2-3 TAHUN
28 Oktober 2020

11 Dongeng Sebelum Tidur Paling Populer di Dunia, Yuk Bacakan ke Si Kecil!

Yuk, ceritakan dongeng ke Si Kecil sebelum tidur!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Pernahkan Moms dan Dads mengalami kesulitan saat mengeloni Si Kecil tidur malam? Hari sudah semakin larut tapi Si Kecil belum mengantuk dan malah ada saja polahnya.

Jika hal tersebut terjadi, Moms dan Dads dapat melakukan berbagai cara agar Si Kecil bisa tidur malam tepat waktu. Membacakan dongeng anak sebelum tidur bisa jadi salah satu solusi untuk membuatnya cepat tidur.

Rasa nyaman Moms dan Dads dalam menceritakan kisah pengantar tidur bisa berefek pada mata Si Kecil yang semakin lelah dan dapat segera tidur dengan nyenyak.

Suara yang disukai Si Kecil adalah suara orangtuanya, bisa jadi hal tersebut yang membuatnya bisa segera terlelap.

Menurut psikolog anak Sally Goddard Blythe, Direktur Institute for Neuro-Physiological Psychology dan penulis The Genius of Natural Childhood: Secrets of Thriving Children, bahkan di zaman sekarang, dongeng masih memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada anak-anak tentang kehidupan.

"Dalam dongeng, selalu jelas bahwa kisah itu bukan dari dunia nyata. Namun masalah dan perasaan yang dihadapi sering kali sangat terkait dengan kehidupan yang dijalani sehari-hari,” kata Goddard Blythe.

Baca Juga: 7 Penyebab Anak Susah Tidur di Malam Hari

Dongeng Anak Sebelum Tidur Paling Populer

Yuk, ceritakan dongeng anak sebelum tidur untuk Si Kecil! Ada banyak dongeng sebelum tidur yang populer di dunia, dan berikut di antaranya!

1. Jack dan Pohon Kacang

dongeng sebelum tidur populer - jack dan pohon kacang.jpg

Jack dan Pohon Kacang merupakan dongeng anak sebelum tidur yang berasal dari Inggris yang sudah dibuat ke dalam banyak versi, seperti animasi, film, buku cerita, dan lainnya. Ceritanya tentang anak muda bernama Jack yang tinggal bersama ibunya.

Kehidupan mereka memprihatikan sampai pada suatu hari Jack mendapat biji pohon kacang ajaib! Tak lama saat biji itu tertanam di tanah, munculah pohon kacang yang tinggi hingga ke langit!

Karena penasaran, Jack memanjatnya hingga ujung sampai akhirnya ia melihat sebuah istana yang dihuni oleh raksasa.

Dari istana itulah ia pun mendapat harta. Berkat pohon kacang ajaib, hidupnya bersama ibunya membaik.

Jack dan Pohon Kacang bisa menjadi cerita dongeng sebelum tidur yang tepat bagi Si Kecil yang suka berpetualang!

2. Gajah yang Baik Hati

Di Indonesia ada dongeng mengenai binatang, atau fabel. Cerita fabel juga bisa menjadi rekomendasi dongeng anak sebelum tidur.

Gajah yang Baik Hati ini berkisah tentang seekor gajah bertubuh besar dan gemuk yang gemar sekali menolong teman-temannya sesama binatang tanpa pandang bulu, harimau sekalipun.

Jika ia sedang berkeliling dan mendengar ada yang sedang kesusahan, ia tidak akan segan membantunya. Dongeng ini juga memiliki pesan moral yang baik, yaitu mengajarkan kita untuk selalu bersikap baik kepada siapa saja.

3. Kelinci dan Kura-kura

dongeng sebelum tidur populer - kura-kura dan kelinci.jpg

Kisah Kelinci dan Kura-kura dapat mengajarkan Si Kecil agar tidak menjadi anak yang sombong. Ini juga cocok menjadi dongeng anak sebelum tidur.

Dalam cerita ini, kelinci adu lari dengan kura-kura. Karena merasa dirinya cepat dan tidak mungkin kalah, kelinci pun jadi jumawa.

Saat perlombaan lari, kelinci melakukannya dengan santai, bahkan sampai tertidur! Karena kecerobohannya, kura-kura berhasil membalapnya dan memenangkan lomba.

Baca Juga: Yuk, Bacakan 5 Dongeng Sebelum Tidur Terbaik Ini untuk Anak-Anak Moms

4. Semut dan Belalang

Dongeng anak sebelum tidur selanjutnya adalah kisah "Semut dan Belalang".

Semut dan Pada suatu hari musim panas yang cerah di sebuah lapangan, seekor Belalang melompat-lompat dalam suasana musik. Seekor semut lewat dengan susah payah membawa sebatang jagung yang ia bawa ke sarangnya.

Belalang mengundang semut untuk duduk mengobrol dengannya. Tetapi semut menolak mengatakan bahwa, "Saya menyimpan makanan untuk musim dingin".

"Kenapa kamu tidak melakukan hal yang sama?" tanya semut kepada belalang.

Belalang pun menjawab, "Hah?! Mengapa repot-repot tentang musim dingin?" kata Belalang. Ia merasa yakin ia jika dirinya punya cukup makanan saat ini.

Tapi Semut terus berjalan dan terus bekerja keras.

Akhirnya, ketika musim dingin tiba, Belalang menemukan dirinya sekarat karena kelaparan, sementara ia melihat semut membagikan jagung dan biji-bijian dari gudang mereka.

Kemudian Belalang mengerti bahwa hal yang terbaik adalah mempersiapkan diri di hari-hari yang dibutuhkan.

5. Cinderella

dongeng sebelum tidur populer - cinderella.jpg

Kisah dongeng anak sebelum tidur ini termasuk cerita klasik. Dongeng Cinderella sangat populer, terutama di kalangan anak perempuan.

Cinderella dikisahkan hidup bersama ibu tiri dan dua saudara tirinya. Ia diperlakukan sangat buruk oleh keluarganya tersebut. Hingga suatu hari di istana akan diadakan pesta dansa dan Cinderella tidak diizinkan untuk datang, bahkan ditahan di rumah.

Tapi berkat ibu peri baik hati, Cinderella berhasil keluar rumah dan mendatangi pesta tersebut.

Di pesta ia bertemu pangeran yang menyukainya. Namun karena harus segera bergegas kembali sebelum tengah malam, Cinderella berlari pulang dan sepatu kacanya terlepas. Pangeran mencarinya melalui sepatu kaca.

Baca Juga: 5 Mainan Edukatif untuk Perkembangan Bayi di Bawah 1 Tahun

6. Kuda dan Siput

Dongeng "Kuda dan Siput" juga bisa menjadi dongeng anak sebelum tidur.

Dahulu kala, hiduplah seekor kuda di hutan besar. Dia sangat bangga pada dirinya sendiri. Dia melihat seekor siput. Melihat betapa lambatnya siput itu bergerak, kuda itu mulai menggodanya.

“Hei, siput! Lambat sekali kau berjalan. Haruskah kita berlomba?” kuda itu bertanya.

Siput itu sangat marah kepada kuda, "Baik! Ayo lakukan! Kami akan balapan hari Minggu,” kata siput.

Siput pulang dan memanggil semua siput lainnya untuk membahas masalah ini. Dia memberi tahu semua orang tentang balapannya dengan kuda.

Mereka membuat rencana untuk mengakali kudanya. Karena semua siput itu mirip, mereka memutuskan untuk mengakali kuda dengan kecerdasan mereka.

Ketika hari Minggu tiba, siput berangkat pagi-pagi sekali. Mereka mulai bersembunyi di tempat-tempat yang agak jauh dari satu sama lain mulai dari titik awal hingga garis finis.

Perlombaan dimulai. Kuda itu berlari sedikit lalu melihat ke bawah. Dia melihat siput di depannya. Kuda itu meningkatkan langkahnya tetapi siput itu masih ada di depan.

Kuda itu mulai berlari lebih keras dan lebih cepat. Betapapun kerasnya kudanya, siput itu masih ada di depannya. Kuda malang itu akhirnya menyerah setelah berusaha keras.

"Baik! Aku kalah!" kata kuda yang rendah hati. Siput itu tertawa terbahak-bahak. Hahahaha!

7. Tiga Babi Kecil

dongeng sebelum tidur populer - tiga babi kecil.jpg

Tiga babi kecil membangun rumah dengan keinginan masing-masing. Babi pertama membuat rumah dari jerami, babi kedua dari kayu, sedangkan babi ketiga dari batu bata.

Ketiga babi tersebut menjadi incaran serigala jahat yang berhasil menghancurkan rumah babi pertama dan kedua.

Untungnya kedua babi berhasil selamat dari serigala karena sempat berlindung di rumah bata babi ketiga. Rumah tersebut kokoh dan serigala tidak dapat menghancurkannya.

Dongeng anak sebelum tidur ini akan semakin seru dibacakan bila Moms atau Dads bisa membuat suara pada setiap karakternya.

8. Ayam Jantan yang Pintar

Dongeng anak sebelum tidur selanjutnya adalah "Ayam Jantan yang Pintar".

Dahulu kala, hiduplah seekor rubah licik di hutan yang sangat besar. Rubah sangat bangga dengan kecerdasannya.

Suatu hari, dia sangat lapar dan mengembara untuk mencari makanan di sekitar hutan. Dia sangat lapar sehingga dia bahkan tidak bisa berjalan.

Tiba-tiba, rubah melihat seekor ayam jantan di atas atap rumah. Setelah melihat ayam jago, rubah mulai mengeluarkan air liur dan mulai membangun istana di udara.

Dia berpikir untuk memakan ayam jago. Rubah membuat rencana untuk membawa ayam jantan ke tanah dan kemudian dia akan memakannya.

Rubah berpura-pura menjadi teman ayam jantan.

“Oh, teman ayam jantan! Sudah lama sekali sejak terakhir kali saya melihat kamu. Kamu tampaknya telah kehilangan berat badan dan menjadi sangat lemah. Turun dan biarkan saya menghitung denyut nadi dan lihat apa yang salah,” kata rubah dengan licik.

“Wah, kamu perhatian sekali wahai sang rubah! Tetpai, saya merasa sangat lelah dan lemah. Saya bahkan tidak bisa turun dari atap,” jawab ayam jago yang pintar.

Rubah menyadari bahwa ayam jantan itu terlalu pintar untuknya. Ayam jantan itu mulai tertawa terbahak-bahak. Rubah benar-benar malu dan pergi berlari secepat yang dia bisa.

Baca Juga: Jika Anak Susah Tidur, Ikuti 4 Langkah Ini Agar Dia Cepat Mengantuk!

9. Itik Buruk Rupa

dongeng sebelum tidur populer - itik buruk rupa.jpg

Dongeng Itik Buruk Rupa merupakan karangan penulis kenamaan, Hans Christian Anderen. Ini juga cocok menjadi dongeng anak sebelum tidur.

Seekor ibu bebek terkejut ketika mendapati salah satu anaknya yang menetas beda dari saudara-saudaranya yang lain. Itik tersebut berwarna abu-abu.

Namun ibu bebek tetap menganggapnya sama dan tidak membedakan. Justru perlakuan tidak mengenakan datang dari hewan lainnya.

Itik abu-abu sempat tidak percaya diri, namun pada akhirnya ia pun berubah menjadi angsa yang memesona.

“Dari cerita The Ugly Duckling, anak-anak bisa belajar berempati. Mereka akan mengerti bahwa penting untuk bersikap baik. Kisah ini juga mengajarkan tentang tidak menilai dari pengalaman luar, dan bagaimana orang dapat berubah dalam kehidupan," ujar Goddard Blythe.

10. Dua Suku yang Menangkap Ikan

Dua suku tinggal di tepi sungai.

Suku yang tinggal di hulu menangkap ikan dengan cara merentangkan jala di seberang sungai. Mereka memukuli air dengan tongkat panjang untuk membuat ikan-ikan berenang ke dalam jaring, tetapi saat mereka melakukannya, air menjadi sangat berlumpur.

Suku yang tinggal di hilir menjadi marah.

"Bagaimana kami bisa hidup jika Anda selalu membuat air minum kami jadi kotor? Anda harus berhenti menangkap ikan," ujar suku yang tinggal di hilir.

Suku di tepi sungai pun menjadi lebih marah.

"Mengapa kami harus kelaparan hanya untuk membuat kalian berhenti mengeluh?" jawab mereka.

Pada akhirnya, kedua suku tersebut berperang dan saling membunuh, sehingga sungai menjadi tenang kembali, dan ikan-ikan bisa hidup dengan damai.

11. Rubah dan Singa yang Sakit

dongeng anak sebelum tidur.jpg

Foto: YouTube

Terakhir, ada dongeng anak sebelum tidur yang menceritakan "Singa, Serigala, dan Rubah."

Raja singa terbaring karena sakit parah. Hewan-hewan lain bergegas mengunjunginya. Singa bisa menjadi sangat ganas jika mereka tidak menunjukkan rasa hormat yang cukup padanya.

Tetapi, hanya rubah yang tidak langsung pergi. Serigala pun membenci rubah, yang lebih pintar darinya.

"Sungguh kesempatan yang bagus untuk membuatnya mendapat masalah," pikirnya, dan mulai menceritakan kisah-kisah mengerikan kepada singa tentang rubah.

Ketika ceritanya hampir selesai, rubah pun tiba tepat pada waktunya. Dia melihat betapa marahnya singa itu.

"Tunggu," kata rubah. "Daripada berdiri di sini dan berbicara. Aku telah mencari obat untuk penyakitmu. Jika kamu membungkus kulit serigala di sekitarmu saat masih hangat, kamu akan segera merasa lebih baik," ujarnya.

Dengan raungan, singa itu membunuh serigala dan membungkusnya dengan kulit.

"Serigala akan melakukan lebih baik untuk membuat singa merasa bahagia," kata rubah kepada hewan lainnya.

Nah, itu dia Moms beberapa inspirasi dongeng anak sebelum tidur.

Dilansir dari Kids Health, Moms bisa membacakan cerita yang anak inginkan, meskipun itu adalah cerita yang sama setiap hari.

Coba juga gunakan berbagai ekspresi dan suara yang berbeda agar anak lebih senang.

Moms pun dapat memberikan pertanyaan pada mereka, misalnya "Kenapa babi sembunyi dari serigala ya? Kira-kira apa yang akan terjadi setelah ini?" Dengan begitu anak jadi lebih kritis dan punya rasa penasaran yang besar.

Di antara dongeng anak sebelum tidur di atas, mana yang paling sering Moms bacakan untuk buah hati?

Artikel Terkait