PERNIKAHAN & SEKS
21 November 2020

5 Efek Samping Tisu Magic, Perlu Dads Ketahui!

Diklaim bisa mambantu Dads dalam urusan ereksi, ada juga loh efek samping tisu magic yang harus diwaspadai.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dewi
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Tanpa memikirkan apa dampak atau efek samping tisu magic, beberapa pria menggunakannya untuk membantu mereka ereksi lebih lama. Memang tak semua pria bisa bertahan lama di atas ranjang, dan itu membuat mereka resah. Healthline menuliskan bahwa ada lebih dari 30 persen pria mungkin mengalami masalah yang sama: ejakulai dini.

Banyak di antara para pria yang mengalami ejakulasi dini mungkin sudah mencoba berbagai metode untuk membantu mereka bertahan lebih lama sebelum klimaks. Bagaimana dengan tisu basah benzocaine, atau yang lebih akrab disebut tisu magic? Benarkah benda ini bekerja sesuai klaimnya? Apakah ada efek samping tisu magic ini? Dan masih banyak lagi pertanyaan lain.

Penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Urological Association menemukan bahwa tisu magic dapat membantu pria dengan ejakulasi dini untuk bertahan lebih lama di atas ranjang. Well, sebelum membahas efek samping tisu magic bagi pria, ada baiknya untuk tahu dulu apa itu tisu magic dan bagaimana cara benda ini bekerja.

Baca Juga: Apa Saja Penyebab Pria Sulit Ereksi?

Tisu magic adalah tisu sekali pakai yang dibasahi dengan zat pengurang rasa. Benda ini dimaksudkan untuk membuat saraf penis Dads mati rasa, sehingga akan memperlambat proses ejakulasi. Tisu magic laku di pasaran pada tahun 2017, setelah penelitian tadi menyebutkan bahwa menyeka penis dengan tisu basah sebelum penetrasi akan menunda ejakulasi.

Cara kerja tisu magic dimulai ketika saraf distimulasi. Saat benzicaine dioleskan ke kulit, zat ini memblokir saluran yang membantu natrium mengaktifkan potensi penis beraksi. Saat saluran ini diblokir, Dads tidak akan merasakan apa pun. Benzocaine sendiri sangat umum digunakan untuk perawatan topikal untuk luka dan bahkan pencabutan gigi.

Mengingat fungsinya yang instan dan zat yang terkandung di dalamnya, tentu Dads bertanya-tanya, apakah ada dampak penggunaan tisu magic ini.

5 Efek Samping Tisu Magic

Apa sih efek samping tisu magic bagi pria? Berikut dirangkum beberapa efek tisu magic yang harus jadi perhatian Dads:

1. Disfungsi Ereksi

efek samping tisu magic 1.jpg

Gambar oleh Shutterbug75 dari Pixabay

Alih-alih merasakan kenikmatan, efek samping tisu magic yang paling utama justru ancaman terjadinya disfungsi ereksi. Kurangnya sensasi saat berhubungan, bisa membuat Dads kurang bisa menikmati, sehingga tak ada yang menjadi trigger untuk ereksi.

2. Luka Gesekan

Karena kebas atau tidak bisa merasakan apa-apa, bisa jadi Dads akan menggesekkan penis terlalu keras. Jika dalam keadaan normal Dads tahu kapan penis terasa sakit atau perih, dengan tisu magic tidak ada ada rasa apa-apa.

Bahayanya, efek samping tisu magic ini bikin Dads tidak merasakan ketika penis sudah sakit atau perih. Tanpa merasakan itu, Dads akan terus menerus menggesekkannya untuk mencapai ereksi, sementara Dads memang akan susah mendapatkannya.

Tanpa disadari, dampak penggunaan tisu magic ini sudah parah pada penis Dads. Dan ini baru akan terasa setelah khasiat dari zat pengurang rasa yang membuat kebas itu sedikit demi sedikit berkurang.

3. Pengelupasan Kulit

Kandungan benzocaine menjadikan efek samping tisu magic bagi pria harus diperhatikan. Dads bisa saja mengalami pengelupasan kulit, dan terjadi penipisan di sekitar area yang sering diseka. Ini tentu akan memberika rasa tidak nyaman pada penis, terutama ketika terjadi gesekan dengan celana.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bisa Menyembuhkan Disfungsi Ereksi

4. Gatal dan Panas

efek samping tisu magic 2.jpg

Photo by Dainis Graveris from Pexels

Efek samping tisu magic bagi pria yang lainnya, bisa timbul rasa gatal, kemerahan dan panas, serta sensasi terbakar pada penis. Kalau sudah begini, biasanya secara reflek Dads akan menggaruk dan tak jarang akan meninggalkan luka. Akan makin berbahaya jika luka ini akhirnya menyebabkan infeksi.

5. Kelainan pada Darah

The Food and Drug Administration (FDA) juga mengeluarkan peringatan bahwa penggunaan benzocaine dapat dikaitkan dengan kelainan darah yang disebut methemoglobinemia. Ini bisa jadi salah satu dampak penggunaan tisu magic, atau efek samping tisu magic yang berbahaya juga.

Kondisi ini menyebabkan terlalu banyak zat yang disebut methemoglobin dilepaskan dalam tubuh Dads. Tidak seperti hemoglobin yang membantu sel darah merah menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, methemoglobin juga membawa oksigen tapi tidak melepaskannya pada sel yang membutuhkan.

Gejala yang mungkin timbul ketika Dads mengalami kelainan darah karena efek samping tisu magic ini seperti:

  • Kulit, bibir, dan kuku kebiruan atau pucat
  • Sesak napas
  • Kelelahan
  • Kebingungan atau disorientasi
  • Sakit kepala atau pusing
  • Detak jantung cepat dengan hitungan tidak normal

Meskipun peringatan akan bahaya kelainan darah ini ditujukan pada anak di bawah dua tahun yang sedang tumbuh gigi, namun masih ada kemungkinan risiko bagi orang dewasa juga. So, Dads harus berhati-hati menakar pemakaian tisu magic ini.

efek samping tisu magic 3.jpg

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Jika dengan bantuan tisu magic ternyata belum ada kemajuan dalam kaitannya dengan hubungan seksual Dads dengan Moms, mungkin ada baiknya kalau segera menghubungi dokter saja. Mereka mungkin akan merekomendasikan metode atau treatment lain yang memungkinkan untuk mengendalikan ejakulasi dini, termasuk:

  • Antidepresan.
  • Pengobatan dari sunat yang tidak tuntas, yang juga bisa menyebabkan ejakulasi dini.
  • Perubahan pola makan atau suplemen untuk meningkatkan testosteron.
  • Menurunkan berat badan, karena penurunan berat badan dapat membantu menunda ejakulasi
  • Konsultasi dengen terapis seks yang bisa membatu Dads menemukan kemungkinan hambatan emosionalnya.

Meski mungkin Dads tidak mengalami efek samping tisu magic atau dampak penggunaan tisu magic ini, tapi ada baiknya memang konsultasi pada dokter sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Jika ada cara yang lebih aman untuk mengatasi ejakulasi dini, kenapa tidak dicoba?

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Disfungsi Ereksi

Dads bisa mencoba mengubah gaya hidup dan pola makan jadi lebih sehat, atau mulai rutin berolahraga. Masih ada beberapa cara alami lainnya untuk mengatasi ejakulasi dini, yang menhindarkan Dads dari efek samping tisu magic ini.

Namun jika Dads memang ingin mencoba menggunakan tisu magic, pastikan Dads tahu apakah produk yang akan digunakan itu layak. Perhatikan pula kandungan di dalamnya, serta apa bagaimana cara pemakaiannya yang benar. Dads juga bisa membaca review dari produk tersebut terlebih dahulu.

Artikel Terkait