FASHION & BEAUTY
24 Maret 2020

Yuk Kenali Fungsi Facial Scrub, Bisa Bikin Kulit Halus!

Facial scrub adalah produk yang digunakan untuk membantu pengelupasan kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Jedi Satu
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms, kalau kulit wajah lebih lembut daripada kulit di bagian tubuh yang lain. Karena wajah terus terpapar pada lingkungan, Moms pun butuh perhatian khusus saat merawatnya.

Salah satu hal yang penting dilakukan adalah menggunakan scrub yang khusus diformulasikan untuk wajah.

Facial scrub berbeda dengan scrub generik yang berpotensi terlalu keras saat digunakan pada wajah. Mari kenali apa fungsi facial scrub untuk kecantikan kulit!

Baca Juga: Menggunakan Body Scrub saat Hamil, Amankah?

Fungsi Facial Scrub

images-11.jpeg

Foto: Orami Photo Stocks

Ada beberapa alasan yang membuat Moms perlu menggunakan facial scrub dalam merawat kulit wajah.

Scrub bekerja dengan mengangkat kulit mati, meninggalkan lapisan kulit yang lebih muda dan lebih sehat,” jelas Dr. Dendy Engelman, dokter kulit yang berbasis di Kota New York.

Penggunaan eksfoliasi secara teratur dapat membuat kulit tetap halus dan bersinar dengan terus-menerus mengekspos kulit baru.

Selain itu, beberapa scrub juga mengandung pelembap. Sehingga bisa sekaligus memberi nutrisi pada kulit saat mengelupas kulit mati.

“Di samping itu, penggunaan exfoliating scrub juga bisa menghilangkan makeup wajah yang masih menempel. Yang tidak bisa dibersihkan saat mencuci wajah,” tambah Dr. Engelman.

Baca Juga: Kulit Berminyak Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta?

Cara Menggunakan Facial Scrub

face scrub

Foto: Orami Photo Stocks

Facial scrub dibuat dengan bahan abrasif ringan yang dirancang untuk mengikis kulit mati saat digunakan secara lembut ke wajah.

Sebagian orang mengoleskan facial scrub dengan tangan, meletakkan sejumlah kecil scrub pada jari dan memijatkan pada wajah dengan lembut. Sementara, cara lain adalah dengan menggunakan cleanser brush.

Silakan pilih cara yang membuat Moms nyaman. Tapi jangan lupa, pijatkan scrub dengan lembut dan gunakan gerakan melingkar untuk memastikan seluruh wajah terkena.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, jangan menggosokkannya terlalu keras. Begitu selesai menggunakan scrub, bilas wajah dan gunakan moisturizer.

Baca Juga: Begini Cara Memilih Sabun Muka yang Tepat

Moms juga tidak boleh menggunakan facial scrub setiap hari, karena bisa membuat kulit jadi terlalu kering, iritasi, dan lebih sensitif.

Cukup gunakan scrub sekali dalam seminggu atau dua kali seminggu bila memiliki kulit berminyak.

Artikel Terkait