BALITA DAN ANAK
21 Februari 2020

Enak Dimasak, Ini 4 Manfaat Kacang Kapri untuk Kesehatan Anak

Kandungan serat tinggi pada kacang kapri bantu sehatkan pencernaan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil, tentunya Si Kecil perlu diberikan menu makanan dengan gizi seimbang. Termasuk dengan menambahkan sayur-sayuran.

Dari sekian banyak sayur, Moms mungkin jarang memilih kacang kapri untuk dimasukkan ke dalam menu makanan anak.

Padahal, tidak kalah dengan sayur-sayuran lainnya, kacang kapri juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk Si Kecil lho, Moms.

Manfaat Kacang Kapri untuk Kesehatan Anak

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, kacang kapri juga memiliki kandungan protein nabati yang memadai untuk kesehatan anak.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat umum kacang kapri untuk buah hati Moms.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Persiapkan 7 Item Ini Agar Anak Sukses Toilet Training -6.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mengutip The Joint, kacang kapri memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan anak.

Anak yang tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan harian mereka dapat berdampak negatif pada sistem pencernaannya. Sehingga serat diperlukan untuk membuat usus sehat.

Bakteri baik dalam usus menggunakan serat sebagai sumber makanan. Kacang kapri memiliki serat tidak larut yang dapat membuat makanan jadi mudah dicerna.

Baca Juga: 4 Manfaat Cuka Apel Bagi Pencernaan

2. Membantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

4 Tips Untuk Menurunkan Trigliserida Tinggi Pada Anak 4.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mengutip Parenting First Cry, selain serat, kacang kapri juga punya kandungan vitamin C tinggi, yang dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh anak.

Selain punya vitamin C tinggi, kacang kapri tinggi kadar antioksidan sehingga mencegah beberapa reaksi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit serius, melansir jurnal Advances in Nutrition.

Kacang kapri adalah sumber yang kaya banyak mineral seperti besi, kalsium, seng, tembaga, mangan dll. Yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga: Moms, 6 Nutrisi Ini Menguatkan Kekebalan Tubuh Balita

3. Menjaga Berat Badan Signifikan

Apakah Gula Dapat Menambah Berat Badan Anak Secara Sehat dan Aman 01.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Brianna Elliott, RD, ahli diet terdaftar, mengatakan, "Kacang kapri adalah salah satu sumber protein nabati terbaik, yang dapat mengisi perut lebih lama, bersama dengan jumlah serat tinggi," mengutip Healthline.

Protein dan serat dalam kacang kapri bekerja bersama untuk memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Makan jumlah protein dan serat yang cukup dapat mengurangi jumlah kalori yang dimakan sepanjang hari, sambil menjaga nafsu makan terkendali.

Karenanya, kacang kapri dapat diberikan sebagai makanan untuk anak yang mengalami berat badan berlebih.

Baca Juga: Begini Cara Menambah Berat Badan Bayi

4. Memperkuat Kesehatan Tulang

tulang kuat anak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan protein pada kacang kapri juga dapat membantu memperkuat tulang, serta meningkatkan kekuatan otot jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Melansir Style Craze, selain itu, sifat anti-inflamasi dan antioksidan membantu tingkatkan kesehatan tulang dengan mencegah osteoporosis.

Itu dia Moms, 4 manfaat kesehatan kacang kapri untuk anak. Namun, tetap ingat untuk menjaga takaran konsumsi agar tidak berlebihan ya.

Terlepas dari manfaat kacang kapri yang banyak, ada kelemahan pada kualitas nutrisinya. Kacang-kacangan ini mengandung antinutrisi yang dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan mineral.

Selain itu, seperti kacang-kacangan lainnya, kacang kapri bisa menyebabkan kembung, ketidaknyamanan perut yang sering disertai dengan gas.

Jadi, kapan mau masak kacang kapri yang bermanfaat untuk anak ini, Moms?

(AP/DIN)

Artikel Terkait