5 Fakta Menakjubkan Tentang Orgasme Wanita

Orgasme pada wanita nyatanya memiliki banyak sekali fakta menarik. Simak di bawah ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Intan Aprilia

Orgasme didefinisikan sebagai perasaan kuat atau kenikmatan fisik dan sensasi yang terjadi ketika seseorang mencapai puncak gairah seksual. Orgasme merupakan salah satu tujuan saat bercinta bersama pasangan.

Namun, tak sedikit yang mengira orgasme pada wanita sama halnya orgasme dengan pria.

Padahal faktanya, wanita membutuhkan waktu lebih lama serta penetrasi yang berbeda untuk mencapai klimaks.

Fakta Orgasme Wanita

Proses orgasme pada pria dan wanita berbeda. Pada wanita, ketika orgasme, otot genital termasuk bagian rahim dan introitus mengalami kontraksi secara intens setiap 0,8 detik.

Biasanya orgasme pada wanita berlangsung lebih lama daripada pria yakni 13 hingga 51 detik.

Itu hanya beberapa fakta orgasme wanita, Moms. Setidaknya ada lima fakta menakjubkan lainnya yang Moms dan Dads perlu ketahui.

1. Kurang dari 20% Wanita Orgasme Melalui Penetrasi Vagina

Fakta Orgasme Wanita 1.jpg

Foto: freepik.com

Menurut jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Sex & Marital Therapy tahun 2017, menyebut bahwa sedikitnya hanya 18% wanita di Amerika mengaku bisa berorgasme melalui penetrasi vagina.

Sedangkan lebih dari sepertiga wanita di Amerika mengatakan bahwa mereka butuh stimulasi atau rangsangan pada bagian klitoris agar orgasme lebih cepat.

Angka ini terbilang kecil, apalagi mengingat klitoris adalah organ paling sensitif di vagina dengan ribuan saraf.

Sementara itu, sebanyak 36,6% wanita mengungkapkan bahwa rangsangan pada klitoris sangat diperlukan agar bisa orgasme.

Baca Juga: 5 Jenis Orgasme Wanita, Pernah Merasakan yang Mana?

2. Sebagian Wanita Mengalami Kesakitan saat Orgasme

Fakta Orgasme Wanita 2.jpg

Foto: freepik.com

Fakta orgasme wanita selanjutnya yakni banyak wanita mengalami fenomena yang disebut disorgasmia atau kesakitan saat orgasme.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti endometriosis hingga riwayat trauma seksual dan dibutuhkan ahli di bidangnya untuk menganalisa permasalahan tersebut.

Namun, jika hal ini terjadi terus-menerus, itu berarti ada yang tidak normal dan Moms harus segera memeriksakan diri ke dokter ahli reproduksi atau OB-GYN, ya.

3. Orgasme Berkali-kali saat Bercinta Bukanlah Mitos

Fakta Orgasme Wanita 3.jpg

Foto: unsplash.com

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 800 mahasiswi di Amerika, menemukan fakta bahwa 43% peserta mengalami orgasme berkali-kali atau multiorgasme saat bercinta. Lalu, apa arti multiorgasme?

"Beberapa wanita mengalami orgasme yang panjang, mengalir, dan berulang. Hal ini merupakan kondisi di mana wanita terus mengalami kontraksi di area pinggul secara berirama, kuat, dan dalam jangka waktu yang lama," ujar Lauren Streicher, seorang profesor klinis kandungan di Northwestern University.

Streicher melanjutkan, multiorgasme juga terjadi karena adanya sensasi kenikmatan yang berhenti sebentar kemudian dengan adanya rangsangan, wanita bisa orgasme lagi dan ini adalah hal yang wajar.

Baca Juga: 5 Posisi Seks yang Bisa Memudahkan Wanita Orgasme

4. Orgasme Seperti Perasaan Kecanduan Cokelat dan Kopi

Fakta Orgasme Wanita 4.jpeg

Foto: unsplash.com

Chantelle Otten, seorang psiko-seksologis dan Direktur Australian Institute of Sexology and Sexual Medicine, menjelaskan bahwa ketika wanita orgasme otak dipenuhi dengan dopamin atau neurotransmitter aktif yang mampu menimbulkan rangsangan sehingga mencapai klimaks dan membuatnya lebih rileks.

"Area otak ini sama halnya seperti ketika seseorang kecanduan cokelat atau kafein. Atau seperti perasaan cemas ketika akan menghadiri sebuah acara besar, sehingga Anda memerlukan kafein atau cokelat untuk menghilangkan perasaan cemas tersebut," ujar Otten.

5. Kemampuan Orgasme Bisa Dipengaruhi oleh Faktor Genetik

Fakta Orgasme Wanita 5.jpeg

Foto: unsplash.com

Fakta orgasme wanita lainnya ialah DNA bertanggung jawab atas sepertiga atau hingga 60% kemampuan Moms untuk mencapai orgasme.

Kemampuan orgasme selama berhubungan intim juga bisa diketahui melalui korelasi jarak antara klitoris dan uretra.

Jika klitoris Moms berjarak kurang dari 2,5 cm dari uretra, maka Moms akan mampu orgasme lebih cepat saat berhubungan seksual dan bisa diketahui melalui pemeriksaan genetik serta anatomi.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Mencapai Multiorgasme Saat Bercinta

Itulah fakta-fakta orgasme wanita. Setelah mengetahui fakta-fakta orgasme wanita di atas, kira-kira fakta manakah yang membuat Moms dan Dads tercengang?

Artikel Terkait