TRIMESTER 3
11 April 2020

4 Essential Oil untuk Pijat Hamil yang Aman dan Menenangkan

Tidak hanya digunakan pada alat diffuser saja lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Essential oil punya banyak manfaat untuk kesehatan. Meski penggunaannya masih kontroversial untuk ibu hamil, tetapi Moms dapat memilih jenis essential oil untuk pijat hamil yang aman.

Dari sekian banyak cara penggunaan minyak esensial, cara yang aman digunakan oleh ibu hamil yaitu dengan cara dioles atau dihirup.

"Saat diaplikasikan secara topikal, minyak pijat atau produk perawatan kulit lainnya diserap melalui kulit. Ketika dihirup, molekul-molekul bergerak dari hidung atau mulut ke paru-paru, otak dan bagian tubuh lainnya," jelas Nita Landry, MD, ob-gyn dan co-host di acara The Doctors, mengutip The Bump.

Dalam The International Journal of Childbirth Education, minyak aromaterapi bisa mengatasi berbagai kondisi selama hamil. Seperti morning sickness, stretch mark, varises, wasir, kelelahan, nyeri, gelisah, dan depresi.

Lalu, jenis essential oil apa saja yang aman digunakan untuk pijat ibu hamil? Mengutip Natural Fertility Info, berikut ini daftarnya.

Baca Juga: Tidak Perlu Obat, Ini 7 Essential Oil yang Bisa Mengatasi Flu

Essential Oil untuk Pijat Hamil

Mengutip Mayo Clinic, minyak esensial menjadi lebih umum digunakan untuk ibu hamil, masa persalinan dan postpartum untuk mengobati kecemasan, sakit, dan kurang fokus.

1. Minyak Lavender

minyak lavender-1.jpeg

Minyak esensial anti-stres klasik ini disarankan aman digunakan untuk kehamilan setelah trimester pertama agar bisa digunakan sebagai essential oil untuk pijat hamil.

"Faktanya, penelitian pada hewan menunjukkan penggunaan minyak lavender mengurangi kontraksi," jelas Robert Tisserand, ahli aromaterapi, mengutip Natural Fertility Info.

Selain untuk pijat, minyak lavender juga dapat diencerkan dan ditambahkan ke bak mandi, atau pada diffuser sebanyak 1-2 kali seminggu untuk meringankan stres dan cemas saat kehamilan.

2. Minyak Jahe

minyak jahe.jpg

Minyak jahe adalah minyak esensial hangat dan dengan sensasi pedas yang telah digunakan dalam aromaterapi selama berabad-abad.

Sebagai salah satu jenis essential oil yang bisa digunakan untuk pijat hamil, minyak jahe membantu meringankan rasa sakit dan nyeri kehamilan, sehingga dapat digunakan untuk minyak pijat yang ringan.

Campuran minyak jahe dengan lavender juga dapat membantu sebagai anti-inflamasi dan analgesik alami.

Baca Juga: 6 Ragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

3. Minyak Jeruk Manis

minyak jeruk manis.jpg

Esential oil jeruk manis dapat digunakan untuk memberikan energi, sekaligus meringankan suasana hati agar Moms lebih bahagia selama kehamilan.

Minyak jeruk manis juga bisa dicampur dengan jahe untuk meredakan mual atau gangguan pencernaan ringan. Moms bisa menggunakan jenis essential oil ini untuk pijat hamil.

Namun, penggunaan minyak jeruk manis untuk pijat sebaiknya dihindari bila Moms berencana untuk keluar di bawah sinar matahari, ya.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Tentang Essential Oils yang Harus Moms Tahu

4. Minyak Grapefruit

minyak grapefruit.jpg

Tidak seperti minyak sitrus lainnya, minyak grapefruit memiliki risiko yang rendah jika dioleskan pada kulit dan terpapar sinar matahari.

Moms bisa menggunakan minyak grapefruit ini sebagai minyak pijat kehamilan. Namun, minyak ini dapat menguap dengan cepat, sehingga harus digunakan sesegera mungkin juga.

Selain itu, minyak grapefruit sangat bagus digunakan untuk alat diffuser atau pada bak mandi, untuk mengurangi kelelahan.

Itu dia jenis essential oil yang aman digunakan untuk pijat hamil. Namun, untuk menghindari risiko, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum digunakan ya, Moms.

Artikel Terkait