DI ATAS 5 TAHUN
29 Juli 2019

3 Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak

Yuk mulai berikan pengaruh baik demi kebaikan Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Agar buah hati bisa tumbuh menjadi pribadi yang menyeluruh, perkembangan sosial emosional anak juga penting untuk terus diperhatikan lho, Moms.

Walau tidak mudah diukur dan dilihat seperti perkembangan fisik dan kecerdasan, baik atau buruknya perkembangan sosial emosional anak juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Demi membangun kepribadian dan karakter baik hingga anak dewasa nanti, coba lihat dulu beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak berikut ya, Moms.

1. Sikap dan Temperamen

3 faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak 3

Para pakar sepakat bahwa sikap dan temperamen yang ditunjukkan anak sebenarnya adalah wujud dari ekspresi dirinya.

Yang dimaksud dengan sikap disini adalah hasil evaluasi anak terhadap orang, objek, atau peristiwa yang sedang, sudah, atau akan terjadi.

Walaupun anak masih kecil dia bisa saja bersikap seperti orang dewasa saat dihadapkan pada suatu masalah. Biasakan anak merasakan emosinya.

Menurut Malti dari UTM's Laboratory for Social-Emotional Development, rasa kecewa atau emosi akan membantu anak menahan diri dari agresi dan perilaku antisosial lainnya. Penerimaan pada rasa kecewa adalah emosi yang penting untuk dimiliki, karena akan bikin anak berpikir tindakan selanjutnya.

Sedangkan temperamen adalah gaya dan cara khas seorang anak dalam berperilaku dan menanggapi suatu hal. Temperamen setiap anak juga berbeda, ada yang pasif, aktif, bahkan agresif.

Nah, tugas orang tua dalam perkembangan anak adalah menuntun pembentukan sikap dan temperamennya, agar berkembang menjadi karakter dan kepribadian yang positif.

Jadi mumpung masih dalam masa perkembangan karakter, jangan segan menasehati serta meluruskan sifat dan temperamen anak yang kurang pantas ya, Moms.

Baca Juga: Cara Mengenali 5 Tahapan Perkembangan Sosial Emosional Balita Sesuai Usianya

2. Tingkat Aktivitas Sosial

3 faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak 2

Bila sudah menyangkut perkembangan sosial emosional anak, tingkat aktivitas sosial jelas sangat berpengaruh ya, Moms.

Anak yang jarang bersosialisasi cenderung memiliki sifat pendiam, sedangkan anak yang tingkat aktivitas sosialnya tinggi biasanya memiliki karakter supel dan aktif.

Tinggi atau rendahnya tingkat aktivitas sosial anak sebenarnya bukan masalah, selama tidak mencapai titik ekstrem seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit bersosialisasi.

Alasannya adalah karena aktivitas sosial yang terlalu tinggi akan membuat mental anak cepat lelah, sedangkan aktivitas sosial yang terlalu rendah akan membuatnya merasa kesepian dan tidak penting bagi orang lain.

Supaya perkembangan sosial emosional anak tetap optimal, Moms perlu terus memantau tingkat aktivitas sosial anak dan melakukan intervensi jika perlu.

Baca Juga: Yuk, Dilatih! Inilah 5 Manfaat Menggambar untuk Kecerdasan Balita

3. Contoh dan Panutan

3 faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak 1

Sebagai bagian dari perkembangan sosial emosional anak, dia akan banyak meniru dan bereksperimen dengan berbagai perilaku untuk tahu mana yang dapat diterima dengan baik secara sosial.

Karena itulah, bagi anak yang masih banyak melakukan imitasi dalam proses pembentukan karakter dan pencarian jati diri, pengaruh orang tua serta orang lain yang ada di sekitarnya sangatlah besar.

Anak akan melihat contoh dan panutan dari setiap individu yang ada di sekitarnya, untuk belajar cara bersosialisasi, membuat keputusan, berperilaku, dan masih banyak lagi.

Untuk membentuk perilaku, pola pikir, dan karakter yang positif, Moms dan semua orang yang ada di sekitar anak perlu terus memberikan contoh sikap dan perilaku yang positif untuk dijadikan panutan.

Jadi jangan hanya fokus pada perkembangan fisik dan kecerdasan saja ya, Moms.

Karena bagaimanapun juga, perkembangan sosial emosional anak di masa sekolah akan ikut menentukan kesuksesan dan kebahagiaan anak di masa depan.

Apa Moms tahu, faktor apalagi yang dapat mempengaruhi perkembangan anak?

(WA)

Artikel Terkait