KESEHATAN
27 Maret 2020

4 Efek Samping Makan Wortel Terlalu Banyak

Salah satunya karotenemia, membuat kulit warna jingga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Wortel adalah salah satu sayur yang banyak dikonsumsi. Tidak hanya bisa diolah menjadi ragam makanan, tetapi kandungan vitamin A yang tinggi membuat wortel semakin digemari.

Namun, meskipun memberikan nutrisi, terlalu banyak makan wortel akan memberikan efek samping. Karena itu, penting untuk mengonsumsinya dengan takaran secukupnya, ya.

Baca lebih lanjut tentang beberapa efek samping makan wortel terlalu banyak untuk kesehatan berikut ini, Moms.

Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak, Tidak Hanya Wortel!

Efek Samping Makan Wortel

Terlepas dari kandungan nutrisi dan vitaminnya yang berguna untuk tubuh, berikut ini efek samping yang bisa dialami tubuh jika Moms mengonsumsi terlalu banyak wortel.

1. Menyebabkan Keracunan Vitamin A

efek samping makan wortel-keracunan vitamin A

Foto: Orami Photo Stock

Wortel adalah sayuran yang kaya kandungan vitamin A, tetapi bila mengonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan makanan. Kondisi ini yang disebut sebagai hypervitaminosis A.

Pada SAGE Journal, disebutkan gejala keracunan vitamin A dapat meliputi kehilangan nafsu makan, mual, muntah, rambut rontok, kelelahan, dan perdarahan pada hidung.

Keracunan vitamin A kronis dapat mengganggu sistem pada organ. Termasuk menghambat pembentukan tulang, menyebabkan tulang patah dan lebih lemah, dan jika terjadi dalam jangka panjang bisa memengaruhi fungsi ginjal.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 4 Tanda Keracunan Air Karena Minum Terlalu Banyak!

2. Terjadi Perubahan Warna Kulit

efek samping makan wortel-karotenemia

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping makan terlalu banyak wortel bisa sebabkan karotenemia, suatu kondisi tidak berbahaya yang membuat kulit berwarna jingga karena terlalu banyak beta-karoten dalam aliran darah, mengutip Cleveland Clinic.

Kondisi karotenemia sangat tidak mungkin terjadi, kecuali Moms mengonsumsi terlalu banyak wortel dalam waktu lama.

Satu wortel berukuran sedang mengandung sekitar 4 miligram beta-karoten. Mengonsumsi lebih dari 20 miligram beta-karoten setiap hari selama beberapa minggu dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit.

3. Bisa Menyebabkan Reaksi Alergi

efek samping makan wortel-alergi makanan

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun wortel jarang menyebabkan reaksi alergi, wortel dapat menyebabkan reaksi ketika dikonsumsi bersama dengan makanan lain. Alergi wortel dapat memengaruhi lebih dari 25 persen orang dengan alergi makanan.

Misalnya, dalam jurnal Allergology and Immunopathology, ada kasus reaksi alergi ketika seseorang mengonsumsi wortel yang terkandung dalam es krim.

Baca Juga: Mencegah Alergi Makanan, Bagaimana Menentukan Snack yang Baik untuk Anak?

4. Masalah pada Perut

efek samping makan wortel-masalah pada perut

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa orang mungkin memiliki kondisi di mana wortel sulit dicerna. Salah satu efek samping makan banyak wortel, termasuk bisa menyebabkan perut kembung.

Selain itu, wortel juga memiliki kandungan serat tidak larut (jenis serat yang mengikat air), menurut U.S. Department of Agriculture.

Jika terjadi peningkatan konsumsi serat makanan untuk sementara waktu, hal ini dapat mengganggu usus, dan dapat menyebabkan sembelit jika tidak minum cukup cairan untuk membantu serat bergerak melalui saluran usus.

Itu dia beberapa efek samping makan wortel jika terlalu berlebihan. Cukup konsumsi wortel secukupnya, dan Moms bisa memadukannya dengan sayuran lain untuk asupan sayur harian, ya.

Artikel Terkait