FASHION & BEAUTY
9 Juni 2019

Jarang Diketahui, Ini Fakta-fakta Unik Tentang 5 Tipe Rambut

Dari beberapa tipe rambut ini, Moms termasuk yang mana?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Memiliki rambut alami berwarna hitam atau pirang, dengan gaya rambut lurus atau keriting, rambut adalah aspek mendasar dari penampilan manusia.

Sebenarnya, jenis rambut kita cukup sederhana. Seperti halnya kuku, rambut sebagian besar terbuat dari protein keratin. Dia dapat bertahan selama ribuan tahun dalam kondisi yang sama.

"Ketika berbicara tentang keunikan manusia, orang-orang datang dengan segala macam hal, seperti budaya, kecerdasan, bahasa. Tapi, manusia adalah satu-satunya mamalia yang memiliki tubuh tak berbulu dan kulit kepala berbulu,” ujar Tina Lasisi, seorang kandidat doktor dalam antropologi di Penn State University, seperti dilansir dari Mental Floss.

Jenis rambut adalah bagian dari susunan genetik. Inilah beberapa fakta unik tentang berbagai tipe rambut yang umumnya dimiliki manusia!

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

1. Rambut Lurus

tipe rambut

Foto: shopify.com

Jika tipe rambut tidak terlihat ikal atau tidak memiliki untaian gelombang, itu artinya kita memiliki rambut lurus.

Perempuan dengan rambut lurus lebih cenderung memiliki rambut yang lebih berminyak, karena minyak alami dapat dengan mudah melapisi seluruh helai rambut lurus.

Walaupun rambut lurus relatif mudah dirawat, namun dia bisa kekurangan volume dan sulit untuk ditata.

Ternyata, rambut lurus memiliki tiga jenis, yakni tipe 1A, 1B, dan 1C. Tipe rambut 1A memiliki rambut lurus yang halus, lembut, mengkilap, dan tipis. Kedua, tipe 1B, sedikit lebih tebal dari tipe 1A, memiliki lebih banyak volume, dan lebih mudah dikelola. Sedangkan tipe 1C, yang paling kasar dan paling tebal dari semua rambut lurus.

2. Rambut Bergelombang

tipe rambut

Foto: pinterest.com

Jika memiliki tipe rambut bergelombang alami, helai rambut benar-benar keriting, tetapi bentuknya lebih berbentuk huruf ‘S’ daripada gulungan. Rambut bergelombang biasanya tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering.

Rambut bergelombang memiliki tiga jenis. Tipe 2A, memiliki tampilan rambut alami, yang menjadi favorit dari banyak perempuan berambut lurus. Dia memiliki sedikit lengkungan pada batang rambut, tapi tidak ikal.

Tipe 2B, yakni tipe rambut bergelombang yang sedikit lebih ketat dan lebih jelas daripada tipe 2A, tapi rentan kusut.

Tipe 2C mungkin terlihat seperti rambut keriting, karena bertekstur ikal spiral yang longgar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mudah Kenali Jenis Kulit Kepala?

3. Rambut Keriting

tipe rambut

Foto: glamourmagazine.co.uk

Rambut keriting memiliki lebih banyak bentuk ikal daripada rambut bergelombang. Perempuan dengan rambut keriting dapat memiliki ikal longgar atau spiral yang ketat.

Seperti tekstur rambut lainnya, ada berbagai jenis rambut keriting yang didasarkan pada ketebalan dan ukuran keriting.

Meskipun tipe rambut keriting terkadang sulit diatur, Moms tidak perlu keramas setiap hari karena rambut lebih kering daripada rambut lurus.

Seperti rambut lain, ada beberapa tipe rambut keriting. Pertama, tipe 3A yakni rambut keriting terbaik dan memiliki ikal terbesar dan paling longgar.

Kedua, tipe 3B dengan ikal yang kenyal yang tidak terlalu tebal atau terlalu halus. Lalu, tipe 3C, yakni ikal keriting yang tebal dan ketat. Semua tipe rambut keriting adalah berjenis rambut kering.

4. Rambut Tebal

tipe rambut

Foto: matrix.com

Banyak orang beranggapan bahwa jika mereka memiliki banyak rambut, mereka memiliki rambut yang tebal. Meskipun ini mungkin benar, itu tidak sama untuk setiap perempuan.

Tidak tahu apakah rambut kita tebal atau tipis? Salah satu cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengambil satu helai rambut dan meletakkannya di antara ibu jari dan telunjuk, jika merasakan helainya, kita memiliki rambut tebal.

Cara cepat lain untuk menentukan apakah rambut tebal adalah dengan mengambil sebagian rambut (seolah-olah sedang bersiap untuk memasang kuncir kuda). Jika kulit kepala hampir tidak terlihat, kita memiliki rambut tebal.

Baca Juga: Perawatan Tepat untuk Rambut Kering dengan Kulit Kepala Berminyak

5. Rambut Tipis atau Halus

tipe rambut

Foto: goodhousekeeping.com

Jika ingin menentukan apakah memiliki tipe rambut tipis atau halus, kita dapat mencoba semua tes yang disebutkan sebelumnya, dan jika hasilnya adalah kebalikan dari seseorang dengan rambut tebal, kita kemungkinan memiliki rambut tipis.

Tipe rambut tipis tidak selalu berarti bahwa rambut akan rontok atau akan benar-benar botak, hanya saja kita memiliki rambut yang jauh lebih sedikit di kepala.

Jika menginginkan rambut yang lebih tebal, kita mungkin harus menambahkan beberapa produk dan formula yang dirancang untuk menebalkan rambut.

Walaupun rambut tipis berasal dari genetik, kita bisa menebalkan rambut dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan makan makanan yang seimbang.

Apapun tipe rambut kita, rawatlah dengan baik dengan sampo, kondisioner, dan hair mask. Rutinlah ke salon untuk menjaga agar tidak ada helai rambut bercabang. Ingat, rambut adalah mahkota kita.

(FAR/INT)

Artikel Terkait