FASHION & BEAUTY
5 September 2019

6 Macam Foundation untuk Masing-masing Jenis Kulit Wajah

Jenis foundation yang Moms gunakan harus disesuaikan dengan jenis kulit
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat berbicara bagaimana membuat tampilan wajah yang menarik dan sempurna, ada satu jenis makeup yang memang diperlukan sebagai dasar untuk memperoleh riasan wajah yang cantik. Jenis makeup ini dinamakan foundation.

Tetapi foundation, terlepas dari kualitasnya, sangat bervariasi dalam hal tekstur, aplikasi, dan bahan-bahan yang digunakan.

Baca Juga: Apa Bedanya Foundation dan Concealer?

Mencari foundation terbaik yang sesuai dengan warna, jenis kulit, kebutuhan kulit, dan preferensi pribadi lainnya tidaklah mudah.

Meski terlihat sebagai sesuatu yang tidak mungkin dan agak sulit. Jangan khawatir Moms, di bawah ini akan dijelaskan mengenai jenis foundation sesuai dengan jenis kulit kita.

Jadi, bagaimana kita bisa tahu jenis foundation mana yang tepat untuk kulit kita? Simak di bawah ini ya.

1. Liquid Foundation

jenis foundation

Foto: thevogueboutique.com

Liquid foundation adalah salah satu jenis foundation yang paling terkenal karena mudah digunakan dan merupakan pilihan yang tepat untuk kita yang memiliki tipe kulit wajah kering dan kombinasi.

Jenis foundation ini akan menutupi bagian bercak kulit atau belang kulit yang kita inginkan sehingga sama dengan warna kulit lainnya.

Moms akan mendapatkan foundation krim dengan formula tahan air. Sebelum menggunakannya kocok terlebih dahulu agar warnanya dapat tercampur dengan rata.

Kita bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan sponge kering atau basah, brush, atau menggunakan jari tangan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Foundation di Bawah Rp 200 Ribu untuk Si Kulit Sawo Matang

2. Stick Foundation

jenis foundation

Foto: opvbeauty.com

Bila tujuan utama Moms menggunakan foundation adalah untuk menyamarkan noda hitam pada wajah, stick foundation merupakan pilihan terbaik, apalagi dengan bentuknya yang mudah untuk digunakan.

Teksturnya sedikit lebih tebal, jadi kita harus bisa menemukan warna yang tepat. Jenis foundation ini juga bisa digunakan sebagai concealer.

3. Mineral Powder Foundation

jenis foundation

Foto: yourbeautymarks.com

Seiring meningkatnya minat terhadap produk makeup berbahan alami dan organik, mineral powder foundation adalah salah satu pilihan yang ditawarkan. Jenis foundation ini berbahan dasar bedak dan biasanya berbentuk padatan atau ayakan.

Satu-satunya kekurangan foundation ini adalah bisa berantakan jika tidak diaplikasikan dengan hati-hati.

Mineral foundation bekerja sangat baik untuk pemilik jenis kulit berminyak karena berbahan dasar mineral yang alami. Foundation ini direkomendasikan untuk kulit wajah yang sensitif atau berjerawat.

Baca Juga: Jangan Salah Pakai, Ini Panduan Memilih Warna Blush On Sesuai Warna Kulit

4. Tinted Foundation

jenis foundation

Foto: stylecaster.com

Fungsi utama dari tinted foundation adalah untuk perawatan kulit, yaitu melembapkan.

Ini juga berarti bahwa tingkat penyamaran pada wajah akan sangat tipis dan mungkin tidak ideal untuk menutupi warna kulit yang tidak rata atau jerawat.

Jenis foundation ini bisa juga melembapkan, jadi paling baik digunakan untuk jenis kulit yang membutuhkan lebih banyak hidrasi.

5. Blemish Balm (BB) Cream

jenis foundation

Foto: eyemakeupcosmetics.com

BB cream yang biasa kita gunakan juga termasuk foundation. BB cream ini bagus digunakan untuk berbagai jenis kulit. Formulanya yang creamy, dapat membantu meratakan warna kulit, menambah warna, dan melembapkan kulit.

BB cream mampu menutupi bagian wajah yang ingin ditutupi dan memberikan manfaat perawatan kulit seperti antioksidan dan SPF.

6. Color Correcting (CC) Cream

jenis foundation

Foto: allure.com

CC cream hampir sama dengan BB cream. Fungsinya adalah untuk memberikan lapisan cahaya dengan warna alami.

Krim ini mampu melembapkan kulit dan mengandung bahan anti aging. CC cream membantu meratakan warna kulit untuk memberikan tampilan yang lebih segar dan cerah.

Baca Juga: Murah dan Berkualitas, Ini 5 Rekomendasi Foundation Lokal di Bawah 100 Ribu

Itu dia Moms beberapa jenis foundation sesuai jenis kulit kita masing-masing. Semoga Moms bisa menemukan produk foundation yang cocok ya!

Artikel Terkait