KESEHATAN
12 Juli 2020

5 Fakta Puting Payudara, dari Ukuran Sampai Kesehatannya

Setiap orang pasti memiliki bentuk, warna hingga ukuran puting payudara yang berbeda, tetapi fungsinya tetap sama
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Amelia Puteri

Puting payudara ada dalam beberapa bentuk dan ukuran berbeda. Ada pula berbagai jenis puting payudara yang memiliki variasi signifikan dalam penampilannya.

Sebagai fakta tentang puting payudara, diketahui bahwa sebagian besar wanita atau sekitar 90 persen memiliki jenis puting biasa, yaitu puting yang menonjol saat istirahat.

Dilansir dari Very Well Health, ujung saraf menjadi ereksi ketika menerima rangsangan seperti dingin, sentuhan dan aktivitas seksual. Sisanya, 10 persen wanita memiliki puting susu yang datar atau terbalik.

Bahkan ada perbedaan di antara jenis-jenis puting. Beberapa menghadap ke depan, sementara yang lain menonjol ke samping.

Banyak pula wanita yang memiliki kedua puting payudara tidak sama, misalnya satu puting lebih tinggi dari yang lain, hanya satu yang terbalik atau puting rata.

Sementara puting yang menonjol keluar dari areola dan jumlah yang menonjol juga bervariasi. Beberapa orang mungkin memiliki puting yang menonjol dengan areola membulat ke arah luar.

Tapi, semua puting susu pasti memiliki benjolan kecil di areola yang disebut kelenjar Montgomery atau kelenjar areolar. Kelenjar ini mengeluarkan cairan yang disebut cairan lipoid untuk membantu menjaga seluruh areola dan area puting terlumasi.

Selain bervariasi dalam ukuran, warna areola puting susu juga bervariasi, biasanya berkisar dari warna yang sangat pucat sampai coklat tua, tergantung pada warna kulit dan akan lebih gelap selama kehamilan.

Baca Juga: Wajarkah Bila Puting Payudara yang Semakin Menghitam?

Fakta Tentang Puting Payudara

Ada banyak hal yang bisa ditunjukkan melalui puting payudara Moms. Berikut ini dilansir oleh Healthline, fakta-fakta tentang puting payudara yang perlu diketahui.

1. Masalah Kesehatan Wanita Bisa Didiagnosis Melalui Puting

Fakta Puting Payudara - 1.jpg

Foto: self.com

Warna puting susu adalah faktor utama yang dipertimbangkan dokter dan perawat ketika mendiagnosis masalah kesehatan wanita.

Pada Early Modern Studies Journal, di tahun 1671, bidan di Inggris, Jane Sharp menerbitkan sebuah buku berjudul "The Midwives Book atau Whole Art of Midwifry".

Sharp menjelaskan bahwa warna alami puting susu adalah merah sepeti buah stroberi. Lalu, puting akan berubah warna membiru bila diisap. Setelah seseorang menua, warna puting akan menghitam karena penuaan.

2. Ada 4 Hingga 8 Jenis Puting

Fakta Puting Payudara - 2.jpg

Foto: self.com

Fakta selanjutnya tentang puting payudara, adalah banyaknya jenis puting susu wanita.

Moms bisa memiliki puting yang rata, menonjol atau terbalik. Ada juga kemungkinan untuk memiliki satu payudara dengan puting yang menonjol dan lainnya terbalik.

Semua perbedaan bentuk hingga ukuran puting itu adalah wajar jika tak ada masalah kesehatan tambahan. Total dari jenis puting yang diakui ada delapan, lho!

Baca Juga: 5 Cara Atasi Puting Payudara yang Gatal

3. Puting Susu Berbeda dengan Areola

Fakta Puting Payudara - 3.jpg

Foto: self.com

Tahukah Moms, bahwa puting susu dan areola adalah dua hal yang berbeda?

Puting susu berada di bagian paling tengah payudara dan terhubung ke kelenjar susu, tempat ASI diproduksi. Sedangkan, areola adalah area berwarna lebih gelap yang mengelilingi puting susu

4. Puting Terbalik Merupakan Puting yang Normal

Fakta Puting Payudara - 4.jpg

Foto: self.com

Puting terbalik atau puting yang menyelipkan ke dalam tetap memiliki fungsi yang sama dengan puting normal. Seseorang bisa saja memiliki satu puting yang tidak terbalik dan satunya lagi terbalik.

Sebagai fakta puting payudara, perlu diketahui bahwa puting susu yang terbalik cenderung akan berubah normal atau menonjol setelah menyusui bayi dan tidak akan mengganggu bayi ketika menyusu Si Kecil.

Stimulasi atau suhu dingin juga dapat menyebabkan puting menonjol untuk sementara waktu. Selain itu, tindikan dan operasi dapat mengubah puting yang masuk ke dalam menjadi keluar atau menonjol.

Baca Juga: Ini Penyebab Nyeri Payudara saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

5. Rambut Puting

Fakta Puting Payudara - 5.jpg

Foto: self.com

Benjolan kecil di sekitar puting disebut sebagai folikel rambut. Sehingga normal bila ada puting dengan rambut yang tumbuh di sekitarnya, baik pada perempuan maupun pria.

Rambut-rambut ini mungkin terlihat lebih gelap dan lebih tebal dari rambut-rambut lain di tubuh. Tetapi, Moms dapat mencabut, memotong atau mencukurnya dengan cara yang sama seperti rambut-rambut lainnya.

Itu dia Moms, beberapa fakta tentang puting payudara. Cukup menarik bukan?

Artikel Terkait