KESEHATAN
29 Maret 2020

Mengenal Eksim Nummular, Inilah Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Eksim nummular merupakan penyakit kulit yang bentuknya bisa menyerupai kurap
placeholder

Sumber: getty images

placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Eksim nummular juga dikenal eksim diskoid dan dermatitis nummular adalah bentuk eksim yang bisa menyerang segala usia. Penyakit ini dilansir oleh nationaleczema.org, terlihat berbeda dari jenis eksim lainnya dan sulit diobati karena memengaruhi orang secara berbeda.

Eksim nummular termasuk penyakit yang lebih rentan menyerang pria, biasanya antara usia 55-65. Tetapi, wanita juga bisa menderita penyakit ini, biasanya di antara usia 13-25. Bahkan anak-anak juga bisa menderita eksim nummular

Penampakan eksim nummular ini berupa bintik-bintik berbentuk koin di kulit. Bintik-bintik itu bisa terasa sangat gatal atau tidak sama sekali. Bintik-bintik eksim nummular juga bisa terasa kering dan bersisik atau basah dan terbuka.

Karena, eksim nummular bisa terlihat seperti kurap, penting untuk memastikan bahwa itu bukan infeksi jamur. Seperti halnya dermatitis atopik, eksim nummular dapat terinfeksi oleh bakteri - biasanya staph.

Baca Juga: Perawatan Kulit Eksim Anak Semakin Maksimal dengan Makanan Ini

Penyebab Eksim Nummular

eksim nummular - penyebab - medicalnewstoday.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Sebenarnya dilansir oleh healthline.com, penyebab utama eksim nummular. Namun, banyak orang dengan eksim nummular memiliki riwayat alergi, asma atau riwayat dermatitis atopik pada diri sendiri maupun keluarganya.

Dermatitis atopik adalah penyakit kulit yang menyebabkan ruam gatal atau bersisik. Orang dengan eksim nummular juga cenderung memiliki kulit sensitif dan mudah teriritasi.

Selain itu, faktor-faktor berikut juga bisa meningkatkan risiko seseorang menderita eksim nummular:

  1. Perubahan suhu
  2. Kulit kering
  3. Iritasi lingkungan, seperti sabun, logam, dan formaldehida
  4. Operasi

Gejala Eksim Nummular

eksim nummular - gejala - getty images.jpg

Foto: gettyimages.com

Biasanya bercak atau bintik eksim nummular bermula dari sekelompok kecil, seperti bintik-bintik kemerahan dan luka lepuh. Kemudian dilansir oleh American Academy of Dermatologist, luka akan membesar dan berkembang bersamaan dengan bercak berbentuk koin.

Bercak yang menyerupai koin biasa memiliki tanda-tanda berikut ini:

  1. Rentang ukuran mulai dari yang lebih kecil, yakni dari 1 - 4 inci.
  2. Bercak paling sering terjadi pada kaki, tetapi juga terjadi pada batang tubuh (tengah tubuh), lengan, tangan dan kaki.
  3. Bercak biasanya berwarna , merah muda, merah atau cokelat.
  4. Bercak bisa tersa gatal dan terbakar, gejala ini berkisar dari sangat ringan hingga parah. Tetapi, rasa gatal mungkin lebih buruk di malam hari dan mengganggu tidur.
  5. Bercak eksim berubah keras setelah cairan bocor dan akan bersisik jika sudah terlalu lama.
  6. Terlihat kerak kekuningan yang biasanya terjadi di bercak jika terjadi infeksi Staphylococcus aureus (staph). Kondisi ini sangat memerlukan perawatan dengan antibiotik.
  7. Kulit di antara bercak eksim biasanya terlihat normal, tetapi bisa kering dan mudah teriritasi.

Baca Juga: Hindari Gatal-gatal, Ini 5 Penyebab Eksim yang Perlu Diwaspadai

Pengobatan Eksim Nummular

eksim nummular - pengobatan - istockphoto.jpg

Foto: istockphoto.com

Luka eksim nummular bisa sangat sulit diatasi, karena itu disarankan untuk mengunjungi dokter kulit. Biasanya, perawatan yang disarankan untuk mengatasi eksim nummular, antara lain:

1. Melindungi Kulit

Moms harus melindungi kulit dari goresan, luka atau cedera dengan cara lainnya. Karena, cedera kulit bisa memperburuk dermatitis nummular.

2. Menghidrasi Kulit

Perawatan eksim nummular bisa dengan mandi air hangat selama 20 menit sekali sehari. Setelah 3 menit selesai mandi, oleskan pelembab ke kulit yang masih lembab. Cara ini bisa membantu melembabkan kulit kering dan mengurangi rasa gatal.

Selain itu, Moms juga bisa menambahkan minyak ke dalam air yang juga bisa membantu mengatasi eksim nummular. Tapi, lebih baik gunakan minyak yang disarankan dokter karena produk sembarangan bisa berisiko mengiritasi kulit.

3. Pakai Obat Sesuai Arahan Dokter Kulit

Gunakanlah obat yang diresepkan oleh dokter kulit, seperti salep kortikosteroid dan krim tas yang bisa membantu peradangan (kemerahan dan pembengkakan) dan gatal. Jika infeksi bakteri terjadi, makan dokter kulit akan meresepkan antibiotik.

Itulah hal yang perlu diketahui tentang eksim nummular. Jadi, jangan khawatir dahulu jika mengalaminya. Tengok panduannya di tulisan ini, ya!

Artikel Terkait