NEWBORN
22 Agustus 2019

Flat Feet Pada Bayi, Benarkah Sebabkan Bayi Terlambat Berjalan?

Apakah kondisi kaki ini normal?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Flat feet, pes planus, pes valgus, overpronation, atau telapak kaki datar adalah suatu kondisi di mana telapak kaki tampak rata dan sepenuhnya menyentuh lantai saat berdiri.

Benarkah kondisi ini termasuk salah satu penyebab bayi terlambat berjalan? Ketahui fakta flat feet pada bayi dalam penjelasan berikut ini:

Penyebab Flat Feet Pada Bayi

Flat Feet Pada Bayi, Benarkah Sebabkan Bayi Terlambat Berjalan 1.jpg

“Untuk kaki datar bawaan (congenital flat), bayi memiliki cekungan telapak kaki tetapi akan menjadi rata saat menempel ke tanah karena faktor fleksibilitas. Dalam kondisi ini bisa mencakup kondisi yang lebih parah seperti talus koalisi tarsal (kaku tanpa lengkungan sama sekali). Ini juga cenderung terjadi karena riwayat keluarga,” kata Dr. Michael Vohrer, Ahli Bedah Ortopeedi, Burjeel Hospital of Advanced Surgery (BHAS), seperti dikutip dari situs Emirates247.

Sementara itu, Dr. Vohrer menjelaskan bahwa jenis lain flat feet pada bayi cenderung terjadi selama periode waktu tertentu dan bukan kelainan bawaan.

Faktor-faktor penyebabnya termasuk jenis sepatu yang dipakai bayi, cara duduk, atau posisi tidur.

Stres berat yang berulang pada tendon dan obesitas juga bisa menyebabkan ketegangan pada kaki yang mengakibatkan telapak kaki menjadi datar.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Sepatu untuk Bayi Berkaki Gemuk

Flat Feet Pada Bayi, Normalkah?

Flat Feet Pada Bayi, Benarkah Sebabkan Bayi Terlambat Berjalan 2.jpg

Dikutip dari Star2.com, menurut dokter ortotis dan prosthata Datuk Dr Edmun Lee, flat feet adalah masalah kaki yang paling umum dan normal pada bayi ataupun balita.

“Semua bayi dilahirkan dengan kaki rata dan ini berlanjut sampai mereka berusia sekitar empat tahun. Ini terjadi karena lapisan lemak di daerah telapak kaki akan berkurang saat bayi mulai berjalan dan kaki mereka mulai menahan beban,” kata Dr Edmun Lee.

“Karena cekungan pada telapak kaki bayi belum benar-benar tampak sampai mereka berusia dua atau tiga tahun.”

Akan tetapi, Dr Edmun Lee menambahkan bahwa jika ada riwayat keluarga flat feet, misalnya karena kelainan tulang atau tendon Achilles, maka cekungan pada telapak kaki bayi mungkin tidak akan pernah terbentuk dengan jelas (congenital flat feet).

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Kaki Bayi, Yuk, Disimak

Bisakah Flat Feet Menyebabkan Bayi Terlambat Berjalan?

gizi ibu menyusui

WebMD menyebutkan bahwa flat feet pada bayi jarang menyebabkan keterlambatan atau masalah yang berkaitan dengan kemampuan berjalan lainnya.

Kaki yang sangat datar memang bisa membuat pergelangan kaki bayi tampak menekuk ke dalam saat berjalan.

Ini terjadi jika cekungan telapak kaki bayi tidak sepenuhnya berkembang untuk membuat kaki dan pergelangan kaki tetap lurus saat bayi berdiri. Namun, bukan berarti bayi tidak akan bisa berdiri ataupun berjalan sendiri.

Baca Juga: Kenapa Telapak Tangan dan Kaki Bayi Dingin Ketika Bangun Tidur?

Para dokter anak telah mengatakan bahwa kelainan bawaan dan masalah fisik bukan selalu menjadi penyebab keterlambatan berjalan pada bayi.

Pasalnya, setiap bayi akan mencapai tonggak perkembangannya sendiri pada waktu yang tepat.

Jadi, jika Moms merasa bayi terlambat berjalan pada usianya sekarang ini, silahkan konsultasikan hal tersebut pada dokter.

(RGW)

Artikel Terkait