DI ATAS 5 TAHUN
22 Oktober 2017

Duh! 70 Persen Orang Tua Memilih Gadget Dibanding Ngobrol dengan Anak

Ketika teknologi merusak kualitas waktu bersama keluarga, apa yang harus Mama lakukan?
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Discover Ferries dan One Poll menemukan fakta bahwa rata-rata, dalam setahun, keluarga menghabiskan waktu bersama sebanyak tiga minggu. Dan setiap minggunya, waktu kumpul keluarga yang benar-benar berkualitas hanya 36 menit.

Itu sebabnya, 9 dari 10 orang tua merasa, teknologi mempengaruhi kualitas kumpul keluarga. Mereka mengatakan, ada kondisi di mana semua anggota keluarga berkumpul di satu ruangan, namun sibuk dengan gadget-nya masing-masing.

Baca Juga: Duh! 5 Kesalahan Ini Paling Sering Dilakukan Orang Tua Pada Anaknya

Para orang tua itu juga mengaku, waktu untuk bermain bersama anak mereka kadang dihabiskan untuk memperhatikan layar handphone atau tablet.

“Keluarga yang kesulitan utuk menghabiskan waktu bersama harus bersaing ekstra dengan teknologi moderen dan media sosial. Seolah-olah lebih mudah menghabiskan waktu dengan televisi, komputer, smartphone, dan tablet dibanding orang tercinta,” papar Bill Gibbons, Direktur Discover Ferries.

Anak Merasa Diabaikan

Dr. Jenny S. Radesky, ahli perkembangan anak di Boston Medical Center yang melakukan penelitian tentang interaksi anak-orangtua di restoran cepat saji menemukan fakta menarik. Lebih dari 70 persen orangtua memainkan telepon genggamnya di waktu makan.

“Ketika sang anak meminta sesuatu, orangtuanya hanya menanggapi sekenanya saja. Atau bahkan lambat meresponsnya,” kata dr. Jenny.

Berdasarkan studi tersebut juga diketahui bahwa 54 persen anak berpikir bahwa orangtuanya terlalu sering mengecek handphone-nya. Dan 32 persen anak mengatakan mereka merasa dianggap ‘tidak penting’ karena orangtuanya lebih memilih telepon genggamnya.

Baca: Stop Anak Mainkan Gadget, Ma! Ajak Mainkan 7 Permainan Tradisional Ini

Perbaiki Quality Time Dengan Liburan

Susanna Scott, pendiri BritMums (situs parenting), mengatakan hasil ini sangat menyedihkan. Namun, statistik yang ada tidaklah mengejutkan. “Banyak juga anak-anak yang sering online,” ujarnya. Menurut Susanna, quality time bersama keluarga yang hilang akibat gadget bisa diperbaiki dengan liburan.

Baca Juga: Atur Pemakaian Gadget Sesuai Usia Anak

Rata-rata, keluarga menghabiskan waktu bersama sekitar lima jam dan 58 menit ketika sedang liburan. Makan bersama lalu mengunjungi tempat wisata dianggap sebagai quality time yang pas untuk keluarga.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bill. “Mengambil foto selfie dengan keluarga menjadi cara untuk mengingat momen indah bersama,” tambahnya.

Artikel Terkait