NEWBORN
16 September 2019

5 Fakta Bayi Baru Lahir yang Harus Moms Ketahui

Di balik tubuh mungilnya yang menggemaskan, ada beberapa fakta fakta bayi baru lahir yang harus diketahui.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Selamat atas kelahiran Si Kecil, Moms! Akhirnya Moms bisa bertemu dengan buah hati, ya. Menjadi seorang ibu baru memang tidak mudah. Moms harus pintar dan cermat menyesuaikan kegiatan baru yang akan dilakukan. Mulai dari menyusui hingga memandikannya.

Baca Juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Walaupun telah mengandung Si Kecil selama 9 bulan, bukan berarti Moms sudah mengenalnya dengan baik. Karena ada berbagai macam kejutan baru yang akan Moms temui. Ada beberapa fakta bayi baru lahir yang harus diketahui. Simak informasi di bawah ini, ya.

Selalu Menangis

crying-baby_1218-513.jpg

Foto: Freepik.com

Ya, karena bayi baru lahir belum bisa mengutarakan pendapat dan perasaannya, menangis merupakan salah satu cara ia berkomunikasi dengan orang sekitar.

Untuk orang tua yang baru saja memiliki buah hati, hal ini memang sangat membingungkan bahkan membuat Moms dan Dads stres. Namun, seiring berjalannya waktu Moms akan terbiasa. Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Teknik Ampuh Untuk Menenangkan Bayi Menangis

Selalu Lapar

image-10605792-1a272ecddbf2c1706b2fe538bf056e9e-babies-6-nursing-problems-to-look-out-for-1_3.jpg

Foto: smartparents.sg

Fakta bayi baru lahir berikutnya adalah dia akan selalu lapar. Namun perlu diingat, jangan memberikan asupan makanan, yakni ASI secara berlebihan.

Menurut Meg Faure, selaku pakar bayi dan co author buku "Sleep Sense", mengatakan, “Setelah lahir bayi Anda akan membutuhkan makanan untuk tumbuh kembangnya. Dan karena perutnya masih sangat kecil, ia hanya akan mengambil nutrisi yang cukup. Anda bisa memperhatikannya lagi dalam beberapa jam sebelum ia membutuhkan makanan lagi”.

Menangis Tanpa Mengeluarkan Air Mata

2017_02_colic_when_does_it_start_and_end_still.png

Foto: parents.com

Tahukah Moms, bayi baru lahir ternyata tidak memproduksi air mata hingga berusia beberapa minggu. Mengapa? Karena kelenjar air matanya belum benar-benar berkembang dengan sempurna. Jadi, jangan khawatir jika Moms mendapati bayi menangis tapi tidak mengeluarkan air mata.

Kulitnya Kering

photo-1562887250-9a52d844ad30.jpg

Foto: unsplash.com

Kulit bayi memang terlihat lembut dan halus, tetapi kulitnya bisa saja berubah menjadi kering. “Jika Anda merendam diri di dalam cairan selama sembilan bulan dan kemudian keluar ke udara, maka kulit Anda akan kering”, ujar Laura Jana, M.D, selaku dokter anak dan co author untuk buku “Heading Home With Your Newborn”.

Oleh karena itu, jangan panik jika kulit bayi kering ya, Moms. Segera oleskan tubuhnya dengan lotion kulit khusus bayi.

Memiliki Tanda Lahir

stork-mark-photobucket_4x3.jpg

Foto: babycenter.co.uk

Setidaknya ada satu tanda lahir di kulit bayi. Ya, itu merupakan salah satu fakta bayi baru lahir. Jangan kaget, ya, Moms, jika mendapati sebuah tanda lahir pada Si Kecil.

Ini bukanlah kelainan, tetapi merupakan hal yang sangat normal. Tanda lahir muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Sebagian besar tanda lahir tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Mengenal Jenis Tanda Lahir pada Bayi

(MA/KM)

Artikel Terkait