DI ATAS 5 TAHUN
8 Februari 2019

Dukung Anak Kembangkan Potensi Karakter, Dancow Luncurkan Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ Bagi Orang Tua Indonesia

Gizi seimbang, stimulasi tepat, dan cinta orang tua jadi kuncinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Dancow Advanced Excelnutri+ mendukung upaya pemerintah membangun Generasi Emas 2045, yakni Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan percaya diri dengan meluncurkan gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’.

Gerakan ini bertujuan mengajak lebih banyak orang tua Indonesia untuk lebih sering mengatakan ‘Iya Boleh’ sebagai bentuk dukungan terhadap eksplorasi dan sosialisasi Si Kecil.

Alvin Wiradarma selaku Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+ menjelaskan bahwa dengan gerakan ‘Iya Boleh’, ruang belajar anak akan semakin besar dan anak bisa belajar lebih banyak hal baru.

“Nggak cukup sekali atau dua kali ‘Iya Boleh’, tapi harus terus,” katanya pada event Dancow Advanced Excelnutri+ Luncurkan Gerakan 1 Juta Iya Boleh Bagi Orang tua Indonesia di Ayana MidPlaza Hotel, Jakarta, Kamis (7/2).

Baca Juga: Bantu Anak Memilih Olahraga yang Tepat Untuknya dengan 5 Cara Ini!

Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak

Gerakan tersebut disambut baik oleh banyak pihak. Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Hendra Jamal menyatakan pentingnya peran orang tua dalam mempersiapkan Anak Unggul Indonesia.

Pola pengasuhan yang diterapkan orang tua tentu akan berdampak pada pembentukan karakter Si Kecil. “Diharapkan keterlibatan orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi, memberikan bimbingan, serta menanamkan nilai positif kepada anak akan membantu membentuk generasi Indonesia yang dapat berkontribusi bagi kelangsungan bangsa dan negara di masa depan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, pakar tumbuh kembang anak, memaparkan pentingnya stimulasi bermain untuk anak. Stimulasi tersebut bisa dilakukan setiap hari oleh keluarga. Menurutnya, stimulasi bermain akan merangsang berbagai kemampuan anak.

“Seperti pendengaran, penglihatan, memori, kognitif, bicara, emosi, gerak kasar dan halus. Kemampuan ini akan mengembangkan semua potensi anak sehingga kelak menjadi anak yang sehat, cerdas, kreatif, dan berperilaku baik,” ungkapnya.

Psikolog Klinis Ratih Ibrahim menambahkan, untuk bisa membantu mengembangkan potensi-potensi tersebut, orang tua juga harus ikut terlibat dalam proses bermain dengan cara lebih banyak mengatakan ‘Iya Boleh’.

Ratih mengatakan banyak orang tua terlalu khawatir saat anaknya hendak melakukan eksplorasi. Banyak larangan yang diterapkan oleh orang tua hanya karena mereka khawatir. Sayangnya, kekhawatiran tersebut justru berdampak buruk pada perkembangan Si Kecil.

“Jika para orang tua mendorong Si Kecil untuk bereksplorasi secara tepat, sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu ini akan membantu Si Kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting,” terang Ratih.

Baca Juga: 5 Strategi Supaya Anak Mau Mendengarkan Orang Tua

Potensi Karakter Penting Bagi Anak 

Untuk menjadi Anak Unggul Indonesia, Dancow Advanced Excelnutri+ percaya ada lima potensi karakter penting yang perlu dikembangkan oleh anak sejak usia dini. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Berani

Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk si Kecil berinteraksi dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik.

Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti problem-solving, decision-making, dan keterampilan sosial

2. Cerdas

Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif Si Kecil dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.

3. Kreatif

Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi, dan kreativitas Si Kecil dapat berkembang dengan baik.

4. Peduli

Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, Si Kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal, dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.

5. Pemimpin

Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk Si Kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik.

Eksplorasi mengasah kemampuan Si Kecil untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya.

Nah, ternyata hanya dengan mengatakan ‘Iya Boleh’ Moms sudah bisa membantu Si Kecil mengembangkan potensi karakternya. Coba untuk lebih sering mengatakan ‘Iya Boleh’ ya Moms!

(AND)

Artikel Terkait