KEHAMILAN
27 Mei 2020

5 Fakta Chia Seeds untuk Ibu Hamil, Luar Biasa!

Chia seeds bermanfaat untuk mencegah sembelit dan anemia saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Biji chia bisa menjadi sumber nutrisi yang sangat baik dan pemasukan makanan untuk kehamilan. Benih hitam kecil ini telah mendapatkan popularitas sejak 2009, dan telah diberi label "makanan super" karena berbagai alasan.

Chia Seeds merupakan biji kecil yang berwarna hitam serta sering dianggap superfood dan telah digunakan oleh perabadan Maya juga Aztec kuno ini tengah ramai diperbincangkan serta dikonsumsi banyak kalangan sebagai penambah nutrisi.

Biji kecil ini pun sering digunakan dalam berbagai masakan, salad atau bahkan menu MPASI Si Kecil. Namun, saat hamil yang merupakan waktu di mana seorang Moms harus makan segala makanan yang bergizi, maka akan penasaran apakah dapat mengonsumsi chia seeds, utamanya jika Anda suka memakannya.

Baca Juga: 6 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

Fakta Chia Seeds untuk Ibu Hamil

chia seed untuk ibu hamil

Moms, bersama dengan buah, sayuran, kacang dan produk susu, tentu memberikan nutrisi bagi ibu hamil. Namun, bagaimana dengan ibu hamil makan chia seeds? Amankah ibu hamil konsumsi chia seeds? Apa saja fakta chia seeds untuk ibu hamil? Simak faktanya di bawah ini!

1. Aman Karena Mencegah Sembelit

Fakta chia seeds untuk ibu hamil yang pertama adalah mencegah sembelit. Moms, ibu hamil makan chia seeds aman dilakukan karena dapat mencegah sembelit yang akan menjadi pertempuran sehari-sehari.

Nah, untungnya ibu hamil makan chia seed yang kaya serat dapat membuat sistem pencernaan lebih lancer.

Adapun menurut USDA Food Composition Databases, ibu hamil disarankan memakan dua sendok chia seeds saja karena mengandung 8 gram serat, yaitu sekitar 32 persen dari nilai harian yang disarankan.

2. Aman Karena Mencegah Anemia

Fakta chia seeds untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah anemia. Apakah tangan dan kaki Moms mendadak sangat dingin? Atau merasa lebih lelah dari biasanya? Bahkan merasakan pusing? Bisa jadi Moms kekurangan zat besi.

Padahal zat besi diperlukan untuk produksi sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen yang cukup ke seluruh tubuh Moms serta Si Kecil dalam kandungan.

Dengan menaburkan dua sendok makan chia seeds pada sereal adalah cara mudah untuk memasukkan 2,2 miligram zat besi ke dalam tubuh, yang juga akan membantu meningkatkan energi tubuh.

National Institutes for Health memperingatkan ibu hamil bila tidak memperoleh asupan zat besi yang cukup akan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur hingga kematian.

Baca Juga: 7 Manfaat Chia Seed untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu!

3. Membantu Menghentikan Kram Kaki

Fakta chia seeds untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menghentikan kram kaki. Kram, terutama pada kaki, akan sering terjadi saat hamil terutama di malam hari, utamanya selama trimester kedua dan ketiga. Hal ini terjadi lantaran ibu hamil kekurang magnesium yang berperan pada transmisi neuromuskuler, fungsi saraf, dan kontraksi otot.

Apabila ibu hamil makan chia seeds yang juga sumber magnesium maka akan terhindar dari kram kaki. Setidaknya, Moms membutuhkan dua sendok chia seeds yang setara dengan 95 miligram atau 23 persen nilai harian magnesium untuk ibu hamil.

Bahkan, nilai ini lebih banyak empat kali daripada secangkir brokoli cincang atau rebus,

4. Menyeimbangkan Gula Darah

Fakta chia seeds untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menyeimbangkan gula darah. Jika Moms memiliki diabetes gestasional yang hanya muncul saat hamil. Maka, Moms diminta mengontrol kadar gula darah karena kelebihan glukosa bisa meningkatkan risiko keguguran terutama di trimester pertama.

Ibu hamil makan chia seeds dengan rajin akan membantu menjaga keseimbangan gula darah karena serat dari biji tersebut dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah dan tidak meningkatkan kadar glukosa darah.

Meskipun jumlah serat harian yang disarankan adalah antara 25 hingga 30 gram untuk kehamilan, Joslin Diabetes Center melaporkan bahwa orang dengan diabetes yang makan 50 gram serat sehari lebih berhasil mengendalikan glukosa darah mereka daripada mereka yang makan lebih sedikit.

Namun, saat menambahkan lebih banyak serat ke dalam diet Anda, lakukan perlahan dan minum banyak air. Terlalu banyak serat tanpa cukup air dapat memperburuk konstipasi Anda.

5. Memberikan Manfaat Asam Lemak Omega

Fakta chia seeds untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah memberikan manfaat asam lemak omega. Sebanyak 60 persen minyak dalam chia seeds berasal dari asam lemak omega-3, terutama dalam bentuk asam lemak alfa-linolenat lemak tak jenuh ganda, atau ALA.

Tubuh Moms tidak dapat membuat ALA sehingga harus berasal dari makanan. Chia seed adalah salah satu sumber tanaman terbaik dari asam lemak omega-3. Mereka menyediakan 5.064 miligram ALA, atau 316 persen dari nilai harian Anda, per 2 sendok makan.

Sebuah penelitian di Australia dilakukan untuk menentukan hubungan antara asupan ALA selama kehamilan dan berat lahir bayi. Para peneliti menilai diet 224 ibu, menemukan bahwa asupan ALA yang lebih tinggi berkorelasi dengan berat lahir bayi yang lebih tinggi.

Kesimpulan yang diterbitkan pada Oktober 2018 dalam Current Developments in Nutrition, melaporkan bahwa omega-3 dalam makanan memiliki potensi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga: Resep Blue Chia Seeds Pudding, Lembut Banget!

Chia seed dianggap sebagai salah satu makanan yang menawarkan manfaat bagi ibu hamil. Namun, penelitian tentang efek dan keamanannya masih sangat terbatas.

Sehingga, ada baiknya Moms berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan atau bidan sebelum menjadikannya teman makan sehari-hari selama kehamilan.

Artikel Terkait