PERNIKAHAN & SEKS
24 Agustus 2019

Gairah Seks Menurun setelah Melahirkan, Bagaimana Mengatasinya??

Penting untuk kembali memiliki waktu berdua dan memberikan sentuhan-sentuhan kecil
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Melahirkan merupakan saat yang menegangkan sekaligus membahagiakan bagi seorang wanita. Menegangkan karena takut apakah akan berjalan dengan lancar, dan bahagia karena nanti akan bertemu dengan buah hati.

Namun setelah melahirkan, permasalahan tidak hanya berhenti di situ saja. Sebagian besar perempuan pasti akan mengalami gairah seks menurun setelah melahirkan. Bahkan mungkin Moms bingung kapan lagi waktu yang tepat untuk berhubungan seks dengan suami.

Moms juga mungkin merasakannya. Padahal suami tetap ingin memenuhi kebutuhan seksualnya dengan Moms, meskipun Moms baru saja melahirkan.

Bisa saja tugas-tugas menjadi seorang ibu baru yang berat inilah yang menjadi salah satu penyebab gairah seks menurun setelah melahirkan. Lalu apa yang harus dilakukan jika gairah seks menurun setelah melahirkan?

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Gairah Seksual yang Wajib Dicoba

Mengembalikan Gairah Seks

gairah seks menurun

Foto: medium.com

Perlu diketahui, kondisi ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada istri saja, namun terkadang suami juga bisa merasakannya.

“Pada istri, hal ini bisa terjadi akibat hormon yang memang gairah seks menurun setelah melahirkan, kelelahan mengurus anak, dan juga proses menyusui,” tutur Liza Djaprie, psikolog klinis dan hipnoterapis.

Sedangkan menurut Liza Djaprie, hal ini bisa terjadi pada suami karena biasanya Dads mengalami trauma proses melahirkan atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan kondisi terbaru saat sudah memiliki anak.

Jadi bukan hanya Moms saja yang mengalami gairah seks menurun setelah melahirkan, Dads juga bisa ya.

Baca Juga: Tips Anti Canggung Membahas Seks dengan Suami

Memiliki Waktu Berdua

gairah seks menurun

Foto: independent.co.uk

Kondisi yang seperti ini tentu tidak mengenakkan. Harus dicari solusi agar hubungan suami istri bisa kembali normal seperti dulu, termasuk dalam berhubungan seks. Mengapa? Karena melakukan hubungan seks adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keintiman dengan pasangan kita.

Menurut Liza Djaprie, Belajar untuk kembali mempunyai waktu romantis berdua untuk pacaran seperti sebelumnya adalah hal yang penting.

“Bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana, seperti untuk kembali mengasah keintiman satu sama lain. Bisa dengan sentuhan-sentuhan fisik penuh cinta secara konsisten, seperti memeluk, mengecup kening, atau mengelus,” jelas Liza Djaprie.

Namun memberikan kejutan-kejutan kecil untuk pasangan juga bisa membangkitkan kembali rasa cinta antara keduanya.

Baca Juga: Gairah Seks Menurun Saat Menyusui?

Jika dilakukan secara konsisten dan rutin, keintiman keduanya akan kembali terjalin dan gairah seks menurun setelah melahirkan kembali terbangun. Selamat mencoba!

Artikel Terkait