itik buruk rupa.jpg

Dongeng Itik Buruk Rupa merupakan karangan penulis kenamaan, Hans Christian Anderen.

Seekor ibu bebek terkejut ketika mendapati salah satu anaknya yang menetas beda dari saudara-saudaranya yang lain. Itik tersebut berwarna abu-abu.

Namun ibu bebek tetap menganggapnya sama dan tidak membedakan. Justru perlakuan tidak mengenakan datang dari hewan lainnya.

Itik abu-abu sempat tidak percaya diri, namun pada akhirnya ia pun berubah menjadi angsa yang memesona.

“Dari cerita The Ugly Duckling, anak-anak bisa belajar berempati. Mereka akan mengerti bahwa penting untuk bersikap baik. Kisah ini juga mengajarkan tentang tidak menilai dari pengalaman luar, dan bagaimana orang dapat berubah dalam kehidupan," ujar Goddard Blythe.

Baca Juga: Ssstt... Ternyata, Ini 5 Manfaat Madu untuk Anak

Dongeng memungkinkan Si Kecil untuk mengeksplorasi gagasan bahwa hidup tidak selalu mudah, bahwa segala sesuatunya bisa salah.

Pada saat yang sama, karena karakter "baik" biasanya pada akhirnya dihargai, hal itu menjadi cara memperkuat pemahaman pentingnya bersikap baik dan bijaksana.

Dilansir dari Kids Health, Moms bisa membacakan cerita yang anak inginkan, meskipun itu adalah cerita yang sama setiap hari.

Coba juga gunakan berbagai ekspresi dan suara yang berbeda agar anak lebih senang.

Moms pun dapat memberikan pertanyaan pada mereka, misalnya "Kenapa babi sembunyi dari serigala ya? Kira-kira apa yang akan terjadi setelah ini?" Dengan begitu anak jadi lebih kritis dan punya rasa penasaran yang besar.

Di antara dongeng sebelum tidur di atas, mana yang paling sering Moms bacakan untuk buah hati?

(DI/ERW)

Artikel Terkait