GAYA HIDUP
29 Januari 2020

6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

Perawatan kulit berminyak ternyata juga bisa dilakukan dengan bahan alami lho Moms
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Kulit berminyak sering menjadi masalah utama karena sangat mempengaruhi wajah. Biasanya kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum.

Sebum adalah zat lilin yang sifatnya berminyak dan melindungi serta melembapkan kulit.

Namun, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat serta sangat terlihat di wajah, jerawat, dan kulit yang tampak tebal serta kasar.

Orang dengan kulit berminyak mungkin mengalami kesulitan menemukan riasan yang sesuai dengan kulit mereka, karena riasan dapat bercampur dengan sebum dan akhirnya memberikan konsistensi yang berbeda.

Mengelola kulit berminyak seringkali mengharuskan seseorang menjalani perawatan kulit rutin sebagai kebiasaan. Tapi tenang Moms, perawatan kulit berminyak ternyata juga bisa dilakukan dengan bahan alami atau yang berasal dari sayur dan buah.

Esna Colyn, Imbalie Beauty Chief Executive, mengatakan, buah dan sayuran dikemas dengan antioksidan alami dan enzim yang penting untuk kesehatan kulit. Bahkan banyak salon kecantikan saat ini menawarkan perawatan yang menggunakan wortel, pepaya dan bit sebagai dasarnya.

“Ini memanfaatkan kekuatan alam. Antioksidan melawan radikal bebas. Vitamin dan mineral meningkatkan dan memberi energi. Sementara minyak alami memberi nutrisi," katanya seperti dikutip dari iol.co.za.

Dia memberi contoh seperti halnya pepaya yang memiliki aktivitas enzim yang hebat. Avokad yang sangat bergizi. Buah beri dan kiwi yang dikemas dengan vitamin, lalu beetroot yang mampu mendetoksifikasi dan juga wortel yang kaya akan retinol.

Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

Nah berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan untuk menjadi masker alami bagi kulit berminyak.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

1. Masker Wajah Cuka Apel

Cuka Apel.jpg

Foto: healthline.com

Masker wajah alami untuk kulit berminyak yang pertama adalah masker cuka apel. Cuka apel sejak dahulu dikenal sebagai bahan antibakteri dan antiseptik alami.

Selain itu cuka apel adalah pilihan yang bagus untuk kulit, terutama jika Moms memiliki jerawat serta kulit berminyak.

Cuka apel dapat digunakan sendiri untuk kulit wajah. Moms hanya perlu menaruhnya di bola kapas untuk dioleskan ke wajah. Biarkan kering dan bilas hingga bersih.

Moms juga bisa menggunakannya sebagai toner atau mencampurnya dengan baking soda, yang memiliki sifat pengelupas untuk mengolahnya menjadi masker alami.

2. Masker Wajah Putih Telur

Putih Telur Mask.jpg

Foto: wellordie.com

Masker wajah alami untuk kulit berminyak yang selanjutnya adalah masker putih telur. Menggunakan putih telur pada kulit Moms yang berminyak juga merupakan ide bagus karena protein dalam telur membantu memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak oleh jerawat.

Putih telur bahkan bisa membantu melembabkan dan memperlambat proses penuaan kulit.

Masker alami super sederhana ini dibuat menggunakan tambahan madu dan lemon. Sudah tahu kan Moms kalau madu adalah antibakteri dan jus lemon adalah zat yang membantu membersihkan bakteri penyebab jerawat serta mencerahkan kulit.

3. Masker Wajah Putih Telur Oatmeal

Oatmeal Putih Telur Mask.jpg

Foto: Pinterest.com

Masker wajah alami untuk kulit berminyak yang selanjutnya adalah masker putih telur oatmeal. Dilansir dari Lifehack.com, dijelaskan bahwa oatmeal dan putih telur bekerja pada setiap jenis kulit untuk dijadikan masker yang sangat serbaguna.

Dengan menambahkan oatmeal ke dalam kombinasi putih telur dan madu, masker alami ini juga berfungsi membersihkan kulit kering dan juga keriput.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

4. Masker Wajah Tanah Liat

Tanah Liat Mask.jpeg

Foto: thecuriouscoconut.com

Masker wajah alami untuk kulit berminyak yang selanjutnya adalah masker tanah liat. Menggunakan tanah liat sebagai bahan masker wajah adalah sesuatu yang klasik.

Tanah liat yang digunakan sebagai bahan masker alami ini yaitu tanah liat bentonit. Alasan tanah liat bentonit begitu bagus untuk wajah adalah karena tanah liat ini mampu mengikis kotoran di kulit.

Campurkan dengan Witch Hazel dan esensial lemon bila menginginkannya, maka jadilah satu ramuan masker alami untuk kulit berminyak yang bisa meredakan peradangan dan menenangkan kulit sensitif.

5. Masker Wajah Pisang

maskerpisangs2

Masker wajah alami untuk kulit berminyak yang selanjutnya adalah masker pisang. Bahan lain masker alami yang bisa Moms dapatkan dengan mudah adalah pisang.

Moms cukup menumbuk pisang dan menggunakannya sebagai masker. Bahkan Moms juga boleh mengkombinasikannya dengan madu.

Pisang yang benar-benar matang adalah yang terbaik dan Moms bisa membekukannya sebelum digunakan untuk efek pendinginan pada kulit bila menginginkannya.

Andrea Manitas dari organicauthority.com mengatakan bahwa pisang mengandung banyak manfaat yang sama seperti avokad.

"Terlebih pisang tidak menghasilkan minyak, sehingga bekerja dengan baik pada kulit berminyak atau kombinasi. Pisang juga menghaluskan dan memberi nutrisi pada kulit," katanya.

Baca Juga: 7 Jenis Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit

6. Masker Kunyit

Kunyit Mas.jpg

Foto: supplemania.net

Masker wajah alami untuk kulit berminyak yang selanjutnya adalah masker kunyit. Kunyit adalah bahan yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh.

Phytotherapy research menemukan bahwa untuk wajah dengan kulit berminyak, kunyit mampu membersihkan jerawat, iritasi kulit dan merawat kulit terbakar.

Untuk membuat masker alami dari kunyit, yang Moms butuhkan hanyalah kunyit, madu dan yogurt. Ini adalah ramuan yang juga cukup baik untuk dimakan, tetapi Moms harus menggunakannya di wajah untuk agar mendapatkan manfaat yang besar.

Yang harus Moms perhatikan adalah jika Moms memiliki kulit yang sensitif atau mudah alergi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut untuk diolah menjadi masker. Selamat mencoba!
(RIE/ERN)

Artikel Terkait