GAYA HIDUP
12 September 2019

Gaya Hidup Harus Dijaga, Inilah Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal

Waspada, hindari kebiasaan buruk yang bisa merusak fungsi ginjal di tubuh Anda berikut Ini!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Apabila tidak dijaga dengan baik, tentu akan terjadi masalah kesehatan yang cukup serius.

Walaupun berukuran kecil, ginjal berfungsi untuk membuang kelebihan air dari tubuh, membantu menampung air saat tubuh membutuhkan, mendetoksifikasi darah, mengatur kadar mineral seperti kalsium dan fosfat di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, fungsi ginjal lainnya adalah memproduksi hormon penting yang bisa mengatur tekanan darah dan produksi sel darah merah.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Moms dan Dads untuk menjaga fungsi ginjal agar dapat bekerja dengan maksimal, sehingga tubuh tetap sehat. Wajib diketahui, inilah kebiasaan buruk yang bisa merusak fungsi ginjal.

Merokok

close-up-male-hand-breaking-cigarettes-with-his-fist_23-2148044737.jpg

Foto: Freepik.com

Dilansir dari webmd.com, kebiasaan buruk yang bisa merusak fungsi ginjal adalah merokok. Kandungan racun yang masuk ke dalam tubuh bisa ikut ke dalam peredaran darah dan bisa memperlambat aliran darah ke ginjal. Hasilnya, kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan fungsi ginjal terganggu.

Baca juga: 6 Organ Tubuh Ini Terkena Dampak Paling Buruk karena Rokok

Tidak Minum Air yang Cukup

glass-water-macro-shot_53876-32234.jpg

Foto: Rawpixel.com

Mencukupi kebutuhan asupan cairan di dalam tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan, oleh karena itu sangat memengaruhi fungsi ginjal.

Tetap terhidrasi dengan baik juga dapat membantu ginjal untuk membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Rutin dan banyak minum air putih juga dipercaya sebagai salah satu cara terbaik untuk terhindar dari batu ginjal. Pastikan Si Kecil minum air putih sebanyak 1,5 hingga 2 liter per hari ya, Moms.

Mengonsumsi Makanan Olahan

close-up-fast-food-meal_23-2148273062.jpg

Foto: Freepik.com

Apakah Moms pencinta makanan olahan? Sebaiknya jangan terlalu sering dan mulai menguranginya sedikit demi sedikit. Mengapa? Karena hal tersebut termasuk ke dalam kebiasaan buruk yang bisa merusak fungsi ginjal.

Makanan olahan merupakan sumber natrium dan fosfor. Beberapa penelitian yang dilansir oleh kidney.org menunjukkan bahwa asupan fosfor tinggi bisa sangat berbahaya untuk ginjal dan tulang.

Baca juga: Awas, Sering Makan Fast Food Bisa Memicu Depresi pada Remaja

Sering Begadang

20-insomnia.w700.h467.jpg

Foto: thecut.com

Kebiasaan buruk yang bisa merusak fungsi ginjal lainnya adalah sering begadang atau tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Istirahat di malam hari adalah hal yang sangat penting dilakukan, karena nyatanya bisa membuat membuat fungsi ginjal Anda bekerja lebih baik.

Baca juga: 4 Dampak Negatif Kurang Tidur Bagi Kesehatan Perempuan

Terlalu Banyak Makan Daging

cutted-beef-steak-cuisine-concept_53876-23368.jpg

Foto: Rawpixel.com

Tahukah Moms, kebiasaan buruk yang bisa merusak fungsi ginjal selanjutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi daging. Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah yang cukup banyak di dalam darah. Tentu saja, hal ini sangat berbahaya untuk fungsi ginjal dan menyebabkan asidosis, di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat.

(MA/KM)

Artikel Terkait