SELEBRITI
3 April 2020

Tengok 5 Foto Artis dengan Masker Kain di Masa Pandemi COVID-19 Ini

Sudah banyak artis yang mulai pakai masker kain ini!
placeholder

Sumber: instagram.com/maiaestiantyreal, instagram.com/elelrumi

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Di tengah keterbatasan surgical mask, orang-orang kini mulai menggunakan masker kain sebagai produk alternatif untuk melindungi diri dari pandemi virus COVID-19.

Memakai masker kain selain lebih hemat dan tidak menimbun banyak sampah, tetapi juga dapat digunakan berkali-kali.

Beberapa artis Indonesia turut mengajak para pengikutnya menggunakan masker kain. Mereka mengunggah fotonya dengan mengenakan masker kain. Yuk, cari tahu siapa saja artis-artisnya berikut ini.

Foto Artis Indonesia Menggunakan Masker Kain

Meskipun hingga kini belum ada penelitian tentang efektivitas atau keampuhan masker kain dalam melindungi tubuh dari COVID-19, tetapi beberapa ilmuwan berpendapat ketebalan kain mungkin dapat memberikan perlindungan.

"Masker yang dijahit dari bahan kain mungkin menawarkan perlindungan. Semakin tebal kainnya, akan semakin baik," kata Linsey Marr, ilmuwan Virginia Tech dan pakar dalam penularan virus di udara, mengutip New York Times.

Berikut ini beberapa foto artis dengan masker kain di tengah pandemi virus corona di Indonesia.

Baca Juga: Anjuran Memakai Masker Kain, Ini Penjelasannya

1. Maia Estianty

foto artis dengan masker kain-maia.jpg

Foto: instagram.com/maiaestiantyreal

Maia Estianty adalah artis Indonesia yang menggunakan masker kain warna hitam dengan dekorasi inisial namanya "ME", bercorak leopard.

Ia juga mengatakan bahwa stok masker didahulukan untuk rumah sakit, dan menjelaskan cara pembuatan masker kain cukup menggunakan bahan-bahan di rumah.

"Pusing cari masker? Bikin sendiri buat yg di rumah. Supaya pasokan masker yang ada bisa ke RS dulu... Gw bikin yg bisa cuci. Caranya: dari kain cotton drill (karena seratnya rapet, jadi kalau dilihat di lampu nggak tembus pandang...), tumpuk dua, dijahit bolak balik.

Bikin banyak aja sekalian...abis itu cuci ama disinfektan ato deterjen...Bersih, pakai!!!! Kalo kepepet nggak ada masker, bisa pake sapu tangan keluar di jalanan.... Abis pulang cuci lagi !!!! Moga2 pada kreatif bikin masker sendiri ya.." tulisnya.

2. Ivan Gunawan

foto artis dengan masker kain-ivan gunawan.jpg

Foto: instagram.com/ivan_gunawan

Ivan Gunawan juga termasuk artis Indonesia yang mengunggah foto dirinya sedang mengenakan masker kain. Masker kain tersebut tampak sangat sederhana berwarna hitam.

Ivan Gunawan mengunggah pose dirinya melakukan selfie, sambil menggunakan kaos bermotif batik warna hitam-putih yang menawan.

"Akhirnya punya masker yg pas ama muka gueee," tulis Ivan pada caption fotonya.

Baca Juga: Review 7 Masker Pelindung untuk Antisipasi Virus Corona, Mana yang Terbaik?

3. Ayu Dewi

foto artis dengan masker kain-ayu dewi.jpg

Foto: instagram.com/mrsayudewi

Keluarga Ayu Dewi, juga turut mengajak para pengikutnya untuk menggunakan masker kain. Ia pun mengunggah foto dirinya memakai masker kain, bersama dengan sang suami, dan kedua anaknya saat mengenakan masker kain.

"Jadii...kita sekeluarga udah nyiapin masker kalo buat keluar rumah: kerja / beli bahan makanan & hal yang pentiiiiiiiing banget yg ga bisa di wakilin. Kenapa masker kain? Karena di situasi kaya sekarang, yang paling baik yang kita bisa lakuin adalah jaga diri," tulisnya.

Lebih lanjut, Ayu Dewi juga mengingatkan pada publik untuk sering mencuci tangan dan menjaga jarak, serta stok surgical mask diutamakan untuk petugas medis.

"Yang pasti kalo lagi kerja keluar rumah, sering-sering cuci tangan. Trus jaga jarak sama orang sekitar. Inget ya, UNTUK masker MEDIS, SANGAT AMAT DIPERLUKAN oleh para TENAGA MEDIS," tegasnya.

4. Melanie Subono

WhatsApp Image 2020-04-02 at 13.34.20.jpeg

Foto: matamata.com

Selain aktif menggalang dana dan bantuan untuk pandemi COVID-19 di Indonesia, artis Melanie Subono juga turut mengenakan masker kain ketika ia pergi ke luar.

Pada foto di atas, tampak Melanie yang mengenakan masker sambil diturunkan ke bagian dagu, karena kala itu ia tampak tengah berbicara dengan rekan media usai kepulangannya dari Spanyol.

Baca Juga: Solidaritas 6 Seleb Dunia untuk Corona, Dermawan dan Murah Hati!

5. El Rumi

foto artis dengan masker kain-el.jpg

Foto: instagram.com/elelrumi

Sama seperti sang ibu, El juga mengingatkan pentingnya masker untuk APD para petugas medis, dan menyarankan masyarakat cukup menggunakan masker kain untuk melindungi diri.

"Karena APD (masker) sulit didapetin sama tim Medis dan untuk mengurangi beban itu, akhirnya Bunda n Tante @olive_and_hers berinisiatif bikin masker yang bisa dicuci ulang + dikasih inisial biar ga ketuker😂 semoga dengan ikhtiar ini mengurangi beban kekurangan APD untuk Tim Medis di Indonesia!!" tulis El pada caption fotonya.

Tampak El mengunggah foto menggunakan masker kain hitam dengan bordir inisal "EL".

Itu dia Moms, 5 foto artis yang menggunakan masker kain.

Artikel Terkait