RUPA-RUPA
14 Agustus 2019

4 Fakta Hujan Meteor Perseid yang Akan Terjadi Malam Ini

Jumlahnya lebih sedikit dibandingkan fenomena sebelumnya
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Bulan Agustus menjadi bulan yang penuh keberuntungan, karena akan ada hujan meteor perseid yang menghiasi langit di bulan Agustus ini.

Dilansir dari CNN Indonesia, puncak hujan meteor perseid akan terjadi pada 12-13 Agustus. Namun setelah tanggal tersebut kita bisa menyaksikannya, namun dengan jumlah yang cenderung lebih sedikit.

Sedikit informasi, perseid merupakan hujan meteor tahunan yang memiliki intensitas tinggi, antara 50-100 meteor per jam. Namun tahun ini jumlah meteornya terbilang sedikit karena hanya belasan meteor per jam.

Nah, agar tidak penasaran mengenai hujan meteor ini, yuk kita cek fakta-fakta menarik mengenai hujan meteor perseid.

Bertepatan dengan Bulan Purnama

hujan meteor perseid

Melansir dari CNN Indonesia, fenomena hujan meteor perseid kali ini terjadi bertepatan dengan bulan purnama. Itulah sebabnya meteor yang turun tahun ini tidak sebanyak biasanya.

Pada fenomena hujan meteor sebelumnya, meteor yang turun biasanya bisa mencapai 80 meteor per jam.

Asal Usul Perseid

hujan meteor perseid

Mungkin ada dari kita yang bertanya-tanya dari mana sih asal perseid ini?

Dari detik.com diketahui bahwa Perseid merupakan fenomena alam berbentuk hujan meteor yang disebabkan oleh sisa-sisa debu komet Swift-Tuttle.

Dinamakan Perseid sendiri karena hujan meteor ini seolah-olah berasal dari rasi bintang Perseus, makanya disebut Perseid.

Yang Spesial dari Hujan Meteor Perseid

hujan meteor perseid

Hujan meteor memiliki berbagai ragam dan jenis. Nah, untuk hujan meteor Perseid ini, jumlah meteornya tergolong yang paling banyak.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dalam satu jam bisa terlihat 50-100 meteor per jam, dengan catatan langit sedang cerah.

Sementara itu, meteor dari fenomenan ini berasal dari remah-remah komet yang memiliki ciri hujan meteor kuat.

Seluruh Masyarakat Indonesia Bisa Menyaksikannya

hujan meteor perseid

Jangan takut untuk kelewatan fenomena hujan meteor Perseid ini. Jenis hujan meteor ini bisa disaksikan di mana saja di seluruh Indonesia, dengan catatan di jam yang tepat dan langit pun mendukung atau cerah.

Moms bisa mulai melihat meteor ini dari jam 22.00 WIB. Meskipun melihat dengan mata telanjang, tetap bisa terlihat asalkan tidak terhalang apapun.

Itulah beberapa fakta mengenai hujan meteor Perseid. Moms ingin coba menjaga hujan meteor hingga subuh menjelang?

Artikel Terkait