KESEHATAN
4 September 2019

Fakta dan Mitos Seputar Donor Darah yang Harus Moms Ketahui

Bicara soal donor darah, kadang kita disuguhi beberapa informasi yang belum tentu benar. SImak mitos dan fakta seputar donor darah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Darah. Puisi sekaligus horor untuk sebagian orang. Karena penting untuk kehidupan, banyak yang membutuhkan darah donor. Tapi, banyak orang yang takut menyumbangkan darah mereka karena beberapa mitos.

Dr Minh-Ha Tran, direktur layanan obat transfusi UCI Health, mengatakan donor darah sangat penting untuk menyelamatkan nyawa orang-orang yang:

  • Menderita cedera traumatis
  • Membutuhkan operasi
  • Sedang dirawat karena kanker

Untuk itu, Tran, yang mengawasi program donor darah UCI Health, memberikan panduan yang menjelaskan barisan mitos yang kita dengar seputar donor darah. Sila disimak!

Baca Juga: Apa Beda Donor Trombosit dengan Donor Darah Biasa? Simak Penjelasannya

Menyumbangkan Darah Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Fakta dan Mitos Seputar Donor Darah1.jpeg

Fakta: Proses penyaringan memastikan bahwa donor darah sesuai untuk setiap individu, dan untuk donor, efek fisiologis dapat diabaikan. Untuk beberapa orang, proses ini bisa sedikit menegangkan, jadi disarankan untuk beristirahat sebentar.

Donasi Darah Menghabiskan Persediaan Darah Seseorang

Fakta: Tubuh manusia mengandung sekitar 10 liter darah, dan donor tipikal memberi sekitar satu liter darah utuh. Tubuh membuat darah baru setelah sumbangan.

Baca Juga: 7 Kisah Menyusui dari Artis Indonesia, Ada yang Jadi Pendonor ASI Hingga Berikan Tips Jika Bingung Puting

Vegetarian Tidak Dapat Menyumbangkan Darah.

Fakta: Memang benar bahwa vegetarian membutuhkan waktu lebih lama untuk memulihkan zat besi yang hilang dari sumbangan darah. Itu karena zat besi yang ditemukan dalam sayuran tidak diserap dengan baik oleh tubuh seperti zat besi dari protein hewani. Namun, vegetarian yang ingin menyumbang secara teratur dapat mengonsumsi suplemen zat besi. Pelajari lebih lanjut tentang meningkatkan level zat besi Anda ›

Donor Darah Makan Banyak Waktu.

Fakta: Proses mendonasikan darah lengkap yang sebenarnya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit. Ketika Anda memasukkan skrining awal, dan makan camilan sesudahnya, seluruh proses memakan waktu kurang dari satu jam. Menyumbangkan trombosit bisa memakan waktu satu jam lebih.

Ada Pengganti Darah Manusia

Fakta dan Mitos Seputar Donor Darah2.jpg

Fakta: Meskipun para ilmuwan sedang menguji pengganti darah berbasis hemoglobin dan produk yang disebut SANGUINATE ™, saat ini tidak ada yang tersedia untuk menggantikan darah manusia. Dan setiap dua detik, seseorang di Amerika Serikat membutuhkan darah.

Baca Juga: 6 Kondisi yang Membuat Ibu Perlu Bantuan Donor ASI Perah (ASIP)

Ada Batasan Umum untuk Mendonorkan Darah

Fakta: Tidak ada batasan usia atas untuk donor darah dari orang sehat. Namun, UCI Health meminta para donor berusia minimal 17 tahun. Pelajari lebih lanjut tentang siapa yang dapat menyumbang.

Itulah mitos dan fakta soal donor darah. Yuk, Moms, ikutan donor darah agar bisa membantu orang-orang yang membutuhkan.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait