FASHION & BEAUTY
5 September 2019

Agar Tampil Maksimal, Simak Gaya Terbaik untuk Berbagai Tipe Rambut

Selain harus tahu tipe rambut, memutuskan gayanya juga penting lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms pasti sering merasa bahwa tipe rambut cenderung susah untuk mengikuti tren kekinian. Atau gaya rambut Moms tidak sesuai dengan tampilan atau bahkan malah membuat wajah tidak menarik. Tenang, Moms tidak sendiri.

Luke Hersheson, hair stylist legendaris yang telah bekerja dengan artis Holywood seperti Keira Knightley, Emma Watson dan Claudia Schiffer sering mendapatkan keluhan tersebut.

"Kadang, kita tidak mengetahui tipe rambut seperti apa, hingga akhirnya juga salah membeli produk perawatannya,” katanya.

Dia menambahkan, tidak ada produk perawatan rambut yang tepat sampai kita benar-benar tahu persis apa tipe rambut masing-masing.

Baca Juga: Cara Membuat DIY Cuka Apel untuk Membasuh Rambut

Hal ini juga akan berpengaruh kepada pemilihan gaya rambut yang sesuai untuk Moms, agar tampak menawan namun tetap terawat dengan baik. Yuk simak gaya rambut berdasarkan tipe rambut!

Tipe Rambut Lurus

Mau Tahu Ini Gaya Terbaik untuk Tipe-Tipe Rambut -1.jpg

Foto: cruckers.com

Pemilik tipe rambut lurus, baik itu tebal atau tipis biasanya memiliki kondisi lebih cepat berminyak dan lemas.

Bahkan saat dikeriting, tidak akan bertahan lama. Karena lebih cepat berminyak, tampilannya pun lebih sering terlihat mengkilap

Jadi, penting untuk sering mencucinya. Pemotongan rambut yang tepat juga sama pentingnya.

Semakin sering Moms memotongnya, maka ketebalannya akan cepat terlihat. Namun, jangan terlalu banyak memberikan gaya kepada tipe ini, karena bisa membuatnya rontok.

Kuncinya adalah menjaga ketebalan rambut dalam potongan panjang. Jangan memotong dan menipiskannya dengan banyak lapisan karena akan mengaplikasikan warna rambut ombre, misalnya. Sebagai contoh, cobalah potongan bob agar tak terkesan kaku.

Tipe Rambut Bergelombang

Mau Tahu Ini Gaya Terbaik untuk Tipe-Tipe Rambut -2.jpg

Foto: pinterest.com

Tipe rambut ini lebih mudah dirapikan. Bahkan dapat diatur sesuai keriting yang diinginkan.

Namun, biasanya tipe rambut bergelombang akan lebih kering daripada tipe rambut lurus. Kebanyakan perempuan mengira rambut mereka bergelombang karena ikal dan keriting, padahal tidak.

Potongan yang bagus sangat penting. Ini akan menegaskan bentuk gelombang rambut yang cantik. Gerakan tangnpun bisa membuat rambut kembali ke bentuk terbaiknya.

Untuk mendefinisikan gelombang dengan lebih baik, mulailah dengan menghaluskan krim keriting dalam jumlah banyak pada helai yang masih lembap.

Kemudian pasang diffuser ke blow dryer, gunakan sampai rambut kering 50 persen. Jika Moms ingin memaksimalkan tekstur bergelombang, akhiri sentuhan gaya dengan beberapa putaran dari curling iron besar.

Baca Juga: 7 Hal yang Tanpa Sadar jadi Penyebab Rambut Rontok

Rambut Keriting

Mau Tahu Ini Gaya Terbaik untuk Tipe-Tipe Rambut -3.jpg

Foto: rumbie.co

Biasanya, rambut keriting bisa terlihat beraturan atau tidak. Karena lebih kering dari rambut bergelombang, perawatannya pun harus lebih ekstra.

Selama beberapa dekade, rambut lurus lebih dicintai daripada tipe keriting. Tapi sekarang banyak yang menerima rambut keriting alami mereka yang cantik.

Tantangannya adalah saat memilih gaya rambut. Rambut keriting cenderung kering, karena bentuk rambutnya mencegah perjalanan minyak dari kulit kepala ke ujung rambut. Masker dan produk pelembap rambut sangat penting.

Percaya atau tidak, Moms bisa menjinakkan gaya keriting saat tidur. Para ahli menyarankan bahwa tipe rambut ini disarankan menggunakan sarung bantal sutra sebagai pengganti kapas untuk merawat gelombangnya.

Sutra menyebabkan lebih sedikit gesekan pada rambut saat tidur, dan lebih sedikit gesekan sama dengan lebih sedikit rambut kusut.

Rambut Ikal

Mau Tahu Ini Gaya Terbaik untuk Tipe-Tipe Rambut -4.jpg

Foto: dermstore.com

Tipe rambut ikal ketat ini biasanya terasa kasar dan rentan rusak. Bentuknya bisa sangat ketat berbentuk ikal kecil ataupn tidak beraturan hingga ikalnya memenuhi seluruh rambut. karena itulah, biasanya orang-orang membiarkan ikal alami rambutnya, Karen amembuatnya terlihat keren.

Diffuser dapat memberikan definisi pada gulungan yang lebih lembut, tetapi untuk rambut ikal yang ketat, memutar rambut Moms saat masih lembap dan membiarkannya kering secara alami adalah yang terbaik. Tipe rambut ini akan tetap cantik meski memiliki rambut pendek.

Rahasia gaya penataan rambut super-keriting terbaik adalah menjaga penataan rambut sesedikit mungkin. Yang Moms butuhkan adalah kondisioner tanpa bilas untuk menata rambut.

Gunakan sisir bergigi lebar untuk menyebarkan kondisioner ke rambut. Jangan lupa untuk tidak memainkan rambut, karena tipe ini rentan kusut.

Baca Juga: 5 Manfaat Hair Oil untuk Rambut Keriting yang Susah Diatur

Percayalah, panjang atau pendek rambut Moms akan lebih indah jika mereka mendapatkan perawatan yang teratur. Seiring waktu, Moms akan mendapatkan gaya rambut terbaik. Tidak ada salahnya kan trial and error?

(FAR)

Artikel Terkait