TREN
1 Agustus 2018

Dukung Kemudahan Pemberian ASI Ekslusif, Anmum Luncurkan Digital Platform Bagi Para Ibu di Indonesia

Dari ibu untuk para ibu, situs ini memuat banyak info kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Sebagai salah satu cara untuk menyemangati para ibu agar semakin banyak yang dapat memberikan ASI ekslusif pada anaknya, kita memperingati Pekan ASI Sedunia di setiap tanggal 1-7 Agustus. 

Harapannya adalah agar mampu meningkatkan taraf kesehatan anak dan juga ibu pasca melahirkan.

Namun, untuk angka pemberian ASI eksklusif ini di Indonesia terbilang masih rendah.

Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI mencatat di tahun 2017 saja, Indonesia hanya menyumbang angka 35%, dibawah rekomendasi WHO sebesar 50% untuk pemberian ASI eksklusif.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya angka tersebut. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia mengatakan dukungan kuat dari orang sekitar (suami, keluarga, sahabat maupun komunitas) adalah hal terpenting yang dibutuhkan seorang ibu menyusui agar sukses memberi ASI pada bayinya.

Selain itu, faktor minimnya pengetahuan seputar ASI dan menyusui serta faktor psikologis memiliki andil sebagai rintangan dalam menyusui.

Turunnya atau terhentinya produksi ASI tentu saja kemudian mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan.

Baca Juga : 3 Tantangan Terbesar Ibu Zaman Sekarang yang Tidak Dirasakan Ibu Zaman Dulu

Memahami kebutuhan untuk meningkatkan angka pemberian ASI eksklusif di Indonesia, Anmum menyediakan platform yang aman dan terpercaya bagi para ibu. Mulai untuk berdiskusi mengenai topik program kehamilan, kehamilan, melahirkan, menyusui dan tumbuh kembang hingga usia balita.

Cara ini tak hanya untuk mengedukasi para ibu, tapi juga memastikan para ibu tidak merasa sendirian selama perjalanan luar biasa mereka.

Ines Yumahana Gulardi, Msc., Senior Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia menambahkan, “Ibu membutuhkan dukungan emosional dan psikologis selama masa kehamilan karena mereka perlu menyediakan nutrisi terbaik bagi bayinya di setiap tahap kehidupan. Oleh karena itu, informasi yang diterima para ibu sejak program hamil, hamil, melahirkan hingga menyusui sangat penting karena sangat menentukan perkembangan bayi. Sejak bayi ada dalam kandungan, pertumbuhan masa kanak-kanak, yang di kemudian hari dapat mempengaruhi kesehatan mereka saat dewasa.”

Baca Juga : 5 Hal yang Terjadi Jika ASI Tidak Dipompa

Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, PT Fonterra Brands Indonesia menambahkan, “Kami memahami bahwa faktor nutrisi dan psikologis berperan penting. Karena itu Anmun melalui #MumToMum menyediakan platform online untuk mendukung ibu dalam pemenuhan nutrisi dan sisi emosional.”

Pengalaman adalah guru terbaik dan pertemanan yang suportif adalah solusi dari sisi praktis maupun emosional dari dan untuk sesama ibu.

(ARH)

Artikel Terkait