KESEHATAN
5 Mei 2020

Epidemiolog Sebut Social Distancing Lebih Efektif, Ini Tips Naik KRL di Masa Pandemi

Jangan lupa sering cuci tangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pemerintah telah membuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan angka pandemi. Perusahaan juga telah memberlakukan karyawannya agar bekerja dari rumah.

Tetapi, beberapa perusahaan di bidang industri tertentu masih ada yang mengharuskan karyawannya untuk masuk ke kantor. Jika Moms atau Dads salah satunya, penting untuk tahu bagaimana tips naik KRL di masa pandemi.

Baca Juga: 5 Tips Memerah ASI dan Menyusui di Tempat Umum

Tips Naik KRL di Masa Pandemi

naik krl di masa pandemi-1

Foto: Orami Photo Stock

Ahli Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), dokter Syahrizal Syarif, menjelaskan bahwa social distancing dirasa menjadi cara yang lebih efektif ketimbang lockdown.

Menurutnya, dilakukan lockdown memaksa penduduk untuk tinggal di rumah dan menghentikan semua moda transportasi, menutup aktivitas sosial, dengan jaminan keamanan dan kenyamanan warga.

"Social distancing menuntut kerja sama warga untuk membatasi pergerakan dan berkumpul dalam kerumunan, dan melakukan aktivitas berjarak antarmanusia, dan ditambah menutup pusat keramaian yang dianggap perlu," kata Syahrizal, Sabtu (21/3), mengutip NU Online.

Jika Moms atau Dads tetap harus pergi ke kantor menggunakan moda transportasi umum, berikut ini beberapa tips naik KRL di masa pandemi yang bisa dilakukan dalam menjaga diri dari virus COVID-19.

Baca Juga: Bantu Petugas yang Terlibat Tangani Pandemi COVID-19, dengan 4 Langkah Ini

1. Menggunakan Masker

Memakai masker masih menjadi hal utama yang perlu dilakukan dalam melindungi diri di tengah pandemi COVID-19. Moms juga perlu menggunakan masker saat naik KRL di masa pandemi.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan penggunaan masker kain di tempat publik di mana sulit melakukan social distancing, misalnya, toko kelontong dan apotek.

Penggunaan masker kain dapat memperlambat penyebaran virus dan membantu mencegah orang yang mungkin menjadi pembawa virus agar tidak menularkannya kepada orang lain.

2. Jaga Jarak dengan Penumpang Lain

naik krl di masa pandemi-2

Foto: Orami Photo Stock

Menggunakan KRL berarti Moms akan bertemu dengan banyak orang dalam satu gerbong. Karena itu, penting untuk berjaga jarak atau social distancing, sebagai tips naik KRL di masa pandemi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa jarak yang dianjurkan dalam social distancing adalah sejauh 1-3 meter ketika berada di tempat umum, terlebih jika ada yang batuk atau bersin.

Baca Juga: Infeksi Virus COVID-19 Lebih Cepat Jika Menyentuh Wajah, Pakar Jelaskan Pentingnya Social Distancing

3. Rajin Cuci Tangan

naik krl di masa pandemi-3

Foto: Orami Photo Stock

Moms tentu sudah tahu pentingnya rajin mencuci tangan di tengah pandemi COVID-19 ini. Karena tangan akan menyentuh banyak benda, sebaiknya sempatkan diri untuk mencuci tangan bila ada akses air dan sabun.

Menurut jurnal American Society for Microbiology, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lebih efektif daripada setetes gel hand sanitizer yang belum digosokkan.

Tetapi, bila susah mendapatkan akses air dan sabun, Moms bisa membawa hand sanitizer. Harvard Health menuliskan bahwa hand sanitizer dengan 70% kadar alkohol bisa membunuh beberapa bakteri dan virus.

4. Hindari Menggunakan Uang

naik krl di masa pandemi-4

Foto: Orami Photo Stock

Uang merupakan salah satu alat yang paling sering dipegang orang, dan karena itu banyak bakteri yang menempel di permukaan uang kertas maupun koin.

Untuk mengantisipasinya, lebih baik Moms menggunakan alat transaksi lain seperti kartu Multi Trip atau e-money, sebagai metode pembayaran tiket saat naik KRL di masa pandemi COVID-19.

Selain itu, menggunakan kartu juga tidak memakan banyak waktu karena Moms tak perlu mengantre di loket.

Baca Juga: 9 Istilah Selama Pandemi COVID-19, Moms Sudah Tahu Semuanya?

5. Berperilaku Bersih di Tempat Umum

naik krl di masa pandemi-5

Foto: Orami Photo Stock

Demi kepentingan dan kenyamanan bersama, Moms juga perlu berperilaku bersih di tempat umum, dengan tidak bersin atau batuk sembarangan saat naik KRL di masa pandemi.

Berikut ini etika batuk dan bersin, mengutip Cleveland Clinic:

  • Gunakan tisu untuk menutupi mulut dan hidung setiap kali batuk atau bersin. Jika tidak ada tisu, arahkan batuk ke siku, jangan batuk ke tangan atau udara terbuka.
  • Selalu memalingkan wajah dari orang-orang di sekitar saat batuk atau bersin.
  • Buang tisu sebagai penutup batuk atau bersin tadi ke tempat sampah.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air, atau gunakan hand sanitizer setidaknya 60-95% alkohol setelah batuk atau bersin.

Itu dia Moms, beberapa tips menjaga diri dan bagaimana ketika harus naik KRL di masa pandemi.

Artikel Terkait