KESEHATAN
7 Agustus 2019

5 Fakta Talenan Masak yang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Tak disangka, talenan menjadi barang terjorok di rumah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms, kalau talenan adalah benda terkotor di rumah kita? Ya, pastinya Moms sudah tidak asing dengan talenan. Setiap ingin memasak, kita memerlukan talenan untuk memotong bahan makanan.

Entah itu daging, ayam, wortel, atau bumbu masakan. Sehingga, tak mengherankan jika talenan masak bisa menjadi tempat paling kotor di rumah kita.

"Talenan adalah sumber berbahaya kontaminasi silang jika tidak dibersihkan, tidak disimpan, dan digunakan dengan tidak benar," ujar Dr. Lisa Ackerley dari The Hygiene Doctor.

Masih ada sederet fakta lainnya tentang talenan. Berikut ini fakta mengejutkan dari talenan masak yang bisa membahayakan kesehatan tubuh!

Baca Juga: Talenan Kayu atau Plastik, Mana yang Lebih Baik?

1. Banyaknya Bakteri di Talenan Masak

1 - fakta mengejutkan dari talenan masak.jpg

Foto: freepik.com

Menurut penelitian, seperti dikutip oleh Public Health Malaysia, satu sentimeter talenan masak dapat mengandung lebih dari 24.000 bakteri. Ini sebenarnya 200 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

2. Bakteri Berbahaya Hidup di Talenan Masak

2 - fakta mengejutkan dari talenan masak.jpg

Foto: goodhousekeeping.com

Talenan masak tak hanya memiliki 24.000 bakteri, tetapi banyak jenis bakteri yang hidup di talenan, seperti Salmonella, E-coli, dan Campylobacter.

Talenan yang tidak higienis dapat dengan mudah menampung bakteri tersebut dan mengontaminasi bahan masakan. Bahkan, 450 orang meninggal karena keracunan Salmonella setiap tahun.

Baca Juga: 4 Buku Resep Anak untuk Timbulkan Kecintaan Memasak

3. Tak Cukup Dicuci dengan Air Saja

3 - fakta mengejutkan dari talenan masak.jpg

Foto: thepioneerwoman.com

Sehabis memakai talenan masak, kita biasa untuk mencucinya agar talenan menjadi bersih. Namun, talenan tak bisa dicuci dengan air saja. Tetapi, harus menggunakan desinfektan.

Mungkin, talenan tampak terlihat bersih dari luar, namun penggunaan air tanpa desinfektan juga bisa membuat bakteri masih ada pada talenan.

Semprotkan desinfektan ke papan dan kemudian biarkan selama 5 menit. Lalu, bilas papan dengan air mengalir dan setelahnya keringkan dengan lap bersih.

4. Harus Memakai Dua Talenan

4 - fakta mengejutkan dari talenan masak.jpg

Foto: freepik.com

Jika selama ini Moms memakai satu talenan masak untuk memotong segala bahan masakan, yuk kita biasakan menggunakan 2 talenan untuk bahan masakan kering seperti bumbu-bumbuan dan bahan basah seperti daging mentah.

Ya, ternyata bakteri Salmonella, E-coli, dan Campylobacter dapat ditemukan pada daging mentah. Tiga bakteri tersebut akan mati saat kita memasaknya.

Namun, jika sebelumnya kita memotong daging tersebut di talenan dan kemudian talenan tersebut hanya dibersihkan seadanya, lalu dipakai kembali untuk memotong bahan lainnya, ini dapat menyebabkan kontaminasi silang. Sehingga, tak jarang akan terjadi keracunan makanan.

Baca Juga: Kompor Gas VS Kompor Listrik, Mana yang Lebih Bagus?

5. Buang Papan Ketika Terdapat Goresan

5 - fakta mengejutkan dari talenan masak.jpg

Foto: fnasafety.com

Bakteri dapat dengan mudah bersembunyi di goresan dan celah-celah talenan masak dan siap untuk mencemari makanan lain. Jika sudah terdapat goresan pada papan talenan, sebaiknya kita harus menggantinya.

"Fakta bahwa satu dari sembilan orang Inggris tidak pernah mengganti talenan masak mereka dan itu sangat menimbulkan kekhawatiran," ujar Dr. Lisa Ackerley.

Itu dia beberapa fakta talenan masak yang ternyata bisa berbahaya bagi tubuh kita. Oleh sebab itu, pastikan jangan memakai talenan yang sama untuk daging dan sayuran, lalu bersihkan secara menyeluruh menggunakan desinfektan.

(SA)

Artikel Terkait