BALITA DAN ANAK
14 November 2019

Fakta Unik Kembar Fraternal. Simak Yuk Moms!

Biasa kita kenal dengan sebutan kembar tidak identik
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kita biasanya mendeskripsikan kembar berdasarkan terbentu dari berapa banyak telur satu atau dua dan apakah kembar ini berbagi plasenta di rahim ibu.

Jenis utama bayi kembar yang biasanya kita temui di dalam masyarakat adalah kembar fraternal dan kembar identik.

Semua kehamilan dimulai ketika sperma membuahi sel telur. Telur yang telah dibuahi ini disebut juga dengan zigot.

Baca Juga: Ini 3 Fakta Mengenai Kehamilan Kembar

Terkadang ovarium wanita melepaskan dua sel telur, dan dua sperma terpisah membuahi setiap sel telur tersebut. Hal inilah yang membentuk bayi kembar. Kembar ini disebut kembar fraternal, kembar dizigotik (artinya dua zigot) atau kembar tidak identik.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail, berikut ini ada fakta unik kembar fraternal yang bisa Moms ketahui.

Fakta Unik Kembar Fraternal: Bisa Berbeda Jenis Kelamin

kembar fraternal

Foto: medicaldaily.com

Menurut American Journal of Obstetrics & Gynecology, kembar fraternal berasal dari konsepsi yang terpisah, maka jenis kelaminnya bisa laki-laki, perempuan, atau campuran dari keduanya.

Kromosom dari sperma Ayah menentukan jenis kelamin anak, XX untuk anak perempuan dan XY untuk anak laki-laki. Akibatnya, kemungkinan kembar fraternal menghasilkan anak laki-laki, perempuan, atau kombinasi adalah sama dengan bayi lainnya.

Sedangkan kembar monozigot atau yang dikenal dengan kembar identik, selalu berjenis kelamin sama, baik dua perempuan atau dua laki-laki.

Fakta Unik Kembar Fraternal: Ada Kemungkinan Kidal

kembar fraternal

Foto: mumcentral.com.au

Fakta unik kembar fraternal selanjutnya adalah menurut penelitian di Belgia tahun 1996, sekitar satu dari lima kembar, baik itu kembar fraternal maupun kembar identik, memiliki kemungkinan besar kidal. Ini berarti sekitar dua kali lipat dari angka populasi umum.

Baca Juga: Apakah Balita Kidal? Begini Cara Mengetahuinya

Fakta Unik Kembar Fraternal: Secara Genetik Mirip Seperti Saudara-Saudara Lainnya

kembar fraternal

Foto: pinterest.com

Sama seperti saudara dan saudari mana pun, saudara kembar fraternal akan berbagi sekitar 50 persen dari DNA mereka.

Setiap orang menerima setengah dari DNA mereka dari sel telur Ibu dan separuh lainnya dari sperma ayah, sehingga setiap keturunan akan memiliki kualitas yang tumpang tindih. Tapi bukan pasangan genetis sempurna yang kembar identik.

Fakta Unik Kembar Fraternal: Memiliki 2 Placenta

Selama kehamilan, plasenta memberikan makanan vital bagi bayi. Pada kehamilan ganda dengan kembar fraternal, plasenta berkembang untuk setiap bayi.

Namun, kadang-kadang, kedua plasenta bersatu dan nampak sebagai satu plasenta tunggal. Karena beberapa kembar monozigot memiliki satu plasenta, ini dapat membuatnya sulit untuk menentukan zigositas dalam rahim.

Karena mereka memiliki plasenta sendiri, kembar fraternal tidak berisiko terhadap beberapa kondisi yang memengaruhi kembar monozigot, seperti TTTS atau kembar monoamniotik.

Baca Juga: Mencoba Positive Thinking Menghadapi Placenta Previa Marginal

Fakta Unik Kembar Fraternal: Warna Kulitnya Bisa Berbeda

kembar fraternal

Foto: thebump.com

Gadis kembar yang lahir dari Whitney Meyer dan Thomas Dean pada 2016 jauh dari kata identik. Seseorang berkulit terang seperti ibunya, dan satu memiliki kulit yang lebih gelap seperti ayahnya yang keturunan Afrika-Amerika.

"Kami tidak tahu seberapa sering hal ini terjadi karena tidak semua kasus menarik perhatian kami," Nancy L. Segal, direktur Twin Studies Center di California State University.

Fakta Unik Kembar Fraternal: Hidup Lebih Lama dari Populasi Umumnya

kembar fraternal

Foto: incubar.net

Dalam sebuah studi tahun 2016 dari University of Washington, semua anak kembar cenderung hidup lebih lama daripada populasi umum.

"Ada manfaatnya memiliki seseorang yang secara sosial dekat dengan kita dan menjaga kita ," kata penulis studi dan peneliti postdoctoral David Sharrow. “Mereka dapat memberikan dukungan material atau emosional yang bisa membantu kita memiliki umur panjang yang lebih panjang”.

Wah ternyata ada banyak fakta unik kembar fraternal yang harus kita ketahui ya Moms.

Artikel Terkait