KESEHATAN
11 Januari 2020

Mengenal Fibromyalgia, Kondisi Nyeri yang Menyebar di Seluruh Tubuh

Penyakit satu ini seringnya menyerang wanita daripada pria
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernahkah Moms mendengar mengenai Fibromyalgia? Dilansir dari jurnal Fibromyalgia, biasa penyakit ini dikenal juga dengan sebutan sindrom fibromyalgia (FMS), yaitu kondisi jangka panjang yang menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuh.

“Fibromyalgia adalah suatu kumpulan gejala yang memiliki ciri berupa nyeri yang menyebar pada satu atau beberapa titik pada tubuh, selama sekitar 3 bulan tanpa suatu kondisi penyakit yang dapat secara jelas mendeskripsikan keluhan yang dialami,” jelas dr. Rizky Priambodo Wisnubaroto, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi RS Pondok Indah – Pondok Indah

Penyakit satu ini seringnya menyerang wanita daripada pria. Banyak orang yang menderita fibromyalgia juga mengalami sakit kepala karena tegang, gangguan sendi temporomandibular (TMJ), sindrom iritasi usus, kecemasan dan depresi.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Lupus yang Terkenal dengan Sebutan Penyakit 1000 Wajah

Penyebab Fibromyalgia

fibromyalgia

Foto: healthline.com

Penyebab dari fibromyalgia sampai saat ini belum dapat dijelaskan mengapa seutuhnya. Namun, diduga beberapa faktor dicurigai terlibat, seperti gangguan dari sistem saraf pusat ataupun autonom, neurotransmitter, hormon, sistem kekebalan tubuh, faktor eksternal, dan kondisi psikiatri penderita.

Juga diduga bahwa beberapa orang mungkin mengembangkan fibromyalgia karena gen yang diturunkan dari orang tua.

Dalam banyak kasus, kondisi ini tampaknya dipicu oleh peristiwa stres secara fisik atau emosional, seperti cedera atau infeksi, melahirkan, menjalani operasi, putus cinta, atau kematian orang yang dicintai.

Tanda atau Gejala Fibromyalgia

fibromyalgia

Foto: medicalnewstoday.com

Tanda atau gejala yang biasa muncul dari fibromyalgia ini meliputi:

  • Nyeri meluas. Rasa sakit yang terkait dengan fibromyalgia sering digambarkan sebagai nyeri yang terus-menerus yang berlangsung selama setidaknya tiga bulan. Nyeri dikatakan meluas, jika rasa sakit terjadi di kedua sisi tubuh kita dan di atas atau di bawah pinggang.
  • Kelelahan. Orang-orang dengan fibromyalgia sering terbangun dengan rasa lelah, meskipun mereka tidur dalam waktu yang cukup lama. Tidur pun sering terganggu oleh rasa sakit, dan banyak pasien dengan fibromyalgia memiliki gangguan tidur lain, seperti sindrom kaki gelisah dan sleep apnea.
  • Kesulitan kognitif. Gejala yang biasa disebut "kabut kabut" merusak kemampuan untuk fokus, memperhatikan dan berkonsentrasi pada tugas-tugas mental.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Parkinson, dari Gejala sampai Pengobatan

Siapa Saja yang Punya Faktor Risiko

fibromyalgia

Foto: deltasleeplabs.com

Faktor risiko untuk mereka dengan kondisi ini meliputi:

  • Wanita memiliki risiko dua kali kali lebih sering dibandingkan dengan pria.
  • Kondisi yang menyebabkan trauma psikologis hebat.
  • Kondisi akibat tindakan yang repetitif, misalnya akibat keletihan kerja.
  • Kondisi penyakit yang lebih sering diasosiasikan dengan infeksi virus.
  • Riwayat keluarga.
  • Obesitas.

Cara Mengatasi Fibromyalgia

penyebab sakit punggung sebelah kiri-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pengobatan untuk fibromyalgia bertujuan untuk mengurangi nyeri, mengurangi gejala kesulitan tidur, serta memperbaiki kemampuan fungsional penderita apabila terganggu dengan kondisinya.

Pendekatan untuk kondisi ini sebaiknya melibatkan manajemen non-farmakologis dan farmakologis, yaitu ada tanpa pengobatan dan juga diikuti dengan pengobatan, keduanya dijalani. Saran untuk nyeri akibat fibromialgia meliputi:

  • Olahraga aerobik.
  • Terapi kognitif dan perilaku.
  • Amytriptilin, tramadol, atau pregabalin sebagai tambahan dapat digunakan.
  • Sebaiknya berkonsultasi langsung dokter spesialis bedah ortopedi apabila rasa nyeri mendalam dan menyebar pada otot selama sekitar 2 - 3 bulan, agar diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga: Mengenal Emfisema, Penyakit yang Diakibatkan dari Polusi Udara

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui mengenai fibromyalgia. Karena perempuan punya risiko lebih besar terkena penyakit ini, Moms wajib waspada ya!

Artikel Terkait