NEWBORN
20 Agustus 2019

Clubfoot Pada Bayi, Ketahui 5 Faktor Penyebab Ini!

Clubfoot dapat disebabkan karena gaya hidup tidak sehat selama ibu mengandung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Sekitar 1 dari setiap 1.000 bayi dilahirkan dengan kaki pengkor (clubfoot). Di mana kondisi ini membuat kaki bayi bengkok ke samping dengan jari-jari yang tampak melengkung.

Bayi yang dilahirkan dengan clubfoot umumnya sehat dalam segala hal, meskipun sekitar 1 dari 3 bayi mengalami pengkor di kedua kakinya.

Clubfoot pada bayi tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi jika tidak diobati bisa membuat bayi sulit berjalan secara normal.

Dalam banyak kasus, kaki pengkor mudah ditangani dan kebanyakan bayi tidak mengalami efek jangka panjang dari kondisi ini.

Baca Juga: Bedong Bisa Bikin Kaki Bayi Lurus? Ini Kata Ahli

Kaki pengkor atau clubfoot terjadi karena tendon (urat; sekumpulan jaringan ikat yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang) dan otot di dalam ataupun di sekitar kaki bayi lebih pendek dari yang seharusnya.

Hingga saat ini, dokter masih belum mengetahui apa penyebab pasti dari clubfoot pada bayi dan tidak ada cara yang bisa digunakan untuk mencegahnya.

Tetapi, beberapa faktor ini diduga menjadi penyebab clubfoot pada bayi:

1. Jenis Kelamin

Clubfoot Pada Bayi, Ketahui XX Faktor Penyebab Ini 1.jpg

Setiap bayi baru lahir memang bisa saja dilahirkan dengan kaki pengkor. Akan tetapi, melalui situs drgreene.com, Dr. Alan Greene menyampaikan bahwa jenis kelamin merupakan salah satu penyebab clubfoot pada bayi.

Hal tersebut dikarenakan dua pertiga dari bayi yang lahir dengan clubfoot berjenis kelamin laki-laki.

2. Faktor Genetik atau Riwayat Keluarga

Kakek-Nenek Sering Manjakan Cucu, Ini Dampaknya-3.jpg

“Keluarga yang memiliki komponen genetik kuat terhadap clubfoot merupakan penyebab dari sekitar 20% hingga 25% dari semua bayi yang lahir dengan kondisi ini,” kata Christina Gurnett, MD, PhD, seorang neurogenetik pediatrik di Fakultas Kedokteran di Washington University, St. Louis, seperti dikutip dari healio.com.

Sementara itu, National Health Service UK menjelaskan bahwa jika pasangan suami istri memiliki 1 anak dengan clubfoot, maka peluang untuk melahirkan bayi dengan kondisi yang sama sekitar 1:35.

Jika salah satu orang tua lahir dengan clubfoot, ada peluang 1:30 untuk memiliki bayi dengan kelainan ini.

Sedangkan jika kedua orang tua sama-sama lahir dengan kondisi ini, maka peluangnya naik menjadi sekitar 1:3.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Memperbaiki Bentuk Kaki O pada Balita

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Clubfoot Pada Bayi, Ketahui XX Faktor Penyebab Ini 3.jpg

Mengutip situs WebMD, wanita yang menjalani gaya hidup tidak sehat saat hamil, seperti merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang, bisa meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan clubfoot.

4. Cacat Lahir Lainnya

Clubfoot Pada Bayi, Ketahui XX Faktor Penyebab Ini 4.jpg

Menurut situs Medical News Today, kadang-kadang penyebab clubfoot pada bayi berkaitan dengan kelainan tulang seperti spina bifida cystica, displasia pangkal paha, atau displasia tulang panggul (DHH).

Selain itu, cacat lahir lainnya yang juga biasa dikaitkan dengan clubfoot pada bayi adalah gangguan pada jalur neuromuskuler pada otak, sumsum tulang belakang, saraf, atau otot.

5. Kekurangan Cairan Ketuban

Clubfoot Pada Bayi, Ketahui XX Faktor Penyebab Ini 5.jpg

American Academy of Family Physicians menyebutkan bahwa salah satu penyebab clubfoot pada bayi adalah kekurangan cairan ketuban selama ia masih berada di dalam kandungan.

Cairan ketuban adalah cairan yang melindungi bayi di dalam rahim.

Faktor risiko ini juga dikaitkan dengan tes amniosentesis ( prosedur untuk menguji cairan ketuban) terlalu dini, sebelum usia kehamilan 13 minggu.

Baca Juga: 5 Masalah Pertumbuhan Kaki yang Paling Sering Dialami Anak

Pastikan Moms segera memeriksakan Si Kecil segera setelah dilahirkan untuk mengetahui kondisi kesehatannya secara menyeluruh.

Jika dokter mendiagnosis Si Kecil memiliki clubfoot, pemeriksaan dini akan membantu mengidentifikasi penyebab pasti clubfoot yang dideritanya.

(RGW)

Artikel Terkait