KESEHATAN
27 Desember 2019

Ikuti 4 Gaya Hidup Sehat Ini Agar Terhindar dari Obesitas

Mulailah hidup sehat untuk menjaga tubuh supaya tidak obesitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Intan Aprilia

Dikutip dari everydayhealth.com, di seluruh dunia, tercatat lebih dari 1 juta orang dewasa mengalami kelebihan berat badan dan sekitar 300 ribunya mengalami obesitas.

Mengacu pada National Institute of Health, obesitas dan kelebihan berat badan merupakan penyebab utama kedua yang menyebabkan kematian di Amerika Serikat. Estimasi sekitar 300.000 orang meninggal per tahunnya karena obesitas.

Karena hal itu, di Amerika gaya hidup sehat semakin dipopulerkan supaya mengurangi angka kematian karena obesitas. Begitu pula di Indonesia.

Gaya hidup sehat semakin menjadi tren karena banyak orang yang sadar, jika hidup sehat sangatlah penting.

Baca Juga: Penuhi Gizi Ibu Hamil Agar Tak Alami Obesitas

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Jika Moms belum mulai melakukan gaya hidup sehat, berikut 4 hal yang dapat Moms lakukan untuk terhindar dari obesitas:

1. Makan Lebih Banyak Buah, Sayur, Kacang, dan Biji-bijian

Listicle 1 (2).jpg

Setiap harinya, orang dewasa dianjurkan untuk makan sebanyak 5-9 porsi sayur dan buah. Mengonsumsi buah-buahan dan sayur yang banyak akan mengurangi risiko makan berlebihan dan menjaga kalori tetap stabil.

Kemudian, dibandingkan memakan camilan yang kandungan gula atau garamnya tinggi, lebih baik menggantinya dengan memakan kacang atau biji-bijian. Kacang memiliki banyak sekali manfaat, dan juga mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh.

Untuk pengganti karbohidrat, Moms juga bisa mengonsumsi biji-bijian seperti gandum yang lebih kaya serat, sehingga membantu pencernaan lebih lancar, menurunkan kolesterol, dan memiliki kadar gula lebih sedikit dibanding beras, sehingga lebih mengurangi risiko terkena obesitas.

2. Olahraga

Listicle 2 (2).jpg

Olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang tidak boleh dilewatkan. Rutin melakukan olahraga penting untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

Selain memiliki banyak manfaat lainnya, tapi dengan berolahraga rutin, tubuh akan lebih terjaga untuk tidak memiliki kelebihan berat badan. Tentunya dengan pola makan yang benar juga.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, rekomendasi yang terbaik untuk melakukan olahraga adalah 150 menit melakukan aktivitas aerobik ringan, atau 75 menit melakukan aerobik berat minimal satu kali seminggu.

Baca Juga: 7 Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

3. Kurangi Makanan Instan dan Gula

Listicle 3.png

Mengacu pada studi di tahun 2016 yang di terbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, sering mengonsumsi makanan instan terbukti lebih tinggi riiiko terkena obesitas. Begitu pula dengan mengonsumsi gula berlebihan.

Makanan instan kebanyakan mengandung gula, garam, dan lemak yang berlebihan. Tiga hal itu merupakan faktor yang memicu kita menjadi makan berlebih.

Selain itu terlalu banyak mengonsumsi gula, garam, dan lemak tentu memberi dampak buruk bagi tubuh.

4. Kurangi Lemak Jahat dan Konsumsi Lebih Banyak Lemak Sehat

Listicle 4 (2).jpg

Kebanyakan orang yang melakukan gaya hidup sehat, cenderung menghindari makanan berlemak sama sekali.

Padahal studi yang dilakukan oleh Nutrition Journal, menunjukkan bahwa tubuh juga memerlukan asupan lemak. Namun lemak yang dibutuhkan adalah lemak sehat.

Lemak sehat bisa didapatkan dari salmon, alpukat, atau beberapa jenis kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi lemak sehat, justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko obesitas.

Sedangkan lemak jahat yang didapatkan dari junk food, makanan instan, jeroan, sebaiknya dikurangi atau bahkan tidak dikonsumsi sama sekali.

Baca Juga: Pria Obesitas Susah Punya Keturunan, Ini Alasannya!

Memulai gaya hidup sehat memang tidaklah mudah. Moms harus memiliki komitmen dan menularkan kebiasaan itu juga ke keluarga terdekat.

Tujuannya selain berada di lingkungan yang mendukung Moms untuk gaya hidup sehat, Moms tentu tidak akan mudah digoyahkan untuk sering melakukan cheating. Jadi, selamat mencoba ya Moms!

Artikel Terkait